Cara Beternak Kroto Rumahan Secara Sederhana

By Categories : Peluang Usaha

Cara beternak kroto mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Bahkan tidak sedikit pula yang belum mengetahui apa itu kroto. Kroto merupakan campuran telur dan larva yang dihasilkan dari semut rangrang. Semut rangrang yang dapat menghasilkan kroto adalah jenis Oecophylla Smaragdina. Habitat semut rangrang ini tersebar di wilayah Asia dan Australia Utara.

Kroto biasanya digunakan sebagai makanan burung yang memiliki banyak nutrisi dan gizi yang diperlukan burung. Bisnis ini semakin populer karena harga jualnya yang terbilang tinggi dan permintaan pasar yang terus meningkat. Jauh sebelum itu, awalnya kroto hanya didapat dari perburuan di alam bebas hingga lama kelamaan kebaradaan kroto semakin langka. Budidaya kroto dianggap sebagai jalan keluar untuk memenuhi kebutuhan kroto dalam jumlah banyak.

Cara Beternak Kroto dengan Mudah

paralon

Perlu Anda ketahui jika tidak semua jenis semut rangrang dapat menghasilkan kroto dengan kualitas baik sebagai pakan burung. Kualitas kroto yang baik dapat dijual di pasaran hingga ratusan ribu rupiah per kilogram. Dan ini tentu merupakan bisnis sampingan yang dapat Anda jalankan di rumah. Terlebih lagi di sekitar tempat tinggal Anda banyak orang yang memelihara burung atau beternak burung. Tentu ini menjadi peluang bisnis rumahan yang menjanjikan. Untuk menjalankan bisnis ini, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Jika menggunakan sistem budidaya maka semut rangrang dapat hidup di dalam sarang buatan. Sarang tersebut dapat dibuat menggunakan bambu, paralon, toples, dan perlengkapan lain.

Menyiapkan Bibit Koloni

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah dengan menyiapka bibit koloni. Bibit koloni ini dapat Anda peroleh dari hasil tangkapan di alam liar atau Anda membelinya pada petani lain. Mencari bbit koloni di alam liar tentu jauh lebih sulit karena saat ini hampir jarang ditemui. Untuk itu Anda disarankan untuk membelinya ke pada para petani kroto. Umumnya bibit kroto dijual dengan kemasan toples atau botol plastik berwarna bening. Satu kemasan bibit kroto biasanya dijual dengan harga sekitar 150-200 ribu per liter.

Membuat Kandang

Cara beternak kroto selanjutnya adalah dengan menyiapkan kandang. Anda disarankan untuk membuat kadang degan menggunakan paralon karena lebih praktis. Penggunaan paralon juga lebih fleksibel dan lebih mudah dalam merawatnya. Adapun kelebihan dari media ini adalah sebagai berikut :

• Mudah dalam pembuatannya, karena tinggal memotong paralon sama panjang. Susun dalam rak dan media ini dapat langsung digunakan.
• Paralon lebih tahan lama dan bisa mencapai 10 tahun.
• Paralon dapat kedap cahaya dan hanya pada bagian sisinya yang terbuka sehingga baik untuk pertumbuhan semut rangrang.
• Memiliki bentuk silinder sehingga dapat disusun dengan mudah.
• Lebih mudah dalam pemanenan.

Tahapan pembuatan kandang menggunakan paralon adalah Anda harus membuat rak 2 tingkat dengan menggunakan besi atau kayu. Letakkan kaki rak tersebut di atas wadah yang berisi air dengan tujuan agar koloni rangrang tidak kabur. Gunakan paralon dengan ukuran 12 cm dan susun paralon tersebut di dalam rak. Berikan daun-daunan pada paralon sebagai sarang semut.

Menebarkan Bibit Koloni

Langkah selanjutnya adalah dengan menebarkan bibir koloni ke dalam paralaon yang sudah disiapkan tadi. Bibit koloni yang Anda beli dengan kemasan toples atau botol plastik maka cara memindahkannya adalah letakkan kemasan tersebut di atas tumpukan paralon kemudian buka tutup toples atau potong botol plastik. Sediakan pakan dan air gula di dalam sarang tersebut maka semut akan sendirinya berkeliaran dan masuk ke dalam paralon. Setelah itu, Anda hanya memberikan perawatan agar semut menghasilkan kroto secara maksimal.

Pemberian Pakan

Pemberian pakan juga merupakan hal yang penting sebagai cara beternak kroto rumahan. Jenis-jenis pakan yang bisa Anda sediakan adalah jangkrik, belalang, ulat, cicak, dan hewan kecil lainnya. Anda juga dapat menyajikan daging ayam yang sudah direbus agar tidak menimbulkan bau busuk. Selain itu Anda juga dapat memberikan pakan tulang sapi yang sudah dipecah sebagai asupan protein bagi kroto. Kroto juga membutuhkan sumber gula. Untuk itu Anda harus menyediakan gula pasir yang sudah dilarutkan di dalam air.

Pemanenan Kroto

Kapan kroto dapat Anda panen? Jika dilihat secara teoritis, telur semut rangrang mempunyai dar selama 15-20 hari. Yakni mulai dari telur-larva-dan menjadi semut. Pemanenan kroto dapat Anda lakukan setela sarang semut terlihat penuh oleh kroto. Pada meida yang telah stabil, kemudian kroto dapat dipaen setiap 15-20 hari. Pada awal beternak kroto sebaiknya, bibit koloni dibiarkan berkembang terlebih dahulu sehingga populasi semut akan bertambah. Setidaknya membutuhkan waktu 6 bulan baru mulai pemanenan. Kemudian setelah itu pemanenan dapat dilakukan 2 kali dalam satu bulan.

baca juga : tips sukses ternak ikan gurame

Itulah beberapa cara beternak kroto rumahan yang perlu Anda ketahui.

Loading...