Aspek Hukum Indonesia yang Diterapkan Dalam Bisnis

By Categories : Peluang Usaha

Bagi anda para mebisnis ada beberapa hal yang dapat anda perhatikan dalam pendirian sebuah bisnis, seperti aspek hukum dalam bisnis, sumberdaya manusia yaitu tentunya siapa sajakah yang ingin menjalankan bisnis tersebut, dan yang harus di perhatikan lagi adalah bagaimana sistem dan cara mengelola bisnis yang anda dirikan, dan bagai mana pemasaran yang anda akan masukin atau produk yang anda produksi akan anda pasarkan, dan yang harus di fikirkan selanjutnya bagaimana anda mendapatkan bahan-bahan mentah dan bagai mana mengelola atau mengolah bahan tersebut dan masih banyak lagi.

Aspek Hukum Indonesia Dalam Bisnis

aspek-hukum-dalam-bisnis-di-indonesia

Setelah persiapan yang anda siapkan dan bisnis yang anda sudah siap untuk di jalankan, perlu di perhatikan bagi anda pendiri bisnis tersebut untuk memperhatikan aspek hukum Indonesia dalam bisnis apakah sudah mencukupi persyaratan yang telah di buat oleh pemerintah, karena dalam bisnis ini antara bisnis dan pemerintah adalah satu kesatuan dan tidak bisa di pisahkan, seperti kita lihat bisnis tidak bisa pisah dengan komponen-komponen yang lain.

Selain itu bisnis juga mengatur hubungan antara manusia dengan masyarakat, yang mana bisnis mengandung pengertian kegiatan usaha yang telah di jalankan suatu badan usaha atau perorangan dengan cara terus menerus.

Aspek Hukum yang Diterapkan Dalam Bisnis

Dengan mengelola bisnis secara terus menerus akan menimbulkan suatu bisnis yang taat akan adanya hukum yang telah berlaku di masyarakat baik yang tidak tertulis maupun yang tertulis. Hukum merupakan salah satu perangkat yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengatur suatu perilaku perorangan atau badan usaha yang melanggar dan dapat menyelesaikan suatu perkara yang timbul di dalam bisnis tersebut.

Dengan adanya aspek hukum yang di terapkan dalam bisnis maka akan lebih memudahkan suatu bisnis untuk menjalankan suatu proses dan kegiatan yang telah berlangsung sehari-hari. Karena bagi para pihak yang telah terlibat dalam perusahaan akan perpijak atau berpatokan terhadap ketentuan yang sudah di sahkan secara tertulis maupun secara tidak tertulis. Dengan adanya hukum yang selalu berdampingan dengan hukum, maka tidak ada unsur menyimpang di dalam bisnis tersebut jika sebelumnya telah di terapkan aspek hukum yang telah di terapkan sejak dulu dalam dunia bisnis.

Aspek Hukum dalam Format Bisnis

Pemerintah di dalam mengatur dunia bisnis, contoh di dalam bisnis waralaba pemerintah mengeluarkan beberapa peraturan pemerintahan PP RI no 16 tahun 1997 tentang bisnis waralaba. PP No 16 tahun 1997 tentang waralaba ini telah di cabut dan telah di ganti dengan PP No 42 tahun 2007 tentang waralaba, dan ada beberapa ketentuan yang sangat mendukung aspek hukum dalam format bisnis waralaba ialah :

1. Keputusan mentri perindustrian dan perdagangan RI no. 259 / MPP / KEP / 7 / 1997 ketentuan tata cara pendaftaran usaha waralaba.

2. Keputusan mentri perindustrian dan perdagangan RI No.31 / M-DAG / PER / 8 / 2008 tentang penyelenggaraan waralaba.

3. Undang-undang No 14 tahun 2001 tentang hak paten.

4. Undang-undang No 30 tahun 2000 tentang rahasia dagang.

Banyak orang di indonesia masih bingung dengan kepastian hukum yang menyangkut dengan bidang waralaba di indonesia. Semoga dengan informasi yang saya tulis tentang aspek hukum dalam bisnis dalam bisnis ini dapat bermanfaat bagi pembacanya dan semoga menjadikan suatu wawasan yang sangat luas bagi kalangan pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya terutama bisnis yang menjanjikan. Terima kasih.

Loading...