Cara Memulai Usaha Makanan Online Secara Mudah

By Categories : Bisnis Kuliner

Cara Memulai Usaha Makanan Online Secara Mudah – Penulis sudah tiga bulan lebih menekuni bisnis kuliner khususnya kerupuk seblak, ice cream dll. Mengapa pilihan jatuh ke usaha makanan? Karena pangsa pasar yang sangat luas dan memiliki omset harian. Lebih mudah menjual makanan ketimbang produk lain. Hal ini membuat pengusaha sukses  kebanyakan didominasi  dari bisnis kuliner baik makanan atau minuman.
Cara Memulai Usaha Makanan Online Secara Mudah
Pada awalnya penulis tidak percaya bahwa bisnis kuliner bisa dijalankan secara online. Namun setelah mencobanya iseng-iseng. Dan ternyata berhasil. Dimulai dari usaha jualan sale pisang. Waktu itu konsumen pertama berasal dari Bandunng. Menuai kesuksesan dari bisnis jualan sale pisang kemudian berlanjut usaha jualan es krim secara online. Dan ternyata berhasil juga.

Cara Memulai Usaha Makanan Online Secara Mudah

Apabila anda masih pemula dalam bisnis makanan tentu akan kesulitan dalam memasarkannya di internet. Hal ini dialami penulis di awal usaha. Tapi dengan modal nekad dan keberanian dengan modal promosi gratis, penulis dapat menjaring konsumen secara online. Untuk lebih lengkap, berikut ini cara membuka usaha makanan secara online dengan gampang, antara lain :

Tentukan Jenis Usaha

Usaha kuliner banyak ragamnya. Ada berbagai produk makanan ataupun minuman yang bisa sobat pilih lalu dijual secara online. Namun saran penulis pilihlah produk kuliner yang memiliki daya tahan yang lama, populer atau paling banyak dicari orang, pilih barang kuliner yang banyak dibeli orang atau terlaris.

Caranya sangat mudah dengan mengikuti forum-forum ataupun market place terkenal di Indonesia. Seperti olx, berniaga, ads id, bukalapak, tokopedia, bhinneka dan lain sebagainya. Amati jenis barang kuliner yang paling laku di pasaran saat ini.

Sistem Produksi

Produksi adalah hal yang paling menentukan sukses tidaknya sebuah usaha. Pasti saja sebab usaha mau berjalan bagaimana kalau tidak mempunyai produknya. Adapun sesudah menentukan produk kuliner yang hendak dijual selanjutnya sobat membuat produk tersebut. Apabila anda tidak sanggup maka ada cara lain yang lebih mudah yakni menjadi reseller atau menjual produk orang lain sebagai mediator dengan kemasan sama atau ulang.

Selama ini penulis menekuni usaha kuliner terutama minuman selalu membeli produk orang lain kemudian dikemas ulang menjadi barang makanan dan minuman yang bermutu. Cara ini dinilai sangat mudah dan praktis tanpa perlu direpotkan oleh soal produksi. Namun pastikan sebelum menjual produk kuliner bahwa barang makanan itu enak dan lezat dilidah serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Promosi

Adapun cara promosi usaha bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Namun jika anda mempunyai keuangan terbatas dan ingin promosi secara efektif dan jitu tanpa modal maka tepat untuk promosi di internet. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk promosi usaha di internet. Misalkan olx id, berniaga, bukalapak, tokopedia dll. Penulis pernah berpromosi secara online dan pembeli lumayan banyak.

Untuk sukses dalam usaha kuliner secara online diperlukan kerjasama dengan beberapa pihak. Salah satunya adalah jasa penyedia pengiriman atau ekspedisi. Seperti PT Pos Indonesia, JNE, TIKI dan lain sebagainya.  Akan tetapi penulis merekomendasikan bagi anda untuk memilih jasa pengiriman JNE karena respon cepat, dan ada jasa layanan 24 jam. Dengan fasilitas ini kita bisa mengetahui dimana barang kuliner yang kita kirimkan ke konsumen berada.

Demikianlah cara memulai usaha makanan online secara mudah. Hal ini berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis sendiri. Mudah-mudah dapat bermanfaat bagi anda sekalian. Simak terus blog bisnisi.com untuk menyimak artikel bisnis menarik lainnya.

Baca juga :

Usaha Makanan Ringan Serba 1000

Loading...