Inilah Rahasia Sukses Orang Cina Dalam Berdagang

By Categories : Tips Bisnis

Inilah Rahasia Sukses Orang Cina Dalam Berdagang – Mayoritas orang keturunan Cina berprofesi sebagai pedagang. Hal tersebut tak terlepas dari sejarah masa lalu. Dimana mereka masuk dari negeri Tiongkok ke tanah air untuk berdagang. Mereka membawa barang dari cina seperti Guci, pakaian dan kebutuhan lainnya lalu dijual di masyarakat Indonesia. Sehingga darah pedagang mengalir deras dalam keturunan warga Tionghoa. Sulit sekali menemukan seorang keturunan cina menjadi buruh atau karyawan.
Inilah Rahasia Sukses Orang Cina Dalam Berdagang
Penulis juga seringkali ditugaskan untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok. Dan rata-rata pemilik toko di Indonesia adalah orang cina. Dari mulai toko grosir sembako, pemilik toko sepeda, pemilih showroom sepeda motor dan mobil, dan pemilik usaha lainnya. Pokoknya segala jenis usaha, kalangan orang cina menguasai segala sektor perdagangan ini. Dan kebanyakan mereka hidup berkecukupan dan kaya dari hasil perdagangan.  Cara berdagang orang cina sama dengan cara berdagang orang padang. Yang kedua etnis tersebut senang berdagang.

Pendek kata, kehidupan orang cina banyak yang sukses secara keuangan atau kaya raya. Mereka mempunyai mobil mewah, rumah mewah dan harta benda yang banyak. Kita lihat saja di Indonesia para pengusaha yang sukses kebanyakan berasal dari kalangan cina. Misalkan Hary Tanoesudibjo, Ciputra, Liem Sie Liong, pemilik bank hampir semua milik orang Cina, Bong Chandra, dan lain-lain. Lalu kemanakah orang Indonesia yang asli? Memang ada orang asli Indonesia juga yang sukses berdagang seperti etnis padang. Tapi jumlah mereka sedikit dibandingkan orang cina.

Salah seorang teman penulis juga orang cina. Ia hidup kaya raya. Begitu mudahnya orang cina sukses dalam keuangan dan kaya raya. Apa tips dan rahasia suksesnya? Begitulah kira-kira apa yang anda pikirkan. Ternyata setelah ditelusuri bahwa kekayaan yang melimpah yang diperoleh oleh orang cina berasal dari kebiasaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Inilah Rahasia Sukses Orang Cina Dalam Berdagang

Berikut ini kebiasaan orang Cina yang membuatnya ia kaya raya, antara lain :

Suka Menabung dan Investasi

Kebanyakan orang cina mempunyai kebiasaan menabung dan investasi. Kegiatan tersebut mereka gemari dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mereka rela untuk makan bubur setiap hari untuk bisa menabung dan investasi. Ketika mereka memperoleh uang lewat perdagangan maka mereka langsung menabung di bank. Keuntungan di tabung dan dijadikan investasi dalam bentuk deposito ataupun reksadana.

Jumlah uang yang mereka tabung sebesar 80 persen dari total pendapatan mereka. Jelas sangat besar sekali porsi untuk menabung dan investasi. Sedangkan sisanya sebesar 20 persen digunakan untuk biaya kebutuhan sehari-hari selama satu bulan. Pantas saja orang cina jadi kaya raya karena mereka rajin menabung dan berinvestasi. Kalau anda melakukan demikian sama halnya orang cina maka berjalan waktu anda pun bisa sukses dan kaya raya seperti kalangan orang cina.

Tak Menonjolkan Kekayaan

Aspek lainnya dari orang cina adalah mereka tidak selalu menonjolkan kekayaan. Mereka memilih berpakaian sederhana tanpa ada satu perhiasan emas pun yang melekat pada tubuhnya seperti tangan atau leher. Hal ini berbeda sekali dengan orang Indonesia asli yang gemar membawa kalung dan memakai cincin dalam kehidupan sehari-hari. Lalu orang Indonesia pun suka memakai baju yang mahal dan mewah untuk menampakkan kekayaan. Hal ini berbeda dengan orang cina yang serba sederhana padahal hartanya banyak. Bahkan penulis seringkali menjumpai seorang warga cina berpakaian lusuh sama halnya pegawai. Padahal ia pemilik sebuah perusahaan besar.

Pendek kata, dengan rajin menabung dan investasi membuat orang cina lebih memilih membeli barang secara tunai daripada kredit. Karena bunga bank memberatkan dan menggerogoti uang mereka. Hal inilah yang membuat banyak orang cina sukses dan kaya raya selamanya. Inilah Rahasia Sukses Orang Cina Dalam Berdagang

 

Loading...