Inspirasi Bisnis Makanan Unik yang Menguntungkan

By Categories : Kisah Sukses

Bisnis makanan unik mulai menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Hal ini terlihat dari banyaknya usaha kuliner yang bermunculan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Makanan yang dijual biasanya menggunakan bahan yang sering kita jumpai, namun yang menjadikan unik adalah pengolahannya sehingga memberikan cita rasa, tampilan, dan sensasi yang berbeda.

Untuk menghadirkan sesuatu ide bisnis yang akan Anda luncurkan memang bukan hal yang mudah, namun kesulitan tersebut terkadang dapat memberikan hasil yang menarik, salah satunya adalah ide untuk membuat makanan unik. Dengan produk unik tentu akan memudahkan Anda dalam segi promosi karena hal yang unik akan mudah diingat oleh para konsumen. Bisnis makanan unik biasanya bermula dari hal coba-coba dalam mencampuradukan bahan makanan. Dari hasil coba-coba tersebut terkadang menghasilkan resep makanan yang belum pernah ada namun tetap memiliki rasa unik dan lezat.

bisnis uik

Selain itu Anda juga harus lebih banyak riset agar menemukan sesuatu yang baru. Cara paling mudah adalah mencoba beberapa kuliner yang sudah ada kemudian Anda inovasikan dengan ide Anda. Terus mencoba dengan resep yang Anda miliki hingga menghasilkan citarasa yang unik dan lezat. Setelah Anda mendapatkan resep yang cocok maka Anda dapat membuka usaha makanan unik sesuai dengan konsep yang Anda inginkan.

Contoh Bisnis Makanan Unik yang Sukses

Jika Anda masih bingung untuk menentukan bisnis apa yang akan Anda jalankan, maka berikut ini beberapa bisnis kuliner unik yang mungkin bisa jadi referensi untuk Anda.

Bebi-Luck

Usaha ini dijalankan oleh seorang wanita bernama Nadya. Ia menjalankan bisnis makanan bayi organik dan sukses hingga saat ini dengan nama Bebi-Luck. Usaha yang Nadya buat pertama kali merupakan hasil olahan bahan-bahan organik yang dibuat sendiri untuk anaknya yang masih bayi. Ini dilakukan karena ia khawatir dengan kualitas makanan yang ada di pasaran yang menurutnya kurang higienis. Ternyata hasil olahannya disukai buah hatinya, dan membuat para tetangga penasaran. Mereka kemudian meminta Nadya untuk membuatkan untuk para tetangga. Dan dari sinilah bisnis Bebi-Luck lahir.

baca juga : tips-tips bisnis makanan ringan

Karena permintaan terus meningkatkan ia akhirnya meninggalkan profesinya sebagai penerjemah bahasa Jepang. Saat ini Bebi-Luck sudah berkembang pesat, bahkan menawarkan peluang bisnis franchise dengan biaya Rp 8,5 juta. Biaya tersebut sesudah termasuk alam masak serta bahan makanan produk Bebi-Luck.

Remen Burger

Mungkin Anda belum pernah mendengar jenis makanan ini? Tentu, karena makanan ini hanya ada di Jepang. Bisnis makanan unik yang dijalankan oleh seorang pria Jepang bernama Keizo Shimamoto ini mungkin dapat Anda coba di Indonesia. Keizo memadukan dua hidangan yang memang sudah populer, yakni burger dan ramen dalam satu hidangan. Burger yang umumnya diapit menggunakan roti ia ganti menggunakan mie ramen yang sudah digoreng menggunakan telur.

Remen Burger

Isi ramen tersebut terdiri dari daging burger, saus shoyu, daun bawang dan sebagainya. Makanan unik ini pernah dijual perdana pada pameran kuliner di New York. Hasilnya antrian panjang dan 150 ramen burger habis terjual dengan harga setiap burgernya Rp 80 ribu. Karena permintaan yang terus meningkat membuat Keizo diundang di acara Good Morning America untuk memamerkan ramer burger miliknya.

Lapis Bogor Sangkuriang

Bisnis Lapis Sangkurang merupakan usaha yang dijalankan oleh Rizky Wahyu Romadhona. Ia memulai bisnis ini setelah mengalami kegagalan dalam menjalankan usaha jualan bakso. Sebelumnya ia merupakan seorang karyawan perusahaan telekomunikasi terkemuka. Setelah gagal dengan usaha bakso, Rizky mencoba dengan membuat kue lapis Bogor yang diberi nama Sangkuriang.

Ia membuat kue lapis dengan bahan dasar talas dan berbeda dengan kue lapis pada umumnya. Talas di pilih karena ia merasa di Bogor sangat mudah untuk mendapatkan talas. Dengan cara yang tidak biasa inilah akhirnya usaha yang dijalankan Rizky terus berkembang dan meraup omzet hingga ratusan juta rupiah per bulan. Usaha yang dikelola saat ini sudah ada beberapa kota besar di Indonesia.

Kripik Maichi

Bisnis makanan unik selanjutnya adalah kripik maichi. Usaha ini dijalankan oleh seorang pria yang hanya lulusan SMA bernama Reza. Bisnis kripik maichi bermula dari pertemuannya dengan seorang nenek yang membuat kripik pedas. Kemudian ia mencoba membuat resep kripik pedas dengan tigkatan pedas. Hal ini bertujuan agar konsumen bisa memilih seberapa pedas kripik yang mereka inginkan.

Usaha yang dijalankan Reza ini tidak memiliki toko dan cara berjualannya juga berpindah-pindah. Setiap tempat jualan akan ia umumkan lewat akun media sosial Twitter. Dengan cara unik inilah pelanggan terus meningkat dengan mampu menghasilkan omzet ratusan juta rupiah.

baca juga : peluang usaha jus buah dengan modal kecil

Itulah beberapa inspirasi bisnis makanan unik yang mungkin dapat Anda jadikan sebegai referensi bisnis kuliner.

Loading...