Bisnis Kaos Distro : Unik & Tidak Murahan

By Categories : Peluang Usaha

Kaos distro bisa dikatakan sebagai kaos yang tidak pasaran baik secara desain maupun kualitas bahannya. Mengapa? Karena konsep distro ini memang sangat kuat dengan pemikiran idealisme dan kreasi designernya. Berikut ini penulis akan memberikan sedikit review tentang bisnis kaos distro yang semoga bermanfaat untuk anda.

Tips – Tips Menjalankan Bisnis Kaos Distro

1. Tema Unikbisnis-kaos-distro

Distro selalu identik dengan tema-tema unik yang diangkat. Nah, untuk memasuki pasar distro ini kreasi unik anda sangat diperlukan mengingat target anda kebanyakan adalah anak muda yang suka sekali dengan sesuatu yang tidak pasaran dan cenderung baru. Dewasa ini, tema-tema yang bisa anda angkat untuk konsep distro pun semakin beragam, yakni sport, otomotif, etnik atau sosial. Tinggal pandai-pandai anda saja di dalam mengeksplorasi potensinya.

2. Konsep bisnis

Pada umumnya, di dunia bisnis distro terhadap konsep yang bisa anda pilih yaitu produksi sendiri atau reseller. Kedua opsi ini mempunyai masing -masing kelebihan kok. Apabila anda lebih suka menjadi reseller, anda tidak perlu memusingkan tentang proses produksi dan biayanya. Namun di sisi lain, anda juga perlu berhati-hati dalam memilih supplier untuk bekerja sama.

Pastikan stock, etika bisnis dan kualitas produknya baik supaya anda pun tidak malu sendiri di depan pelanggan anda. Sedangkan dengan konsep produksi sendiri, berarti anda harus bersiap-siap diribetkan dengan proses produksinya karena pasti akan lebih rumit. Akan tetapi kelebihan dari produksi sendiri adalah anda bisa mengembangkan kreasi anda terutama idealisme pada setiap produknya.

3. Tentukan distribusi penjualan

Dalam bisnis kaos distro, distribusi penjualan harus jelas apakah ingin secara online, offline atau keduanya. Jika secara online biaya yang anda keluarkan akan relatif sedikit dan bisa menjangkau ke seluruh wilayah, yang anda butuhkan untuk distribusi penjualan secara online ini adalah situs online dan beberapa biaya tambahan untuk memasang iklan di search engineer.

Sedangkan jika anda memilih untuk offline lingkup penjualan anda akan relatif sempit dan membutuhkan biaya yang cukup besar karena anda pasti membutuhkan toko untuk display produk-produk anda walaupun anda bisa menjangkau lebih pelanggan anda secara emosional. Di sini, anda disarankan untuk memilih keduanya baik online maupun offline namun untuk pertama kali pembukaan anda bisa memulainya dengan sistem online terlebih dahulu.

4. Persiapkan Keuangan

Dalam usaha sekecil apapun pasti membutuhkan yang namanya modal, begitu pula dengan bisnis kaos distro ini. Untuk bisnis ini sendiri setidaknya modal yang harus anda siapkan adalah sekitar 40-50 juta. Angka yang cukup besar memang namun dengan manajemen dan pengelolaan uang yang baik, keuntungan yang anda dapatkan akan sebanding dengan modal yang anda keluarkan.

5. Penentuan harga dan promosi

Untuk menentukan harga tergantung pada konsep bisnis yang anda pilih. Jika anda memilih produksi sendiri maka, harga jualnya sudah mencakup biaya produksi dan biaya lain-lain. Sedangkan jika reseller, harga kulakan ditambah biaya marketing serta biaya lain-lain akan menjadi poin-poin untuk menentukan harga jual kaos.

Sedangkan untuk promosi, anda membutuhkan sedikit keahlian marketing dan pengetahuan apa bedanya menjual ke end user dan ke agen. Setelah pasar anda sudah terbentuk, anda cukup menikmati promosi gratis dari mulut ke mulut pelanggan anda. Namun, tentunya anda harus memberikan pelayanan dan kualitas yang baik pada bisnis kaos distro yang anda lakoni untuk menuai hal tersebut.

6. Tempat produksi atau konvensi kaos

Banyak pengusaha kaos yang membeli kaos polos kepada produsen atau memesan kaos polos ke tempat produksi kaos yang Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menawarkan berbagai macam model, warna, dan ukuran kaos, namun dengan modal yang sedikit. Saat ini banyak produsen kaos polos yang menjual produknya dengan harga yang cukup terjangkau. Dari sini Anda dapat menguji beberapa model dan tema sablon yang berbeda untuk test market. Selain itu, Anda juga dapat membuka konveksi kaos sendiri, namun cara ini tentu membutuhkan modal yang lebih besar.

7. Tempat sablon kaos

Sablon merupakan bagian terpenting dari bisnis kaos distro. Kebanyakan orang yang menjalankan bisnis ini memiliki tempat sablon sendiri dan mereka memiliki peralatan lengkap untuk membuat sablon manual kaos sendiri. Jika Anda tidak memiliki tempat sablon sendiri maka Anda dapat mencari tempat sablon yang sudah memiliki reputasi baik. Hal ini penting karena jasa sablon yang memiliki reputasi baik biasanya sudah berpengalaman. Carilah informasi tentang jasa sablon yang Anda inginkan, misalnya dari pelayanan, hasil, serta harga yang ditawarkan untuk sablon kaos. Jangan malu untuk berkonsultasi mengenai tema yang Anda inginkan. Karena komunikasi yang baik mengenai apa yang Anda inginkan akan mempengaruhi hasil sablon yang dibuat. Dan yang terakhir adalah pilihlah jasa sablon yang terpercaya.

Loading...