Cara Memulai Usaha Sendiri Dengan Kompetensi Diri

By Categories : Tips Bisnis

Cara memulai usaha sendiri tidak selalu harus dengan menjual produk. Namun bisa juga dengan menjual jasa. Jasa apa yang bisa Anda manfaatkan untuk dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan? Jawabannya berada dalam diri Anda sendiri.

Yaitu dengan mengandalkan kompetensi yang ada pada diri kita sendiri. Contohnya adalah dengan memanfaatkan pelajaran yang pernah kita pelajari pada saat kita berada di bangku sekolah. Caranya yaitu dengan membuka sebuah usaha bimbingan ekstra kurikuler ataupun bimbingan belajar.

Jika Anda memiliki kompetensi dibidang ekstra kulikuler seperti misalnya melukis atau menggambar. Maka Anda bisa mendirikan sebuah lembaga dibidang pendidikan yaitu dengan mendirikan bimbingan belajar melukis.

Atau jika Anda memiliki kompetensi di bidang mata pelajaran matematika maka Anda bisa mendirikan semacam rumah matematika. Disini kita akan ambil usaha rumah matematika sebagai contoh yang akan dibahas sebagai cara memulai usaha sendiri dengan mudah dan sesuai keinginan.

Cara Mudah Memulai Usaha Sendiri Bidang Pendidikan

cara-memulai-usaha-sendiri

Yang pertama harus dilakukan untuk mendirikan usaha bimbingan belajar yaitu dengan membuat konsep yang jelas tentang jasa bimbingan yang akan Anda tawarkan. Misalnya siapa saja yang bisa masuk dan belajar dalam bimbingan belajar Anda. Apakah hanya anak yang berjenjang Sekolah Dasar (SD) atau SD dan SMP.

Atau hanya SMP saja Atau bisa juga semua jenjang kelas bisa mengikuti. Tentukan batasan usia ini supaya Anda bisa lanjut ke tahap yang selanjutnya. Yaitu menentukan ruangan untuk belajar. Pastikan ruangan tersebut nyaman untuk belajar. Jadi Anda terlebih dulu harus menyediakan perlengkapan belajar mengajar seperti yang terdapat pada kelas-kelas di sekolah. Yaitu antara lain papan tulis, set meja dan kursi, dan perlengkapan kelas lainnya.

Cara memulai usaha sendiri dengan mendirikan bimbingan belajar dengan tema rumah matematika adalah dengan menanamkan pada otak anak bahwa matematika bukanlah hal yang menyeramkan, melainkan hal yang menyenangkan.

Dan untuk memberikan kesan menyenangkan bagi mereka Anda bisa mulai dengan menyeting suasana kelas supaya menjadi lebih menyenangkan. Contohnya dengan member warna pada tembok dengan warna yang cerah dan diberi beberapa hiasan angka atau apapun yang berhubungan dengan matematika. Dan cara pembelajaran yang diterapkan juga harus menyenangkan. Jangan terlalu spaneng supaya siswa yang mengikuti juga merasa rileks.

Dan hal terpenting yang harus dilakukan adalah Anda harus meyakinkan para orang tua murid untuk percaya kepada kemampuan Anda sehingga mau menitipkan anaknya untuk belajar di rumah matematika yang Anda kelola. Cara untuk meyakinkan para calon wali murid yaitu dengan memberikan sistem pemasaran yang menarik. Atau bisa juga dengan promosi yang menarik. Dengan menyebarkan brosur juga menjadi cara pemasaran yang paling efektif. Dan supaya bisnis Anda lebih dikenal Anda sebaiknya mencantumkan segala keunggulan jasa bimbingan belajar yang Anda tawarkan supaya orang-orang juga tidak ragu lagi untuk mendaftarkan anaknya.

Dan jika pada akhirnya banyak murid yang mendaftar sehingga Anda kewalahan untuk mengajar sendirian maka Anda harus merekrut tenaga pendidik yang baru. Dan dalam memilih tenaga pendidik yang baru ini Anda harus sangat berhati-hati.

Untuk mendapatkan tenaga pendidik yang kompeten Anda harus mengadakan seleksi yang ketat supaya bisa mendapatkan tenaga pendidik sesuai dengan yang Anda inginkan.

Cara memaksimalkan potensi untuk menjalankan bisnis

Sadar, temukan, serta gali kompetensi diri

Anda harus meningkatkan kapasitas diri, tidak hanya bekerja keras Anda dituntut untuk memaksimalkan diri Anda saat menjalankan bisnis. Mulai dari pengetahuan, keahlian, dan attitude. Karena dengan begitu Anda akan mampu menjalankan bisnis yang Anda inginkan.

Kerjakan

Setelah Anda memiliki niat, tujuan, dan strategi, maka Anda harus segera beraksi tanpa harus menunda. Berani memulai merupakan salah satu pintu sukses yang akan Anda dapatkan. Anda harus berani mengambil resiko, karena resiko merupakan pembentukan kekuatan. Selain itu Anda juga harus berani merubah ide, rencana, serta gagasan.

Berorientasi pada hasil

Anda harus berani menerima kenyataan atas hasil usaha Anda. Sukses atau tidak itulah hasil yang Anda dapatkan. Setiap hasil yang Anda inginkan akan berbanding dengan usaha Anda. Untuk itu, teruslah berinovasi menjadi yang terbaik. Anda harus menentukan target yang ingin Anda capai, kembangkan kemampuan usaha Anda dengan target yang berbeda di setiap bulan.

Lakukan evaluasi

Biasakan untuk melakukan evaluasi  atas hasil kerja Anda. Tinjau ulang hasil yang sudah didapat untuk membantu Anda dapat menggapai kesuksesan yang lebih cepat. Dari evaluasi tersebut Anda akan mengetahui apa yang harus ditingkatkan dan apa yang harus ditinggalkan. Anda dapat melakukan evaluasi di setiap akhir bulan.

Demikian artikel tentang cara memulai usaha sendiri dengan memanfaatkan kompetensi yang ada pada diri Anda. Semoga dapat membantu Anda mewujudkan usaha bimbingan belajar Anda.

Loading...