Jenis Usaha Kecil Rumahan Sampingan Modal Kecil

By Categories : Bisnis Modal Kecil

Budaya di Indonesia yang wajib mencari nafkah adalah suami, sedangkan istri di rumah mengurus anak dan rumah. Tetapi dengan berkembangnya zaman, dan dengan adanya kesetaraan gender sekarang banyak wanita yang memilih keluar rumah untuk bekerja, dan tidak jarang memang dengan pilihan wanita tersebut untuk bekerja mereka melupakan keluarga di rumah dan akhirnya keharmonisan dalam keluarga menjadi hilang.

Maka dari itu bagi wanita apabila ingin bekerja di luar rumah apalagi jika sudah berkeluarga sebaiknya dipikirkan matang-matang akan resikonya. Dan apabila Anda ingin tetap bekerja sebenarnya banyak solusi yang dapat Anda pilih, Anda dapat bekerja di rumah dengan memilih jenis usaha modal kecil, jadi selain Anda tidak harus keluar rumah untuk resiko juga semakin kecil

Jenis Usaha Rumahan

Bagi seorang wanita sangat tepat bila memilih bekerja di rumah, selain karena resikonya yang kecil yaitu tanpa keluar rumah dan juga tidak perlu membutuhkan lahan untuk usahanya. Tetapi dalam memilih usaha Anda juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan didaerah Anda.

jenis-usaha-modal-kecil

Seperti apabila di daerah Anda dekat dengan sekolah atau perguruan tinggi pasti disana juga tidak jarang ditemukan kos-kosan atau kontrakan sehingga untuk memanfaatkan itu Anda perlu mencari usaha yang sekiranya akan menguntungkan yaitu seperti warung makan, tempat laundry atau tempat fotocopy. Semua usaha tersebut tidak cukup susah, Anda hanya perlu mencoba dan membutuhkan sedikit modal.

Selain menyesuaikan dengan keadaan sekitar, Anda memang perlu menyesuaikan dengan modal yang ada, karena jika ada ingin membuka usaha hal yang perlu dipersiapkan adalah modal. Maka dari itu Anda perlu memperkirakan usaha yang tepat dengan modal yang tersedia. Apabila Anda sebagai pemula memang sebaiknya cari usaha yang memiliki resiko kecil itu karena Anda masih belajar dalam dunia kewirausahaan.

Jenis Usaha Sampingan

Dalam memilih usaha selain menyesuaikan keadaan dan budget selanjutnya Anda perlu menyesuaikan dengan keahlian. Apabila Anda sedang mencari jenis usaha sampingan maka passion dan keahlian adalah yang utama, jadi jika Anda memiliki keahlian pasti ada keinginan untuk selalu dapat mengeksplornya. Seperti apabila Anda suka merajut atau melukis, maka Anda dapat menjadikan keahlian tersebut sebagai usaha sampingan di rumah untuk mengisi waktu luang.

Jadi selain Anda menyalurkan hobi Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari keahlian Anda. Banyak sekali usaha yang berawal dari hobi dan keahlian dan akhirnya usaha tersebut bukan menjadi usaha sampingan tetapi menjadi pekerjaan utama, jadi selalu asah keahlian Anda.

Jenis Usaha Kecil

Usaha yang dilakukan di rumah yang paling tepat adalah jenis usaha kecil karena keterbatasan lahan, jadi apabila Anda berniat ingin membangun usaha Anda perlu mencari usaha yang Anda anggap mudah seperti membuka conter pulsa, karena sekarang hampir semua orang memiliki alat komunikasi jadi kebutuhan pulsa sekarang berubah menjadi kebutuhan pokok sehingga sudah tentu usaha Anda dibutuhkan oleh masyarakat, jadi dengan membuka conter pulsa itu dirasa tidak cukup susah, tetapi keuntungan akan besar apabila banyak orang yang membutuhkan.

Selain membuka counter pulsa, Anda juga dapat membuka bimbingan belajar untuk siswa SD, SMP, atau SMA. Namun Anda harus mengetahui kapasitas Anda sebelum membuka usaha bimbingan belajar. Sebagai contoh jika Anda merupakan sarjana informatika maka Anda cocok untuk membuka les tentang informatika, komputer dan sebagainya. Untuk membuka usaha ini Anda dapat memanfaatkan sebagian rumah Anda. Kemudian untuk memulainya Anda dapat menawarkan jasa Anda ke tetangga di sekitar tempat tinggal. Modal untuk membuka usaha ini cukup kecil karena Anda hanya membutuhkan beberapa modul untuk bahan pembelajaran.

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis juga dapat membuka jasa penulis lepas. Anda dapat menjadi penulis sebuah majalah online, koran, atau blog dengan bermodalkan laptop atau komputer serta jaringan internet. Mulailah mempromosikan jasa Anda melalui sosial media seperti facebook, instagram, dan twitter. Jika dalam satu bulan Anda mendapatkan puluhan hingga ratusan pesanan artikel maka penghasilan Anda sangat menguntungkan.

Jika Anda merupakan pemula yang ingin berbisnis, Anda dapat memulainya dengan bisnis waralaba. Saat ini ada banyak sekali bisnis waralaba dengan modal kecil yang bisa Anda coba. Biasanya bisnis tersebut dalam bidang kuliner. Carilah waralaba yang sudah memiliki brand yang cukup populer di pasaran. Bandingkan beberapa waralaba yang ada kemudian pilihlah salah satu yang paling Anda minati.

Banyak jenis usaha modal kecil yang dapat Anda jalanan, tetapi memang untuk kelancaran Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di sekitar, modal yang ada dan yang terpenting juga passion dan keahlian. Apabila Anda dapat menyesuaikan semuanya pasti Anda akan merasa mudah dalam membuka usaha, jadi dengan modal yang kecil Anda akan bisa mendapatkan keuntungan dalam target.

Loading...