Jenis Usaha Sampingan untuk Karyawan dengan Modal Kecil

By Categories : Bisnis Modal Kecil

Jenis usaha sampingan yang dapat dipilih untuk karyawan sebenarnya cukup banyak. Bagi karyawan usaha sampingan merupakan hal yang wajar dan tidak dilarang oleh perusahaan. Sayangnya banyak karyawan yang terkendala masalah modal ketika akan memulai membuka usaha. Tidak sedikit yang beranggapan jika menjalankan bisnis atau membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Tidak heran sebagian dari mereka rela meminjam ke bank untuk modal usaha.

Modal tersebut jika tidak dapat dikelola dengan baik maka justru dapat membebani usahanya. Yang ada bukan penghasilan tambahan yang didapat melainkan stres dan pusing memikirkan tanggungan per bulan yang perlu di harus dibayarkan. Usaha sampingan sebenarnya mudah dijalani dan jika dilihat secara umum, jenis usaha sampingan seharusnya tidak ada istilah gagal karena memang hanya sebagai penghasilan tambahan. Dalam menjalankan usaha sampingan Anda harus mengetahui beberapa hal agar usaha Anda dapat berjalan dengan lancar.

Yang pertama adalah berawal dar ide bagus dan kemampuan unik. Tidak dipungkiri lagi jika saat ini banyak perusahaan besar yang berawal dari sebuah usaha sampingan dengan ide-ide yang unik dan kemampuan dalam menjalankan ide tersebut. Tingkat kompetisi yang rendah akan menjadi peluang sukses yang besar jika ide Anda jarang orang miliki.

jenis usaha sampingan

Selain itu Anda juga harus pandai melihat peluang pasar yang. Jika Anda ingin membuka usaha sampingan maka Anda harus menjadi seseorang yang lebih kreatif. Dengan kreativitas, semua dapat dijadikan bisnis sampingan. Agar usaha yang Anda buka sesuai dengan perencanaan dan pertimbangkan besarnya kompetisi maka Anda harus melakukan survey kecil-kecilan terlebih dahulu. Bisa dimulai dari orang terdekat atau orang-orang di sekitar Anda.

Jenis Usaha Sampingan yang Menjanjikan

Usaha sampingan merupakan sebuah bisnis yang termasuk ke dalam skala kecil. Namun dari skala kecil ini, jika dijalankan dengan serius maka dapat menjadi bisnis dengan skala besar. Berikut beberapa usaha sampingan yang bisa Anda pilih.

Usaha Laundry

Di zaman yang serba praktis ini banyak orang yang menggunakan jasa laundry dari pada harus mencuci pakaiannya sendiri. Untuk itu ide untuk membuka usaha sampingan laundry menjadi cukup populer. Bisnis ini mulai banyak dijumpai terutama di daerah yang dekat dengan kampus ataupun tempat kerja. Agar sukses dalam menjalankan bisnis ini Anda harus pandai mencari celah untuk memulainya. Hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan adalah pangsa pasar. Seperti mencari tempat yang banyak terdapat mahasiswa dan karyawan. Untuk modal awal yang dibutuhkan cukup kecil, yakni Rp 7,5 juta saja.

Cuci Motor atau Mobil

Jenis usaha sampingan yang dapat Anda jalankan selanjutnya adalah membuka usaha cuci motor ataupun mobil. Bisnis ini memang tidak pernah sepi, bahkan banyak orang yang rela mengantri hingga berjam-jam. Kualitas dan tenaga yang dikeluarkan untuk mencuci motor atau mobil membuat pemilik kendaraan lebih memilih menggunakan jasa cuci profesional daripada mencuci sendiri. Membuka usaha sampingan cuci kendaraan bermotor dibutuhkan modal yang relatif kecil. Untuk pemula sebaiknya Anda memulai dengan usaha cuci motor terlebih dahulu. Untuk kebutuhan peralatan juga masih sederhana seperti pompa air kompresor, dan perlengkapan mencuci. Untuk modal awal biasanya sekitar Rp 2 juta hingga Rp 5 juta.

jenis usaha sampingan1

Desain Grafis

Jika Anda merupakan karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis maka usaha sampingan ini sangat cocok untuk Anda. Di sela-sela pekerjaan utama, Anda bisa menawarkan jasa desain kepada teman atau kenalan Anda melalui markeplace. Bisanya jasa desain yang banyak dicari adalah logo, baju, kartu nama, booth dan sebagainya. Untuk menjalankan usaha sampingan ini tidak dibutuhkan modal yang berarti. Namun Anda harus selalu menjaga kualitas jasa layanan Anda. Produk yang kreatif serta tepat waktu merupakan kunci sukses Anda.

Les Privat

Jasa mengajar juga merupakan salah satu jenis usaha sampingan yang menjanjikan. Atau jika pandai menguasai bahasa asing maka Anda dapat membuka les khusus bahasa yang Anda kuasai. Anda dapat memulai dari rumah ke rumah dan jika sudah mulai dikenal maka Anda dapat membuka tempat les sendiri di rumah. Sehingga Anda tidak perlu lagi mendatangi setiap rumah murid Anda. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini cukup kecil. Jika Anda berkeliling mengunjungi rumah murid maka modal yang dibutuhkan hanyalah biaya transportasi. Dan jika membuka les di rumah maka Anda cukup membeli peralatan tulis.

Penerjemah

Selain membuka les privat, Anda juga dapat memanfaatkan keahlian Anda mengenai bahasa asing untuk menjadi penerjemah bahasa. Untuk pemula, Anda dapat memulai menjadi penerjemah dokumen seperti makalah, artikel, skripsi dan sebagainya. Bisnis sampingan ini tentu saja sangat menguntungkan bagi Anda karena tidak perlu mengeluarkan modal yang berarti.

baca juga : jenis hobi yang mengasilkan uang

Itulah beberapa jenis usaha sampingan yang dapat Anda coba di rumah.

Loading...