Jenis Usaha Rumahan Untuk Bunda, Sang Ibu Rumah Tangga

By Categories : Bisnis Rumahan

Dewasa ini, bunda bisa melihat berbagai macam jenis usaha rumahan yang seakan-akan sedang digalakkan oleh para ibu rumah tangga. Nah, memang tidak bisa dipungkiri dengan memiliki usaha di rumah, bunda pun jadi memiliki penghasilan tambahan juga waktunya pun dihabiskan dengan cara-cara yang bermanfaat. Nah, apa saja usaha rumahan yang bisa bunda lakukan di rumah, yuk simak artikel ini.

Macam-Macam Usaha Rumahan yang Menguntungkan

jenis-usaha-rumahan-ibu-rumah-tangga

1.  Usaha kue

Bisnis makanan seperti tak pernah lekang oleh jaman ya, buktinya saja apapun bisnis makanan bunda pasti laris manis diborong oleh pembeli. Memanfaatkan fakta ini, bunda juga bisa lho membuka usaha kecil-kecilan milik bunda sendiri, mulai dari sederhana saja. Usaha kue misalnya. Bunda bisa menjajal kemahiran bunda di dapur dengan peluang bisnis ini. Sedangkan untuk pemasarannya, bunda bisa menitipkannya di warung makan atau kantin sekolah. Nah, jika usaha sudah mulai bergeliat bunda juga bisa mengembangkannya menjadi usaha catering. Menarik bukan?

2. Counter pulsa

Semakin majunya teknologi menuntut semakin banyak pula kebutuhan komunikasi yang harus dipenuhi. Tapi bagaimana bisa komunikasi bagus jika tidak ada pulsa? Yap! Hal ini bisa menjadi peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang menguntungkan lho.

Apalagi sekarang setiap orang setidaknya mempunyai dua nomor atau lebih, peluang yang menarik bukan? Untuk lokasi usaha, bunda tidak menyewa ruko atau jenis bangunan lainnya melainkan cukup dengan lahan rumah yang tidak terpakai. Selain lebih memudahkan pelanggan menggunakan jasa bunda, usaha sampingan satu ini juga semakin terjamin keamanannya karena pengawasan penuh dari si empunya.

3. Laundry

Padatnya aktivitas atau tidak menentunya cuaca Indonesia beberapa waktu belakangan ini membuat usaha laundry semakin menjamur. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa ini ketimbang harus repot-repot mencuci dan menyetrika karena hasilnya pun lebih rapi dan wangi. Namun salah satu jenis usaha yang menguntungkan satu ini memerlukan perhitungan yang matang lho baik dari segi service maupun harganya.

Untuk menarik minat pelanggan, bunda bisa mematok harga yang sedikit miring dengan kualitas tak kalah bagusnya. Atau bunda menyediakan berbagai kemudahan seperti pilihan pewangi yang pelanggan inginkan sehingga hasil cucian pun lebih memuaskan dan pasti pelanggan tersebut akan sering-sering menggunakan jasa.

4. Jasa fotografer dan video shooting

Fenomena pre-wedding nampaknya masih booming di masyarakat Indonesia hingga saat ini. Tidak jarang, para calon pengantin rela mengeluarkan budget besar-besaran untuk mendapatkan foto pre-wedding yang memuaskan. Memang hal ini sangat wajar karena sakralnya pernikahan membuat mereka totalitas dalam mempersiapkannya.

Nah, fenomena ini bisa menjadi kesempatan menarik bagi bunda yang mahir dalam dunia fotografi dan video shooting. Mulai kumpulkan relasi agar nama bunda semakin familiar di kontak mereka ketika ingin menggunakan jasa fotografer dan video shooting. Untuk lokasi usaha, bunda dapat menyulap salah satu ruangan rumah bunda menjadi kantor pribadi.

5. Toko kelontong

Walaupun supermarket,hypermart dan swalayan besar semakin membumi di Indonesia, ternyata keberadaan toko kelontong ini tidak tergeserkan lho. Bayangkan saja jika hanya ingin membeli mie instan saja harus ke supermarket, tidak efektif sekali bukan?

Nah, hal ini bisa bunda manfaatkan untuk mulai menjajal jiwa wirausaha bunda. Manfaatkan lahan sisa tanah bunda atau ruangan di bagian depan rumah yang tidak terpakai. Mulai dengan mendata apa saja kebutuhan yang sering dicari oleh tetangga sekitar bunda, lalu stock. Usahakan agar persediaan bunda fast moving agar kemasannya pun selalu baru dan menarik. Dan buat bunda, jenis usaha rumahan satu ini yang paling digemari lho karena mudah dan menguntungkan.

Loading...