Bisnis Jahe Merah: Bisnis Menguntungkan dengan Modal Kecil

By Categories : Peluang Usaha

Bisnis jahe merah saat ini  masih menjadi andalan para pelaku usaha. Sebab hanya dengan modal kecil kita sudah bisa meraih omzet jutaan rupiah dengan usaha jahe merah, selain itu, jahe merah juga merupakan salah satu peluang usaha pertanian yang menjajikan. Maka jangan heran jika banyak orang, tak terkecuali para karyawan usaha jahe merah untuk mendulang pendapatan tambahan. Apakah Anda tertarik namun belum mengetahui cara yang tepat melakukannya? Jangan khawatir, karena kali ini akan membahas mengenai usaha jahe merah lengkap dengan cerita sukses pengusaha merah. Penasaran kan? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Siapa yang tidak kenal dengan jahe? Hampir setiap orang mengetahui jenis tanaman herbal yang satu ini. Ya, jahe sendiri sering dimanfaatkan untuk penyedap masakan, membuat wedang dan minuman-minuman lainnya. Selain enak, jahe memang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Umumnya ada beberapa jenis jahe, seperti jahe putih dan jahe merah. Biasanya yang dimanfaatkan untuk membuat wedang dan bumbu masakan adalah jahe putih, oleh karena itu belum banyak orang yang mengetahui jahe merah.

Padahal jahe merah juga kaya manfaat dan memiliki prospek usaha yang bagus untuk kedepannya. Sebab banyak sekali industri obat-obatan membutuhkan tanaman herbal ini sebagai bahan utama untuk pembuatan obat herbal hingga jamu tradisional. Selain itu, untuk usaha jahe merah membutuhkan modal yang tak terlalu besar.bisnis-jahe-merah

Bisnis Jahe Merah yang Mudah dan Menguntungkan

Selain memiliki target pasar yang baik dan modal yang tak terlalu bayar, budidaya jahe merah sangatlah mudah dan tidak terlalu banyak perawatan. Jika Anda baru pertama kali membudidayakan tanaman ini namun gagal, itu adalah hal wajar sebab belum banyak pengetahuan yang Anda miliki. Namun Anda tak perlu khawatit, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat budidaya jahe merah, seperti bibit yang bagus, lahan yang subur dan penyiangan yang teratur.

Tak hanya itu saja kelebihan usaha jahe merah, penanaman jahe merah juga tak kenal musim. Sebab jahe merah bisa hidup di musim hujan atauun muslim kemarau. Nah bagaimana? Usaha yang satu sangat cocok dijadikan usaha sampingan bukan?

baca juga cara budidaya jahe merah dalam polybag yang tepat untuk pemula

Selain menjual jahe merah yang masih mentah, Anda pun tetap bisa berinovasi dengan mengembangkan aneka olahan jahe merah. Seperti permen jahe, bubuk jahe kering, sirup jahe, manisan jahe hingga acar jahe. Selain enak, olahan tersebut pastinya sangat menyebatkan. Hal tersebut tentu saja  juga dapat membuat usaha yang Anda lakukan lebih berkembang dan pastinya lebih menguntungkan.

Kisah Sukses Wahyu Usaha Jahe Merah,  Modal 200 Ribu Omzet Jutaan Rupiah

Nah bagi Anda yang masih pemula dan ingin usaha jahe merah, cobalah untuk meniru pengusaha muda yang satu ini. Wahyu Widodo, pemuda asal Wonorejo, Kabupaten Sragen ini berhasil mendirikan usaha pembibitan jahe merah.

Mengapa memilih usaha jahe merah untuk mendapatkan penghasilan? Wahyu Widodo mengaku bisnis tersebut diawali karena kedua orang tuanya tidak mampu membiayai sekolahnya. Hal itulah yang membuat mantan pengangguran tersebut untuk menjadi wirausaha.

Bisnis jahe merah yang dijalankan oleh Wahyu pun tidak semudah membalikkan tepakan tangan, niatnya pun masih terhalang pengetahuannya tentang cara yang tepat budidaya jahe merah. Namun ia tak putus asa, ia memutuskan untuk datang ke perpustakaan daerah untuk membaca dan menggunakan layanan internet untuk mengetahui cara budidaya jahe merah.

Setelah beberapa kali mengikuti pelatihan, akhirnya ia meminta modal kepada orangtuanya Rp 200 ribu. Berbekal uang Rp 200 ribu tersebut ia membeli bibit jahe merah sebanyak 100 polybag. Namun jahe merah yang ia tanam satu bulan pun semuanya mati. Tak kurang akal, Wahyu pun pergi ke perpustakaan lagi untuk mencari tahu tentang seluk beluk penanaman jahe merah.

Berbekal pengetahuannya, Wahyu pun mulai bangkit lagi. Ia membeli bibit jahe merah sebanyak 3 kg kemudian ua menanamnya. Dalam sebulan, bibit tersebut pun tumbuh dengan bagus. Melihat keberhasilan pembudidayaannya, Wahyu memberanikan diri untuk mengiklankan produknya di internet.

Baca juga inspirasi usaha modal kecil untuk pemula

Tak mengecewakan, setelah 2 jam mengiklankan ada pesanan dari Purworejo dan Purwodadi. Hal tersebut terjadi tentunya berkat usaha dan rasa pantang menyerah dari diri Wahyu. Wahyu mengatakan, dalam sebulan ia bisa mendapatkan omzer penjualan Rp 3 hingga 8 juta. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba usaha yang satu ini.

Nah itulah keuntungan dan kisah sukses pengusaha bisnis jahe merah yang bisa dijadikan motivasi ketika ingin menggeluti bisnis yang satu ini.

Loading...