Cara Membuka Usaha Kecil Dengan Modal Pas-Pasan

Cara membuka usaha kecil memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi yakinlah segala yang besar pasti diawali dari hal-hal yang kecil, begitupun dalam usaha. Anda juga dapat membuat usaha yang besar dengan memulai dari usaha-usaha kecil terlebih dahulu.

Melihat kesuksesan orang-orang yang memiliki usaha besar memang sangat menarik untuk menjadi motivasi bagi kita. tapi tidak hanya berhenti mengagumi saja, anda juga perlu mempelajari kiat-kiat sukses mereka dan bagaimana mereka memanajemen usaha mereka. Untuk memulai usaha ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar kelak usaha anda berjalan dengan lancar.

Cara Membuka Usaha Kecil Dengan Modal Seadanya

cara-membuka-usaha-kecil

Sebelum memulai usaha, anda perlu memikirkan cara membuka usaha kecil dengan sangat hati-hati. Pertama, anda perlu menentukan pada bidang apa anda ingin membuka usaha. Kami sarankan pilihlah sesuai dengan bakat dan minat anda agar anda tidak cepat merasa bosan. Namun selain itu perlu dipikirkan juga peluang yang ada.

Pikirkan ide-ide kreatif yang mampu membedakan usaha anda dengan usaha serupa yang sudah ada. Dengan memikirkannya sendiri, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar konsultan usaha. Ini salah satu cara menekan modal awal. Selain itu anda juga harus mau mengerahkan segala kemampuan anda untuk mengurusi usaha kecil yang baru anda bangun ini. Dengan cara tersebut anda tidak perlu membayar karyawan dan modal awal untuk usaha anda dapat ditekan.

Sementara untuk mendapat tambahan modal, anda dapat melakukan kerjasama dengan teman atau keluarga anda agar modal yang terkumpul lebih banyak. Dengan cara ini pula diharapkan agar ketika usaha bangkrut, anda punya teman senasib dan beban anda dapat dibagi dengan partner anda tersebut. Sebagai pengusaha pemula, anda perlu menghargai waktu yang ada. Maksimalkan usaha setiap saat tanpa menunggu adanya kesempatan. Ketika anda berusaha dengan keras, maka kesempatan untuk sukses akan menghampiri anda dengan sendirinya.

Anda juga harus punya satu ciri khas dari produk usaha anda yang mampu bersaing di pasaran. Memang masyarakat ingin mencari barang dengan harga murah, tapi tidak jarang juga mereka yang mencari produk karena kelebihan yang dimiliki dibanding produk serupa lainnya. harga terkadang menjadi prioritas kedua bagi konsumen, asalkan produk yang didapat sesuai harapan. Jadi jangan takut menjual produk anda dengan harga yang lebih tinggi dari biasanya asalkan ada nilai lebih yang menjadi pertimbangan bagi konsumen. Tapi anda juga harus merealistiskan harga tersebut, jangan sampai terlampau tinggi.

Cara membuka usaha kecil dengan modal pas-pasan memang perlu perhitungan teliti mengenai estimasi biaya apa saja yang akan dikeluarkan. Sebisa mungkin tekanlah pengeluaran mulai dari biaya sewa tempat, biaya listrik, air, dan biaya-biaya lain yang perlu anda keluarkan. Beli keperluan yang benar-benar dibutuhkan saja. Jika perlu gunakan peralatan atau perlengkapan pribadi untuk mengurangi pengeluaran uang. Sementara untuk memasarkan produk dari usaha anda, manfaatkan media pemasaran yang gratis. Gunakan media-media sosial yang dapat diakses dengan biaya murah, seperti facebook, twitter, dan media lainnya.

Itulah tadi beberapa langkah yang harus anda perhatikan dalam membuka usaha kecil anda. Usahakan anda dapat terjun langsung dalam usaha anda agar ketika muncul masalah segera dapat teratasi.

Contoh usaha dengan modal kecil

Ada banyak sekali peluang usaha yang Anda dapat kerjakan dengan modal yang cukup kecil. Dalam menjalankan usaha Anda tidak perlu menyewa tempat usaha. Anda dapat mengerjakan usaha di rumah untuk sementara. Berikut beberapa contoh usaha yang dapat Anda coba di rumah.

Membuka jasa menjahit

Jasa menjahit memang tidak akan sepi karena pakaian merupakan kebutuhan primer seseorang. Semakin berkembangnya dunia fashion, saat ini banyak orang yang mengingkan memiliki model bakaian yang sesuai dengan karakter masing-masing. Dengan begitu peluang usaha ini cukup potensial asalkan Anda memiliki keahlian dalam menjahit serta mendesain pakaian. Anda dapat membuka usaha ini di rumah untuk menghemat modal.

Bisnis kuliner

Sama seperti jasa menjahit, bisnis kuliner juga dapat Anda kerjakan di rumah. Anda dapat membuka bisnis katering uncuk acara-acara besar seperti arisan, rapat kantor, atau acara pernikahan. Dalam usaha ini yang perlu diperhatikan adalah rasa dan harga yang Anda tawarkan. Jika Anda pandai memasak dan berani menawarkan harga yang lebih murah bukan tidak mungkin pelanggan Anda akan semakin meningkat.

Menjual pulsa elektrik

Usaha kecil dengan modal pas-pasan berikutnya adalah menjual pulsa elektrik. Dalam menjalankan usaha ini Anda cukup bermodalkan handphone dan saldo pulsa. Anda dapat mempromosikan usaha Anda mulai dari tetangga, teman kerja, dan sebagaianya.

Semoga cara membuka usaha kecil dengan modal pas-pasan ini dapat membantu anda merintis usaha baru anda. Selamat mencoba usaha baru anda.

Loading...