Cara Budidaya Burung Walet Modal Kecil Untung Besar

By Categories : Bisnis Modal Kecil

Cara Budidaya Burung Walet Modal Kecil Untung Besar – Usaha dalam bidang beternak burung walet masih menjadi salah satu primadona dalam usaha kerakyatan di Indonesia. Walaupun keuntungan tidak sebesar dulu tapi tetap menjanjikan. Hal inilah yang membuat berbagai orang mulai menekuni usaha rumahan sarang burung walet baik modal kecil maupun bermodalkan uang besar.
Cara Budidaya Burung Walet Modal Kecil Untung Besar
Usaha budidaya burung walet sangat mudah dijalankan dengan modal kecil. Banyak anggapan bahwa untuk membuka usaha burung walet diperlukan modal besar. Hal itu anggapan salah. Ternyata bisnis budidaya sarang burung walet dibutuhkan modal kecil. Tak percaya? Lihatlah ada salah seorang konsultan usaha ternak burung walet bahwa untuk membangun gedung walet bisa dengan modal kecil. Seperti menggunakan rumah kosong untuk tempat budidaya sarang burung walet.

Yang diambil dari budidaya burung walet adalah sarangnya yang terbuat dari air liur burung walet. Air liur walet dalam jumlah banyak sehingga membentuk sarang. Hal ini berbeda dengan jenis burung lain yang jika membuat sarang berupa jerami atau bahan dari alam. Tapi sarang burung walet berbeda. Hal inilah yang menjadi kelebihan dari burung walet. Sarang burung walet berwarna putih dan memiliki harga jual sangat tinggi perkilogram.

Cara Budidaya Burung Walet Modal Kecil Untung Besar

Lalu mengapa harga jual sarang burung walet sangat tinggi di Indonesia? Karena pasokan sarang walet ke negara Tiongkok kurang sekali. Ditambah lagi sarang walet yang berasal dari Indonesia umumnya berkualitas bagus. Sehingga negara Tiongkok menerima sarang walet dari Indonesia dengan harga tinggi. Di negara China sarang walet dijadikan menu makanan spesial yang gurih seperti sayur sop yang berkhasiat menjaga kesehatan tubuh.

Negara China sejak dulu memang dikenal sebagai salah satu negara maju dalam bidang pengobatan dan kedokteran. Seperti hadist dari Rasulullah SAW bahwa carilah ilmu sampai ke negeri cina. Dan begitupula sarang walet dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit. Dan penelitian kedokteran yang akan membuktikannya.

Untuk cara beternak burung walet dengan modal kecil untung besar sangatlah mudah. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah gedung walet. Untuk gedung walet harus berada jauh dari keramaian orang. Sebab burung walet tak betah tinggal di gedung yang diluarnya terdengar suara berisik dan gaduh. Mereka lebih memilih tempat tinggal yang sunyi sepi seperti di gua.

Jika anda mempunyai rumah kosong yang tak terurus yang jauh dari permukiman warga. Kasus ini banyak terjadi di pedesaan maka sangat tepat untuk dijadikan gedung walet. Untuk memulai mendatangkan burung walet bisa dilakukan beberapa cara. Seperti memberi semprotan pengharum ruangan dalam gedung walet sebagai perangsang kedatangan walet, menyalakan suara burung walet yang direkam dalam kaset atau handphone, dan menempelkan kotoran walet pada dinding gedung walet pada bagian luar.

Untuk sukses dalam usaha budidaya burung walet adalah sikap pantang menyerah dan terus belajar serta fokus. Akan banyak halangan dan rintangan dalam menjalani usaha ini. Yang penting adalah anda tak pernah putus asa. Sebab yang boleh putus asa adalah orang kafir. Keuntungan bisnis sarang burung walet sangat besar. Ingatlah ini untuk pemacu kesuksesan bisnis sarang walet di masa mendatang.

Namun usaha budidaya sarang burung walet rawan sekali terjadi tindak pencurian. Hal ini tak terlepas dari harga sarang walet perkilogram sangat mahal. Hingga puluhan juta rupiah. Ada banyak pengusaha yang sukses dalam bisnis ini dengan menjalin kerjasama dengan pihak keamanan lingkungan RT setempat. Cara Budidaya Burung Walet Modal Kecil Untung Besar

Baca juga :

Budidaya Burung Puyuh

 

Loading...