Cara Bisnis Ikan Cupang Menguntungkan

By Categories : Kisah Sukses

Pada kali ini penulis hendak memberikan penjelasan mengenai cara bisnis ikan cupang menguntungkan. Hal ini tak terlepas dari potensi usaha dalam bidang perikanan sangat besar di tanah air dan belum tergarap dengan maksimal. Hanya ada segelintir pengusaha yang sukses berbisnis ikan cupang dan sebagian lagi belum berhasil. Untuk mengetahui kiat memperoleh kesuksesan dalam usaha budidaya ikan cupang berikut ini penulis sampaikan mengenai wirausahawan yang berhasil kaya dan bebas finansial dari usaha ini.

bisnis ikan cupang

Pria yang akrab disapa Rendi ini memulai usaha budidaya ikan cupang hias dengan modal kecil sekitar Rp 130 ribu. Ia sangat hobi mengkoleksi berbagai ikan hias ini. Sehingga banyak cupang miliknya. Tak terbersit dalam hatinya untuk menjadikan ladang bisnis sebelumnya. Baginya hobi semata. Namun berjalan waktu, ia mulai melakukan ternak ikan air tawar ini dan berhasil. Tak ayal, karena jumlah ikan cupang bertambah banyak kemudian ia membuka usaha ternak ikan cupang menguntungkan secara profesional dan besar-besaran.

Pria bernama lengkap Rendi Aulia yang masih berumur muda belia sekitar 24 tahun ini kemudian membeli kaca untuk dijadikan sejumlah akuarium yang mampu ditempati 20 ikan cupang. Usaha budidaya ikan guppy cupang dilakukan di rumah sendirian. Jenis-jenis ikan cupang yang ia beli dari para pedagang kaki lima di daerahnya lalu Rendi masukkan ke dalam akuarium.

Lalu alasan apa yang melatarbelakangi Rendi memilih usaha budidaya ikan cupang hias? Ia mengatakan di wilayahnya yaitu Padang belum ada seorang pengusaha yang fokus dalam bisnis ternak ikan cupang hias. Cupang hanyalah sebagai ikan tambahan. Hal ini membuat pria ramah ini tertarik untuk membuka usaha budidaya ikan cupang hias semata. Apalagi jenis-jenis ikan cupang sangat banyak untuk dibudidayakan. Dan pangsa pasar dan prospek usaha ikan cupang yang cukup besar dan menjanjikan.

Cara Bisnis Ikan Cupang Menguntungkan

Dengan modal awal sebesar 20 ikan cupang, pria yang tampan ini berhasil mengawinkan ikan cupang. Adapun cara mengawinkan ikan cupang, ia dapatkan melalui pengalaman dan ilmu yang diberikan oleh ahlinya. Ikan cupang milik Rendi terus bertambah dan semakin banyak. Yang praktis membuat keuntungan bisnis ikan cupang semakin bertambah besar. Dalam sebulan Rendi mampu menghasilkan pendapatan bersih dari usaha ternak cupang sebesar Rp 6 juta.

Kesuksesan yang diraih oleh Rendi tidaklah mudah dan tidak diperoleh secara instant. Semua itu diperoleh dengan kerja keras dan melalui proses berliku. Beberapa kali ia mengalami kegagalan dalam mengawinkan ikan cupang betina dan jantan. Namun ia pantang menyerah. Sehingga melalui proses trial error itu, satu tahun kemudian ia mampu beternak ikan cupang secara baik dan benar serta menguntungkan. Ribuan ikan cupang hias berhasil ia tambahkan dalam akuarium. Lalu ia membeli akuarium lainnya karena ikan cupang terus bertambah banyak. Baginya,iIlmu ternak ikan cupang hias sangat berharga dalam kehidupannya.

Ditanya mengenai cara meraih keberhasilan dalam budidaya ikan cupang hias, ia mengatakan bahwa selama ini ia belajar beternak cupan hanya dari pengalaman, pengamatan dan dari buku perikanan. Beberapa kali dalam masa percobaan ternak ikan cupang miliknya mati. Namun ia berhasil beternak ikan cupang setelah melalui proses kegagalan beberapa kali.

Berbisnis ternak ikan cupan termahal karena hiasan yang indah tidaklah gampang. Apalagi ikan cupang terkenal sebagai ikan yang senang berkelahi apabila berjumpa dengan jenis ikan cupang hias lainnya. Beberapa kali ikan cupang betina tidak berhasil ia kawinkan. Bahkan ada diantara mereka yang mati disebabkan berkelahi. Tapi setelah melalui berbagai kendala, ia berhasil mengawinkan ikan cupang hias hingga bertelur. Namun telur ikan cupang perlu dijaga dengan telaten. Jika ceroboh sedikit telur ikan cupang hias mengalami kegagalan dalam menetas.

Saat ini Rendi Aulia merupakan salah satu pengusaha ikan cupang yang sukses di daerah Padang. Jalan awal yang sulit kini berbuah manis. Usaha ternak ikan cupang hias berhasil ia kembangkan hingga mampu meraup omzet hingga Rp 6 juta lebih perbulan. Adapun pangsa pasar usaha ikan cupangnya berasal dari daerah Padang hingga sampai ke daerah luar.

Itulah cara bisnis ikan cupang menguntungkan yang ternyata harus mengalami beberapa kegagalan sebelum meraih kesuksesan yang dialami Randi. Semoga kisah dan cerita di atas mampu memberikan semangat bagi para pembaca untuk sukses dalam usaha budidaya ikan cupan dan ikan hias lainnya.

Loading...