Bisnis Mainan Anak : Tips – Tips Memulai Usaha

By Categories : Peluang Usaha

Dunia anak adalah dunia yang paling mengesankan karena didominasi dengan kegiatan yang menyenangkan yaitu bermain. Dewasa ini, semakin berkembangnya kemajuan teknologi dan jaman, berkembang pula bermacam-macam variasi mainan anak yang selain sebagai mainan dapat juga sebagai alat bantu melatih perkembangan otak.

Selain itu, mainan juga sangat penting bagi anak karena dapat merangsang aspek kognitif serta kreativitas dalam berpikir. Sehingga secara tidak langsung mainan dapat berperan penting dalam untuk pertumbuhan anak. Sebagai bukti, dalam masa pertumbuhan anak, perkembangan psikomotorik dapat dirangsang dengan berbagai macam permainan.

Nah, fakta menarik satu ini memberikan kesempatan kepada Anda-para pelaku bisnis untuk menjajal peruntungan Anda di bidang bisnis mainan anak ini. Pada review kali ini, penulis akan mencoba berbagi tips-tips yang bisa Anda jadikan referensi bagaimana sih memulai usaha bisnis satu ini. Stay tune ya!

Modal Memulai Bisnis Mainan Anak

bisnis-mainan-anak

Dalam memulai sebuah usaha tentunya harus disertai dengan tekat yang kuat. Tanamkan dalam diri Anda bahwa bisnis Anda tidak semata untuk mencari keuntungan rupiah melainkan menciptakan kebahagiaan untuk anak-anak. Dengan begitu Anda akan semakin termotivasi untuk menjalankan bisnis Anda dengan baik. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menantang diri Anda untuk meninggalkan kebiasaan buruk dan menekuni kebiasaan yang baik.

Bisnis apapun tentunya membutuhkan modal tak terkecuali dengan bisnis mainan anak ini. Untuk mendapatkan modal yang cukup, Anda bisa mengajukan kredit ke bank tanpa harus memberikan agunan. Anda juga bisa mulai mencari referensi pedagang grosir yang bisa diajak kerjasama, kumpulkan kepercayaan dengan para pedagang tersebut maka Anda bisa mulai menjalankan bisnis Anda tanpa memerlukan modal yang terlalu besar.

Karakter Mainan Untuk Anak-Anak

– Usaha musiman. Bisnis mainan anak ini mempunyai sifat musiman dari segi penjualan yang mana dapat diartikan dengan adakalanya penjualan mainan dapat melonjak tajam namun adakalanya juga bisnis ini akan sepi misal ketika musim masuk sekolah. Fakta ini bukan berarti menjadi hambatan untuk Anda untuk menyerah pada bisnis dunia anak ini. Tetap telaten dan tekun baik dalam pelayanan maupun manajemen, maka dapat dipastikan bisnis Anda akan bertahan menghadapi masa-masa sulit tersebut atau malah justru berkembang menjadi usaha yang lebih besar.

– Barang sisa. Dalam setiap bisnis, tentunya ada saat ketika Anda mengalami kerugian terutama ketika terdapat barang dagangan yang tidak laku. Memang, mainan anak tidak akan kadaluarsa namun perlu diperhatikan trend juga mempengaruhi daya minat masyarakat terhadap suatu objek, dalam hal ini adalah mainan anak.

Nah, untuk meminimalisir kerugian dapat diakali dengan menjalankan program cuci gudang atau mengeluarkannya dari sisa stock dengan sistem bonus terhadap suatu produk. Di sisi lain, jika Anda mempunyai keuangan yang relatif besar, alih-alih cuci gudang, Anda bisa menyimpannya di gudang dan dikeluarkan kembali ketika trend itu naik. Di sini, hal yang Anda ketahui adalah Anda tidak bisa memprediksi dengan pasti kapan trend tersebut akan booming lagi.

– Pelanggan adalah kunci bisnis. Pelanggan mempunyai peranan yang cukup penting dalam bisnis apapun termasuk bisnis mainan anak ini. Khusus untuk usaha ini, terdapat 3 pelanggan yang pokok yakni anak-anak, anak remaja dan dewasa. Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua mainan dapat melatih daya kembang otak anak secara positif bahkan beberapa dapat merusak kepribadian mereka. Sayangilah pelanggan Anda dengan mensupply mainan yang mempunyai manfaat, berkualitas baik dan harga tidak terlalu mahal. Selain itu, barengi juga dengan pelayanan yang baik maka bisnis Anda pasti akan berkembang lebih baik.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan bisnis mainan anak

  • Yang pertama adalah Anda harus mencari lokasi untuk menjual mainan yang strategis. Tempat atau toko tersebut harus sering dilewati orang.
  • Persiapkan stok mainan yang variatif.
  • Anda harus mencari tahu atau menambah wawasan mengenai permainan anak yang edukatif.
  • Cari tahu tentang jaringan ke tempat grosir mainan anak.
  • Persiapkan toko atau tempat usaha yang nyaman, menarik bagi anak-anak dan orang tua, dan pilihlah tempat yang luas. Hal ini karena ada beberapa mainan yang perli di uji coba sebelum dibeli.
  • Jika Anda belum memiliki modal untuk membuka toko maka Anda dapat mencoba berbisnis online. Anda dapat memanfaatkan media sosial atau website untuk sarana promosi.

Hambatan yang dapat terjadi dalam bisnis mainan anak

  • Persaingan yang ketat dengan bisnis sejenis yang berdekatan. Untuk itu, sebelum Anda membuka toko disarankan untuk melakukan survey mengenai harga dan pelayanan.
  • Harus selalu kreatif dan inovatif. Karena jika tidak Anda akan kalah dengan pesaing-pesaing Anda.
  • Harga beli dan harga jual tidak stabil, sehingga orang tua cenderung mengurangi jatah belanja untuk anak-anaknya.
Loading...