30 Ide Bob Sadino Tentang Peluang Usaha

By Categories : Peluang Usaha

30 Ide Bob Sadino Tentang Peluang Usaha – Anda tentu sudah mengenal sosok pria pengusaha sukses di Indonesia ini ? Dia adalah Bob Sadino yang mempunyai banyak ide dan inspirasi bisnis. Berbagai buku yang mengupas ide peluang bisnis telah ia tulis dan jadi best seller nasional. Namanya membekas di hati sanubari setiap orang. Ketika banyak pengusaha mengatakan berbisnis itu sulit justeru pria kalem ini berkata sebaliknya. Ia menyatakan bahwa menjalankan bisnis itu mudah tinggal lakukan.

tips bisnis bob sadino

30 Ide Bob Sadino Tentang Peluang Usaha

Untuk lebih memahami pikiran dan nasihat pria baik hati dan kalem ini, berikut sejumlah strategi bisnis ala Bob Sadino mengenai peluang usaha, antara lain :

Modal Usaha

Dalam memulai sebuah usaha memerlukan yang namanya modal besar. Namun tidak selamanya demikian. Ada beberapa jenis bisnis yang bisa dilakukan dengan modal kecil. Bob Sadino menganjurkan agar setiap pengusaha pemula memulai menjalankan sebuah bisnis yang telah ia kuasai. Hal tersebut membuat penghematan dalam segi waktu. Sebab anda telah mengetahui pasar, medan, rintangan dan kendala serta hal lainnya yang kecil.

Untuk mendapatkan modal usaha tidak boleh langsung meminjam ke pihak bank. Sebab bisa mengakibatkan bisnis anda tak berkembang. Bunga bank akan menggerogoti keuntungan usaha anda. Langkah yang tepat adalah meminjam modal usaha kepada anggota keluarga, orangtua dan teman tercinta. Mereka akan rela meminjamkan uang sebagai investasi di masa depan.

Jaringan

Masalah bisnis adalah soal jaringan. Semakin besar jaringan yang dimiliki maka semakin besar penghasilan yang didapatkan. Itu dialami benar oleh penulis. Oleh sebab itu, ada berbagai macam cara untuk memperluas jaringan. Salah satunya dengan cara memberitahukan kepada teman dan anggota keluarga kita mengenai bisnis yang kita jalankan.

Hemat

Untuk menjalankan sebuah usaha yang sukses dan menguntungkan harus dimanajemen sebaik mungkin. Keuangan pribadi terpisah dengan keuangan usaha. Selain itu, manajemen pembukuan keuangan sangat menentukan sukses tidaknya sebuah perusahaan. Pastikan usaha yang sobat jalani melakukan penghematan yang sangat ketat. Agar keuntungan bisa besar dan berjalan lancar di masa mendatang.

Promosi

Sementara itu, kegiatan promosi adalah jantung usaha tersebut. Sebuah bisnis tak akan berhasil tanpa adanya promosi. Seiring dengan perkembangan jaman saat ini, cara melakukan promosi dapat dilakukan secara gratis melalui sharing di media sosial seperti facebook, google plus,twitter, olx dan lain sebagainya. Penulis pernah melakukan promosi usaha di media sosial blog dan olx, ternyata respon masyarakat sangat baik. Sehingga terjadi beberapa kali transaksi penjualan. Inilah cara promosi usaha gratis yang bisa dilaksanakan oleh pengusaha kecil dengan modal minim.

Kerja Keras

Sebuah istana megah tidak dibangun dalam satu hari. Semuanya memerlukan proses dan kerja keras. Begitupula dalam bisnis yang dijalankan dengan modal kecil membutuhkan kerja keras yang ekstra dari pemiliknya untuk berkembang. Pengusaha sukses adalah mereka yang mau bekerja keras, pantang menyerah hingga mencapai keberhasilan dalam dunia bisnis. Sesuatu hal luar biasa tercipta karena kerja keras yang dilakukan oleh manusia. Tak ada kesuksesan dalam berwirausaha hanya dengan berleha-leha.

Fokus

Salah satu hal yang menentukan sukses tidaknya sebuah usaha adalah fokus. Jika seorang pelaku UKM tak fokus dalam satu bidang, mungkin ia mempunyai beberapa macam bisnis yang ia harus kelola maka ia sulit untuk fokus. Dan tak akan pernah berhasil. Fokus dalam satu bisnis akan memudahkan kesuksesan dalam usaha tersebut. Kerja jadi ringan. Dan tenaga terfokuskan pada satu titik. Jika bidang usaha yang kita tekuni sedang lesu bukan berati kita harus mencari peluang usaha yang lain. Tetap fokuslah pada bidang itu. Sebab bisnis kadang naik dan kadang turun. Yang diperlukan adalah sikap pantang menyerah.

Demikianlah 30 ide Bob Sadino tentang peluang usaha. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat dan pencerahan bahwa bisnis itu mudah dijalankan walaupun dengan modal nol dan kecil. Selamat berbisnis dan bekerja keras!

Loading...