Cara Memulai Bisnis Kuliner Prospek Jangka Panjang

By Categories : Bisnis Kuliner

Kuliner adalah bisnis yang tidak mengenal musim. Dalam kondisi apapun, bisnis satu ini selalu memiliki angka penjualan yang stabil atau bahkan tinggi. Tak heran jika banyak yang mulai melirik untuk membuka bisnis kuliner ini.

Namun, untuk mempunyai usaha yang bagus dan mempunyai prospek jangka panjang yang baik, anda harus tahu nih apa saja sih cara memulai bisnis kuliner yang tepat. Pembaca tentunya tidak mau kan jika modal keluar dengan sia-sia tanpa hasil yang sepadan. Let’s don’t waste another time, stay tune!

Cara Memulai Bisnis Kuliner Yang Baik

cara-memulai-bisnis-kuliner

1. Belajar kepada senior di bidang bisnis kuliner

Untuk memulai sebuah usaha, apapun itu, anda perlu mencari referensi atau istilah kerennya “berguru” ke orang-orang yang terjun lebih dulu di bidang usaha tersebut. Selain lebih tahu apa saja yang harus lakukan untuk menjalankan usaha anda, jiwa bisnis akan termovitasi berkali-kali lipat dengan cerita-cerita naik turunnya usaha dari senior anda.

2. Identifikasi produk

Cara memulai usaha kuliner yang kedua ini sangat penting untuk anda lakukan sebelum anda benar-benar terjun memulai bisnis kuliner. Pertama, kenali dengan pasti jenis makanan apa saja sih yang diminati oleh kebanyakan orang. Hal ini akan memberikan anda pandangan/prospek ke depan tentang bisnis anda, apakah bisa berlangsung lama atau musiman saja. Selain itu, jangan mudah tergoda dengan trend-trend kuliner yang sedang booming dan laku keras, namun tidak menjanjikan prospek bisnis jangka panjang. Untuk tetap teguh dengan produk utama anda, sediakan kuliner yang sedang in sebagai pelengkap saja.

3. Standarisasi resep, cita rasa dan keterampilan

Saat anda memutuskan untuk membuka bisnis kuliner anda, pastikan anda sudah yakin dengan kelayakan masakan. Untuk mengetahuinya, anda bisa membagikan tester-tester kepada rekan, keluarga dan saudara anda lalu minta mereka memberikan pendapat tentang masakan anda. Anggap pendapat tersebut sebagai masukan untuk berkreasi lebih baik lagi. Terlebih jika banyak pujian yang anda dapatkan dari masakan anda, jaga resep rahasia anda agar tidak ada yang bisa ‘menjiplaknya’.

Hal ini sangat penting karena ketika anda memulai sebuah usaha kuliner, resep rahasia adalah salah kunci utama berlangsungnya bisnis anda. Jika anda mempunyai sebuah produk andalan, pastikan untuk memisahkan resep produk andalan dan resep produk biasa anda. Setelah pasar anda terbentuk, mulai buat inovasi pada kreasi-kreasi anda dibarengi dengan peningkatan kemampuan memasak anda. Dengan kualitas masakan yang baik dan kemasan yang menarik, lalu dibumbui dengan pelayanan yang ramah, hampir bisa dipastikan usaha bisnis anda ini akan laris manis.

4. Bentuk tim

Cara memulai bisnis kuliner selanjutnya adalah membentuk tim anda. Bisnis kuliner memang cenderung sulit apabila dilakukan seorang diri. Nah, untuk menunjang kepuasan pelanggan dan hasil makanan yang maksimal, anda bisa mengajak keluarga atau tetangga sekitar anda. Dengan cara ini, anda sudah turut serta untuk mengurangi jumlah pengangguran lho. Menarik bukan?

5. Pemasaran

Strategi pemasaran mempunyai peranan yang penting di dalam kelangsungan hidup suatu usaha. Distribusi adalah salah satu aspek penting yang terkandung di dalamnya. Bagi anda yang memiliki modal yang cukup besar, anda dapat membuka cabang atau outlet sekaligus. Sebaliknya apabila dana terbatas, fokusnya semua strategi pemasaran tersebut di satu outlet saja.

Perhatikan pula lokasi usaha anda, pastikan outlet anda cukup strategis untuk dikunjungi calon pembeli. Masih dalam rangkaian cara memulai bisnis kuliner yang baik dan untuk mensukseskan launching bisnis kuliner anda, anda bisa mempromosikannya melalui brosur atau promosi online di internet untuk menjangkau pelanggan lebih banyak dan luas lagi.

Adapun usaha kuliner yang tepat untuk jangka panjang adalah bakso. Makanan ini sangat populer di masyarakat dan mudah dalam proses pembuatannya. Hampir semua orang menyukai bakso. Makanan ini cocok untuk semua kalangan dan juga alam mengonsumsinya tidak mengenal waktu karena tetap enak disantap pada pagi, singa, dan malam hari. Proses pembuatan bakso juga tidak terlalu susah. Karena bahan yang digunakan cukup banyak dijual di pasaran. Sehingga Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk membuat bakso. Alasan mengapa bakso menjadi bisnis kuliner prospek jangka panjang adalah karena memiliki harga yang cukup terjangkau. Hal ini memungkinkan berbagai kalangan ekonomi mampu membelinya. Walaupun relatif murah, usaha ini dapat mendatangkan keuntungan besar.

Jenis usaha kuliner menjanjikan lainnya adalah membuka bisnis catering. Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, bisnis ini tentu sangat cocok untuk Anda. Selain dapat dikerjakan di rumah, banyaknya instansi pemerintahan atau swasta yang sering mengadakan event besar menjadi pasar yang cukup potensial. Tawarkan makanan yang memiliki citarasa yang lezat dan memiliki harga yang terjangkau. Selain itu Anda juga dituntut untuk memiliki jaringan yang luas untuk mengembangkan bisnis catering yang Anda miliki.

Loading...