Kerjasama Usaha Kecil Dalam Berbisnis Bersama

By Categories : Peluang Usaha

Seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan zaman, informasi yang berkaitan dengan jumlah lowongan suatu pekerjaan yang dibutuhkan semakin mengkhawatirkan. Dimana tenaga yang dibutuhkan dibanding dengan pencari kerja jauh lebih kecil, sehingga di sini kesempatan mendapatkan suatu pekerjaan akan semakin kecil pula.

Terlebih lagi dengan kemajuan teknologi, yang mengambil alih pekerjaan manusia di suatu perusahaan sehingga pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan. Keadaan yang seperti inilah yang membuat semakin parah bagi para pencari pekerjaan. Dengan usaha sendiri yang dilakukan, meskipun usaha itu kecil-kecilan akan mempunyai kesempatan besar untuk menambah perekonomian keluarga. Nah untuk kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kerjasama usaha kecil.

Kiat Menjalankan Kerjasama Usaha Kecil

kerjasama-usaha-kecil-bersama

Adapun kiat-kiat atau cara dalam menjalankan usaha kecil terdapat tiga macam. Pertama, yaitu kiat usaha secara efektif, dimana dalam menjalankan segala macam aktivitas yang berkaitan dengan bisnis ada beberapa hal yang diperhatikan sebagai permulaan dan persiapan awal. Beberapa hal tersebut diantaranya yaitu adanya niat serta kemauan yang kuat, maka akan membuat Anda menjadi lebih siap ketika menjalankan suatu usaha.

Disamping itu juga adanya motivasi yang sangat tinggi dalam diri Anda sehingga Anda menjadi lebih tergerak hatinya untuk mencapai tujuan dari dibuatnya bisnis tersebut. Selain itu dan motivasi, Anda juga perlu sungguh-sungguh dan pantang menyerah. Dengan demikian Anda diharuskan untuk lebih jeli ketika mempertimbangkan semua hal, baik dari keuntungan maupun resiko dari usaha yang Anda dirikan.

Cara dalam kerjasama usaha kecil yang kedua, yaitu ketika Anda memulai usaha. Dalam memulai suatu bisnis atau usaha, Anda jangan terlalu bernafsu untuk membuka bisnis atau usaha yang besar. Namun mulailah dengan hal-hal kecil seperti membuka usaha kecil rumahan. Seiring berjalannya waktu dan didukung dengan keuletan serta ketelitian Anda, maka perlahan bisa dikembangkan menjadi sedikit lebih besar. Dari sedikit demi sedikit itu nantinya akan menjadi sukses dan besar bisnis Anda.

Keuntungan dalam Kerjasama Usaha Kecil

Disamping adanya usaha serta mengetahui cara memulainya, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara membesarkan usaha kecil Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan kerjasama terhadap sesama usaha kecil. Ketika kerjasama bisa terjalin dengan baik, besar kemungkinan usaha Anda bisa menjadi lebih besar dari sebelumnya dengan waktu yang cepat. Dengan demikian kerjasama sangatlah penting untuk Anda lakukan dan Anda perhatikan dalam menjalankan suatu usaha kecil.

 Dalam melakukan kerjasama usaha kecil ini, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan. Salah satunya yaitu dengan kerjasama yang Anda lakukan, maka usaha yang Anda dirikan akan memiliki pihak kontrol yang mana terdapat pihak-pihak yang selalu memeriksa dan mengawasi jalannya usaha Anda untuk mencapai suatu kesuksesan bersama.

Namun demikian, sistem kerjasama juga bisa dilakukan dengan hanya melakukan penanaman modal dan tanpa ada pengawasan dari penanam modal terhadap usaha yang Anda jalankan. Untuk kerjasama penanaman modal ini biasanya sistem pembagian hasil sudah didiskusikan di awal dan disetujui bersama. Dengan demikian, kedua belah pihak akan sama-sama saling menguntungkan.

Siapapun yang menjadi mitra Anda dalam kerjasama usaha kecil, baik itu teman dekat, kerabat, rekan kerja, bahkan saudara sendiri ketika awal melakukan kerjasama maka perlu untuk membuat perjanjian yang dimulai dari hak, kewajiban, dan sistem pembagian hasil. Selain itu, perjanjian yang dilakukan harus secara tertulis dan bermaterai jika perlu. Hal ini untuk menghindari jika di tengah perjalanan ada sesuatu yang bisa merusak kerjasama.

Tips Memilih Partner Bisnis

  • Pilihlah partner yang saling melengkapi, bukan menimpa. Dalam menjalankan bisnis akan sulit jika dikerjakan sendiri. Karena hal tersebut akan menghambat perkembangan bisnis yang Anda miliki. Untuk itu, Anda harus memerlukan seorang partner bisnis yang memiliki keahlian di bidangnya. Jangan sampai Anda memilih partner kerja yang sesuai dengan keahlian Anda. Carilah partner kerja yang dapat saling melengkapi, bukan menimpa. Hal ini bertujuan untuk menutupi kelemahan Anda saat menjalankan bisnis.
  • Bagi peran, hak, serta kewajiban yang jelas. Dalam menjalankan bisnis bersama, masing-masing orang harus mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing. Peran dalam kerjasama bisnis adalah hal yang penting. Sesuaikan kemampuan dengan tanggung jawab dalam waktu tertentu. Jika memang bagus maka dapat dilanjutkan dengan kontrak yang lebih serius.
  • Berilah trial masa kerja untuk mengetahui kinerja calon rekan Anda. Hal tersebut penting untuk diperhatikan agar saat menjalankan bisnis tidak bingung apa yang akan dikerjakan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika Anda harus memberikan masa trial kerja agar Anda dapat menilai apakah orang tersebut cocok menjadi partner Anda atau tidak. Jika cocok, silahkan Anda lanjutkan kontrak kerja berikutnya.
Loading...