12 Kiat Buka Usaha Dengan Modal Kecil Agar Sukses

By Categories : Tips Bisnis

Kebanyakan orang akan memilih usaha dengan modal yang kecil supaya saat mereka gagal atau usaha yang dilakukan tidak cocok dan mengalami kerugian, bisa tidak rugi banyak. Ini memang bisa dikatakan sebagai pilihan yang tepat. Membuka usaha dengan cara yang tepat walau dengan modal yang kecil, anda juga bisa mengembangkannya dan mendapatkan keuntungan yang besar pula. Nah untuk cara buka usaha dengan modal kecil anda bisa membuka usaha dengan cara frenchise bisa atau mandiri.

Membuka usaha dengan modal kecil sebenarnya ada banyak cara dan banyak sekali usaha yang bisa anda kelola dan kembangkan. Dan salah satu usaha modal kecil yang bisa anda kelola adalah usaha makanan, minuman, laundry, burjo, atau yang lainnya. untuk itu, supaya usaha yang anda jalankan bisa berkembang dengan cepat dan meraih untung yang lumayan, anda bisa menerapkan 12 kiat usaha sukses dengan modal kecil berikut. Dengan begitu anda bisa menimbang dan mengira-ngira keuntungan dan kerugian anda.

Tips Buka Usaha dengan Modal Kecil

buka-usaha-dengan-modal-kecil

Memilih buka usaha dengan modal kecil ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya untuk saat membuka usaha, pastinya akan menemui yang namanya keuntungan, kerugian dan resiko. Nah bagaimana cara anda untuk mengatasi kesemuannya tersebut? Nah berikut adalah solusi yang bisa anda gunakan sebagai tips buka usaha dengan modal kecil. Dengan begitu anda bisa buka usaha dengan matang dan mantap. 12 tips membuka usaha dengan modal kecil diantaranya:

1.  Siap Mental

2.  Siap Modal

3.  Bidang Usaha

4.  Lokasi

5.  Fokus

6.  Cari Pelanggan

7.  Cara Berbisnis

8.  Pegawai

9.  Perencanaan Keuangan

10. Mulai

11.  Resiko

12.  Antisipasi Kegagalan

Cara Buka Usaha Modal Kecil

Nah 12 tips di atas sangat bisa anda terapkan saat akan akan buka usaha anda walaupun dengan modal kecil. Dan harusnya anda juga memang harus siap dan mampu menerapkan 12 cara buka usaha modal kecil diatas, dengan begitu anda bisa menyiapkan dan menerapkan cara di atas saat dan sebelum membukanya.

Cara pertama memang anda harus siap bukan hanya siap modal, namun juga siap mental. Siap akan menanggung resiko dan kerugian yang akan anda alami selama membuka usaha. Nah tentunya sebelum akan membuka usaha, anda sudah bisa memilih dan menentukan usaha apa yang cocok dan tepat anda jalani. Anda juga bisa melihat lingkungan sekitar dan melihat kira-kira usaha apa yang maju dan mudah berkembang dengan modal kecil.

Setelah anda sudah menentukan usaha dan memilih usaha yang tepat, anda bisa melihat-lihat lokasi mana yang cocok dan tepat untuk anda membuka usaha tersebut. Untuk memilih lokasi, pastikan lokasi usaha yang akan anda buka memiliki area parkir luas namun harga sewa murah dan cocok dengan anggaran yang anda tentukan.

Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar

Dan jangan sampai lokasi yang akan anda buka sebagai tempat usaha anda, memiliki saingan dengan usaha yang akan anda buka. Ini pasti akan menempatkan persaingan dan bahkan ada tangan yang nakal. Kecuali jika anda memilih tempat yang ada di semua mall, atau tempat gedung tertentu pastinya ini akan memiliki tempat yang sama dengan bersaing dalam cita rasanya.

Ide usaha modal kecil untung besar yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah focus, focus dalam mencari pelanggan, pegawai, berbisnis, berusaha, dan focus untuk masalah perencanaan keuangan. Setelah semuanya sudah siap, maka anda bisa memulai usaha anda, namun sebelum membukanya ada 2 tips lagi yang harus anda perhatikan dengan benar benar, yaitu masalah resiko dan antisipasi kerugian/ kegagalan.

Dalam berusaha tentunya 2 hal ini pasti akan anda alami, untuk itu anda memang juga harus siap, dan benar-benar sudah menanggung secara matang jika akan terjadi kegagalan saat membuka usaha tersebut.

Contoh usaha modal kecil

Tidak semua untuk memulai usaha diperlukan modal yang besar. Perlu Anda ketahui jika terdapat beberapa usaha hanya membutuhkan modal kecil, salah satunya adalah usaha kerajinan tangan. Untuk menjalankan usaha ini Anda cukup memiliki keahlian khusus mengenai kerajinan tangan apa yang ingin Anda buat. Misalnya saja membuat lampu tidur hias, mainan anak, aksesoris wanita, bunga plastik, dan pernak-pernik lainnya. Bahan yang digunakan cukup mudah didapat dan tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Anda dapat menggunakan bekas kardus, sedotan, ataupun botol minuman untuk membuat kerajinan tersebut.

Dengan kreatifitas yang Anda miliki tentu dapat menghasilkan kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Anda dapat menawarkan produk yang Anda buat ke teman, tetangga, atau Anda dapat mempromosikan lewat media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram. Cara promosi ini tentu akan lebih mudah tidak perlu mengeluarkan biaya promosi.

Itulah wacana dan informasi mengenai 12 kiat buka usaha dengan modal kecil yang sukses, semoga wacana dan informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Loading...