Keuntungan Usaha Kuliner dan Cara Memulainya

By Categories : Bisnis Kuliner

Keuntungan Usaha Kuliner dan Cara Memulainya – Anda tentu sudah mengenal bisnis dalam bidang kuliner baik makanan maupun minuman. Seperti yang dilakukan oleh penulis yang menekuni bisnis cemilan makanan ringan misal keripik singkong, keripik pisang, snack 2000 an dan usaha jualan es cream harga 1000. Penulis merasa cocok dengan bisnis kuliner karena perputaran uang sangat cepat. Sehingga jika anda ingin mendapatkan gaji secara harian atau omzet harian secara besar maka sangat tepat untuk menjalankan bisnis kuliner baik makanan dan minuman.
Keuntungan Usaha Kuliner dan Cara Memulainya
Hal ini menimbulkan persaingan yang sangat ketat dari bisnis kuliner. Namun karena beragamnya jenis makanan dan minuman membuat persaingan agak terpecah belah dan kecil. Tapi persaingan tetap ada. Hal itu wajar dalam dunia wirausaha. Misalnya di daerah penulis ada tiga gerai usaha minimarket yang berjualan kuliner. Jarak satu sama lain saling berdekatan. Lalu ada usaha jualan martabak harga Rp 7000 sebanyak 3 buah. Dan semuanya laris manis.

Keuntungan Usaha Kuliner

Laku keras bisnis kuliner tak terlepas dari pangsa pasar yang sangat besar dari bisnis ini. Perputaran uang sangat cepat. Dalam satu hari jenis makanan dan minuman habis. Maka keuntungan bisa diperoleh atau diprediksi. Lalu keesokan hari berjualan lagi. Begitu seterusnya. Namun ada sebagian jenis kuliner yang mengalami masa laris manis saat ini dan di masa depan antara lain usaha jajanan anak sekolah dengan lokasi dekat sekolah, usaha martabak mini dan roti bakar, bakso mie daging sapi, usaha berjualan es krim harga 1000, jualan kue jajanan anak harga 500, usaha jualan kerupuk dan keripik dan lain sebagainya.

Misalkan sobat menjual barang kebutuhan seperti tas dan pakaian maka konsumen hanya sekali beli. Selanjutnya tidak lagi karena barang masih ada dan awet. Berbeda dengan kuliner yang sekali makan habis lalu keesokan hari beli lagi. Atas kenyataan inilah penulis merasa nyaman berbisnis kuliner ketimbang jenis usaha lain. Tapi jika ada usaha lain yang lebih menjanjikan maka bisa saja membuka bisnis lain disamping usaha kuliner makanan dan minuman.

Apalagi sekarang ini mendekati bulan ramadhan dan menjelang hari raya lebaran, maka bisnis kuliner semakin merajalela. Di saat menjelang adzan maghrib, berjejer gerai usaha menawarkan kuliner berbuka puasa seperti minuman es, kolak, buah kurma dan lain sebagainya.

Pendek kata, sangat besar keuntungan bisnis kuliner ketimbang bisnis lainnya. Namun syarat untuk memulai usaha kuliner tidaklah mudah. Anda diharuskan menguasai cara membuat produk makanan dan minuman yang enak dan digemari para konsumen. Sebab percuma jika sobat membuat makanan dan minuman tapi rasanya tak enak. Sehingga tak ada orang yang membeli kuliner sobat.

Cara Memulai Usaha Kuliner

Lalu yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara memulai usaha kuliner? Mudah saja untuk membuka usaha kuliner. Pertama tentukan dulu jenis kuliner yang hendak dibuka. Apakah berupa makanan atau minuman yang hendak dijual? Setelah menentukan jenis kuliner, selanjutnya adalah bagaimana konsep yang hendak dijalankan. Apakah sistem waralaba atau franchise, kaki lima pinggir jalan atau menggunakan tenda warung. Semua itu keputusan berada di tangan anda.

Baca juga :

Tips Memulai Usaha Kuliner untuk Pemula

Kiat sukses membuka usaha kuliner tentu saja lokasi usaha yang strategis jika anda berjualan langsung. Misalkan tempat yang ramai oleh lalu lalang manusia. Biasanya berada di pinggir jalan raya. Dekat minimarket dan dekat pusat perbelanjaan. Namun jika sobat ingin untung besar maka sobat bisa memproduksi sendiri kuliner. Kemudian dititipkan ke sejumlah warung dan toko sembako dengan sistem konsinyasi.

Loading...