Kisah Pengusaha Sukses dari Nol di Indonesia

By Categories : Kisah Sukses

Kisah pengusaha sukses dari nol sering menjadi inspirasi bagi banyak orang ketika terjun ke dunia bisnis. Akhir-akhir ini banyak orang yang lebih menyukai dunia usaha dibandingkan menjadi karyawan perusahaan. Kesuksesan finansial yang dapat diperoleh dengan membangun usaha sendiri menjadi alasan mereka memilih menjadi pengusaha. Di dunia ini terdapat dua macam pengusaha, yakni mereka yang mendapat warisan usaha dari orang tuanya dan mereka yang memulai usaha dari nol.

Untuk golongan pertama memang cukup beruntung karena orang tersebut tinggal melanjutkan usaha yang sudah dirintis orang tuannya. Ini berbeda bagi pengusaha golongan kedua, mereka benar-benar merasakan perjuangan membangun usaha dari bawah. Banyak kisah pengusaha sukses dari nol dengan melewati proses yang panjang serta berliku sebelum akhirnya meraih kesuksesan.

Agar impian tercapai dan menjadi pengusaha sukses, mereka biasanya membangun usaha kecil menengah dengan optimisme serta semangat untuk bekerja keras. Perjuangan ini dimulai dari mencari modal ke Bank atau pihak lain. Penyedia pinjaman untuk merintis usaha menjadi salah satu pihak yang ikut berkontribusi terhadap kesuksesan mereka.

Inilah Kisah Pengusaha Sukses dari Nol

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menunggu detik-detik peledakan kapal nelayan asal Thailand di Selat Dempo, Kepri, Senin (9/2).

Di Indonesia banyak sekali pengusaha sukses yang dapat ditemui. Mereka memiliki usaha diberbagai bidang, seperti properti, kuliner, dan sebagainya. Beberapa pengusaha sukses tersebut memang dimulai dari nol dan sudah mengalami proses yang panjang sebelum akhirnya sukses. Inilah pengusaha sukses di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

Susi Pudjiastuti

Pengusaha yang merintis bisnisnya dari nol yang pertama adalah Susi Pudjiastuti. Perempuan kelahiran tahun 1965 saat ini masuk dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Susi Pudjiastuti terkenal sebagai pengusaha yang tegas. Ia merintis usaha di bidang perikanan dan maskapai penerbangan dimulai sejak nol.

Sebelum lulus SMA ia memutuskan untuk berhenti sekolah dan memulai usaha dengan menjadi pedagang pakaian dan bed cover. Karena tinggal di daerah penghasil ikan di Pangandaran, akhirnya Susi memutuskan untuk beralih usaha di bidang perikanan. Dengan modal Rp 750 ribu yang berasal dari penjualan perhiasannya, Susi membeli ikan kemudian memasarkannya di beberapa restoran. Setelah berjuang selama bertahun-tahun Susi kemudian merambah ke ekspor ikan.

Bisnis maskapai penerbangan juga dimulai dari bisnis perikanan. Waktu itu Susi mengalami masalah pengiriman ikan, akhirnya ia membeli pesawat untuk mengangkut produk dan berkembang menjadi armada maskapi Susi Air.

Gibran Rakabuming

Kisah pengusaha sukses dari nol selanjutnya adalah putra Presiden RI Joko Widodo, yakni Gibran Rakabuming. Meski anak seorang presiden dan pebisnis mebel, ia tidak ingin menebeng dari bisnis orang tuanya. Ia justru mendirikan usaha sendiri di bidang katering serta wedding organizer. Gibran memulai bisnisnya dengan meminjam ke Bank. Dari sekian banyak proposal yang dikirimkan ke Bank, hanya satu yang ia dapat. Dengan modal awal dari Bank tersebut Gibran membangun Chili Pari. Awalnya Chili Pari hanya melayani pesanan dengan jumlah yang kecil, namun kemudian usahanya terus berkembang dan melayani order jumlah besar hingga ribuan orang.

Saat ini Gibran juga telah membuka usaha martabak, yang bernama Markobar. Usaha martabak ini bahkan sudah ada di berbagai kota besar di Indonesia seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, dan sebagainya.

Sunny Kamengmau

Sunny Kamengmau merupakan pria kelahiran Nusa Tenggara Timur yang berhasil menciptakan tas dengan merk Robita. Tas ciptaannya sangat terkenal di Jepang dan sering dipakai oleh sosialita kelas atas di negeri tersebut. Sunny bukan lulusan sekolah tinggi di bidang fashion atau desainer kelas atas. Ia adalah pria yang tidak lulus SMA dengan modal nekat untuk pergi ke Bali dan menjadi tukang sapu di salah satu hotel. Selama kerja di hotel, Sunny rajin belajar bahasa Inggris dan Jepang.

Kisah pengusaha sukses dari nol ini dimulai ketika ia dipertemukan dengan pengusaha asal Jepang yang memintanya untuk memasok tas kulit ke Jepang. Usaha yang dirintis ini tidak langsung sukses, ia sempat kehilangna para penjahit tas karena usahanya tidak maju-maju. Dengan terus bekerja keras akhirnya ia mampu merekrut 100 karywan dan menjadi pengusaha tas yang sukses.

Reza Nurhilman

Siapa yang tidak mengenal keripik setan Maicih? Reza Nurhilman merupakan pemuda yang dibalik populernya keripik yang terkenal pedas itu. Ia memulai bisnis ini sejak usia 23 tahun dengan menggandeng produsen keripik di Bandung. Pada awalnya Reza memasarkan produknya dengan cara sederhana, yakni dengan memanfaatkan media sosial seperti twitter dan facebook. Setelah usahanya terus berkembang ia kemudian menerapkan sistem keagenan yang ia sebut dengan istilah Jenderal. Tujuannya adalah agar produknya dapat menggapai konsemen yang lebih luas.

Yang menarik adalah para Jenderal memasarkan produknya dengan cara nomaden dan tidak membuka toko. Melalui twitter, para Jenderal akan memberi informasi lokasi penjualan setiap hari. Dengan cara tersebut terbukti sukses mengangkat nama Maicih di dunia maya. Bahkan omzet yang diterma Reza per bulannya bisa mencapai Rp 7 miliar.

baca juga : kiat menjadi orang sukses di usia muda

Itulah beberapa kisah pengusaha sukses dari nol di Indonesia.

Loading...