Berwirausaha Dengan Modal Kecil Sebagai Peluang Usaha

By Categories : Bisnis Modal Kecil

Mencari pekerjaan pada saat ini adalah sulit. Hal ini terjadi karena antara jumlah pekerjaan yang tersedia dengan jumlah pencari pekerjaan tidak seimbang. Lebih banyak pencari pekerjaan. Sehingga kesempatan mendapat pekerjaan sangat kecil.

Padahal pekerjaan adalah kebutuhan penting bagi manusia. Ia tak sekedar hanya untuk memperoleh pemasukan uang, tapi juga memiliki nilai penting, yakni nilai eksistensi bagi manusia. Jika mencari pekerjaan susah, bagaimana solusinya?

Apakah akan menjalani hidup dengan menjadi penganggur terus? Ya, tentu jangan. Anda harus bisa mencari jalan keluar. Apakah jalan keluar yang tepat?? Jalan keluarnya salah satunya ya, anda harus mau berwirausaha? Bagaimana dengan modal berwirausaha? Berwirausaha tak harus dengan modal besar. Bisa juga Berwirausaha dengan modal kecil.

Berwirausaha Dengan Modal Kecil

berwirausaha-dengan-modal-kecil

Ya, berwirausaha dengan modal kecil. Di benak anda semua pasti sudah memiliki pemikiran bahwa berwirausaha membutuhkan modal yang sangat besar. Pemikiran semacam ini tidaklah benar. Berwirausaha juga bisa dengan modal kecil. Bahkan tanpa modal sedikitpun bisa.

Misalkan di sini berwirausaha yang tanpa modal uang sedikitpun wirausaha menjadi makelar tanah. Anda hanya cukup mencari informasi tanah yang akan dijual dan mencari pembeli nya. Pekerjaan yang anda lakukan ini apakah memerlukan modal? Tentu tidak, modalnya hanya kepercayaan. Jadi berwirausaha tidak harus dengan modal yang besar.

Memang kalau berwirausaha dengan modal besar itu hasilnya bila berhasil akan besar pula. Dengan modal yang besar pula anda akan mudah menentukan jenis wirausaha yang akan anda lakukan. Berbeda dengan berwirausaha dengan modal kecil atau tidak punya modal sama sekali mereka kesulitan untuk menentukan jenis usaha yang akan dilakukan. Pendek kata, meskipun modal kecil jangan takut untuk meniti jalan hidup dengan berwirausaha.

Ada banyak keuntungan dengan hidup berwirausaha. Kehidupan anda akan memiliki kebebasan. Artinya pekerjaan anda tidak mengalami tekanan dari pihak lain. Sebab anda bekerja pada perusahaan milik sendiri. Selain itu kesempatan anda menjadi orang kaya juga besar. Karena dalam dunia usaha, keuntungannya bisa berlipat-lipat dalam waktu yang singkat bila usaha sedang lancar. Berbeda dengan pegawai, penghasilannya tetap setiap bulannya. Sehingga kekayaannyapun bisa diperkirakan.

Jenis Wirausaha Dengan Modal kecil

Anda semua pastinya penasaran tentang jenis berwirausaha dengan modal kecil yang akan saya sampaikan di sini. Sangatlah banyak jenis wirausaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil. Semua tergantung pada kemauan. Inilah beberapa jenis usaha yang bisa dikerjakan dengan modal kecil. Pertama, beternak kambing. Beternak kambing tidak membutuhkan modal yang besar. Kira-kira hanya 5 juta. Modal itu untuk membuat kandang kambing dan membeli satu ekor kambing. Atau jika memang masih belum bisa dipelihara sendiri bisa dititipkan kepada orang lain dengan sistem bagi hasil.

Berwirausaha dengan modal kecil kedua adalah jualan pulsa. Berjualan pulsa juga tidak menguras biaya modal yang besar. Jika dirinci kira-kira hanya dengan modal 2 juta bisa jalan. 1juta untuk tempat pulsa, dan 1 juta sisanya untuk membeli saldo pulsa. Selain jualan pulsa juga bisa berwirausaha membuat telor asin. Kebutuhan telor asin di masyarakat semakin meningkat. Nah, peluang ini jangan anda sia-siakan untuk membuat usaha telur asin. Membuat telur asin cukup mudah dan praktis. Selain mudah dan praktis juga murah. Dengan uang 1juta bisa jalan. Karena harga telur bebek mentah per butirnya relatif cukup murah.

Selain itu, Anda juga dapat membuka jasa cuci mobil dan motor. Ini merupakan usaha dengan modal kecil yang menjanjikan. Operasional bulanannya hanya digunakan untuk bayar listrik, karyawan, air. Anda dapat membuka usaha ini di sekitar kost atau tempat ramai lainnya. Untuk awal usaha Anda dapat mempekerjakan 4 orang karyawan. 2 karyawan untuk cuci motor dan 2 lainnya untuk cuci mobil.

Berwirausaha dengan modal kecil sebenarnya sangat banyak. Anda cukup melakukan riset kecil-kecilan di lingkungan sekitar Anda. Sebagai contoh jika saat ini sedang musim bola, Anda dapat membuka usaha dengan jual aksesoris dan atribut sepak bola. Ada banyak aksesoris yang bisa Anda jual mulai dari ujung kaki dengan ujung kepala. Anda dapat menjual sepatu sepak bola, jersey, kaos kaki, dan sebagainya. Untuk jersey, Anda harus update karena setiap musim pasti akan selalu ada jersey terbaru dari setiap tim sepak bola. Untuk harga, Anda harus menyesuaikan dengan lingkungan sekitar Anda. Jangan sampai Anda menjual harga jersey original yang harganya rutusan hingga jutaan rupiah di daerah pedesaan. Anda dapat menjual jersey standar yang harganya puluhan ribu saja namun memiliki bahan dan desain yang menarik. Atau Anda dapat menjual jersey jadul yang saat ini tidak diproduksi. Biasanya semakin jadul jersey semakin mahal harganya. Target pasar yang bisa Anda pilih adalah para kolektor dam pecinta tim sepakbola.

Loading...