Bisnis Kuliner dengan Menu Catering Rumahan

By Categories : Bisnis Kuliner

Menu catering rumahan memang lebih banyak dipilih dalam acara-acara tertentu seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun, rapat pekerjaan, dan sebagainya. Alasannya adalah menu rumahan lebih mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Saat ini hampir semua acara yang melibatkan orang banyak pasti memesan makanan catering. Sehingga tidak heran jika sekarang banyak dijumpai bisnis catering dengan aneka menu yang bisa Anda pilih.

Bisnis di bidang kuliner merupakan tren di masyarakat yang terus berkembang pesat. Hal ini terlihat dari banyaknya penjual makanan baik ringan ataupun makanan utama di sekeliling kita. Alasan bisnis kuliner terus ada juga didukung konsumen yang terus meningkat. Makanan juga merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Sehingga menjalankan bisnis di bidang catering tidak pernah sepi pembeli. Terlebih lagi jika usaha yang Anda jalankan memiliki penawaran yang menarik, mulai dari rasa makanan, pelayanan, hingga harga yang lebih terjangkau.

Semakin pesatnya bisnis kuliner membuat bisnis catering muncul dengan aneka menu yang disajikan. Seperti menu catering masakan barat, menu masakan jepang, dan sebagainya. Namun diantara banyaknya menu yang ditawarkan, menu catering rumahan menjadi pilihan yang banyak diminati. Dengan rasa yang mudah diterima di masyarakat dan harga yang lebih terjangkau bukan tidak mungkin bisnis kuliner ini akan lebih maju dibanding lainnya.

Menu Catering Rumahan

Untuk target marketing dari bisnis catering cukup luas. Mulai dari kantor-kantor, sekolah, ataupaun orang yang sedang memiliki hajat seperti pernikahan. Sebenarnya usaha ini dapat dijalankan dimana saja. Namun pemilihan tempat yang strategis juga akan menentukan keberhasilan catering yang Anda jalankan. Tempat yang mudah dijangkau oleh calon pelanggan merupakan salah satu kelebihan yang memiliki peran penting dalam usaha Anda.

Tips Menjalankan Usaha Kuliner dengan Menu Catering Rumahan

Dalam menjalankan bisnis kuliner seperti catering Anda harus memperhatikan beberapa hal. Beberapa diantaranya adalah jenis dari catering yang akan Anda pilih. Berikut beberapa jenis usaha catering yang perlu Anda ketahui.

• Catering rumahan. Dalam menjalankan bisnis ini biasanya hanya melayani pesanan hingga 100 orang. Bisanya adalah untuk acara arisan atau pengajian, pesanan nasi tumpeng, dan nasi box.
• Catering makanan anak. Catering ini biasanya menyiapkan makan pagi dan siang untuk anak sekolah. Umunya disajikan dalam tromol khusus anak-anak. Selain itu ada juga catering anak khusus makanan sehat.
• Catering kantoran. Bisanya disajikan untuk para karyawan kantor, baik nasi box atau prasmanan di kantor.
• Catering acara khusus. Catering ini menyajikan makanan untuk acara hajatan dan biasanya menggunakan sistem prasmanan.

Setelah mengetahui beberapa jenis catering yang bisa Ada pilih, Selanjuntya adalah Anda dapat memperhatikan tips berikut agar usaha catering yang Anda jalankan berjalan lancar.

Menambah Wawasan Mengenai Kuliner

Dalam menjalankan bisnis ini Anda harus terus menambah wawasan mengenai catering, terutama menu catering rumahan. Pahami menu masakan yang disukai oleh masyarakat, Anda dapat mencarinya di majalah kulner ataupun internet mengenai menu masakan yang sedang ngetren.

Mempersiapkan Modal

Modal merupakan hal penting yang harus Anda miliki dalam menjalankan usaha kuliner atau jasa catering. Jika memang Anda mengalami memiliki modal yang terbatas maka Anda dapat memanfaatkan peralatan memasak yang Anda miliki di rumah. Sehingga sisa modal yang ada dapat digunakan untuk membeli bahan baku.

Kualitas Masakan

Selain modal, kualitas masakan juga sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis yang Anda jalankan. Diantaranya adalah rasa masakan yang serta bentuk penyajian yang menarik dan memperhatikan kebersihan masakan tersebut. Anda harus pandai memilih bahan makanan yang berkualitas, dengan begitu rasa yang dihasilkan juga akan lebih enak.

Menu Catering Rumahan1

Menetapkan Harga

Jika Anda memilih menu catering rumahan maka menetapkan harga akan lebih mudah karena bahan baku sudah banyak tersedia sehingga harga akan dapat menyesuaikan. Untuk awal membuka usaha Anda harus berani memberikan penawaran yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jasa catering lainnya. Berikan harga promo untuk menarik pelanggan, jika mereka cocok dengan rasa dan harga yang ditawarkan maka otomatis mereka akan kembali memilih jasa catering Anda.

Pemasaran dan Promosi

Memulai bisnis memang harus pandai melakukan promosi mengenai usaha yang Anda jalankan. Dan perlu Anda ketahi jika promosi adalah hal pertama orang lain akan menilai produk yang Anda tawarkan. Untuk itu, lakukan pemasaran atau promosi semenarik mungkin. Karena bisnis yang Anda jalankan adalah kuliner maka Anda dapat mempromosikan dengan cara tester ke calon pelanggan. Anda dapat mengunjungi kantor ataupun sekolah dan mempromosikan produk Anda dengan cara menu makan siang gratis. Cara ini memang membutuhkan modal, namun cukup efektif untuk menarik pelanggan.

baca juga : peluang bisnis di bulan Ramadhan paling menjanjikan

Itulah beberapa hal mengenai bisnis kuliner dengan menu catering rumahan yang perlu Anda ketahui.

Loading...