Kiat Sukses Bisnis Rental Mobil

By Categories : Peluang Usaha

Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kunjungan wisata maka semakin meningkat pula permintaan masyarakat terhadap armada wisata ataupun kendaraan lain yang bisa digunakan untuk jalan-jalan.

Dan Salah satu pelaku usaha yang memanfaatkan moment ini adalah para pelaku Bisnis rental mobil. Mungkin dari beberapa orang awam berfikiran bahwa untuk memulai hal seperti ini membutuhkan modal yang sangat besar. bahkan untuk membeli satu mobil saja mahalnya bukan main apalagi dengan ketersediaan puluhan mobil yang harus disewakan.

Sebenarnya untuk memulai bisnis rental mobil itu tidak memerlukan model sama sekali. Mungkin Anda akan bertanya “Yakin semua itu tanpa modal ?” Gak mungkin banget rasanya ?”. Sekali lagi saya katakan kepada Anda di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Setiap kesuksesan bisnis pasti memiliki rahasianya masing-masing yang di terapkan. Sedangkan keberhasilan pelaksanaannya itu tergantung dari cara Management usaha yang Anda laksanakan.

Waspadai Resiko Bisnis Rental Mobil

bisnis-rental-mobil

Mungkin Anda sangat penasaran bukan dengan resep rahasia bisnis rental mobil tersebut. Namun sebelum saya bahas mengenai resep ini, ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai dan merupakan sebuah peringatan untuk Anda. Resiko dari usaha ini adalah pada tingkat pengawasan, karena ada juga beberapa oknum nakal yang sengaja menyewa mobil namun tidak kunjung dikembalikan, bahkan sampai ada yang menjualnya ke pihak lain. Belum-belum kalau terjadi kecelakaan, pastinya dengan kejadian tersebut menambah beban biaya operasionalkan. Ada 3 cara untuk meminimalisir kerugian atas hal-hal tersebut.

1. Pasanglah GPS pada mobil yang anda sewakan, namun kekurangannya adalah harganya yang mahal untuk setiap unit GPS sehingga tidak semua pelaku usaha mampu untuk menyiapkan ketersedianya.

2. Alternatif kedua, asuransikan mobil yang anda sewakan ke pihak asuransi yang menu menanggung resiko seperti ini.

3. Kemudian buatlah peraturan bahwa setiap penyewaan mobil harus menjaminkan kendaraan atau motor dari si penyewa.

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sehingga dapat anda terapkan nantinya. Langsung saja seperti yang telah saya janjikan mengenai resep rahasianya dalam bisnis ini. Rahasia sukses yang akan saya berikan merupakan hasil wawancara saya terhadap beberapa pelaku usahanya langsung. Dan berikut resep rahasia menjalankan bisnis ini :

1. Jalinlah relasi dengan berbagai orang yang sekiranya memiliki mobil yang tak terpakai, lakukan beberapa kesepakatan dengannya, bahwa jika ia mau bekerja sama Anda akan memberikan beberapa keuntungan kepada pemilik mobil tersebut.

2.  Buatlah kartu nama tentang jasa rental mobil.

3. Untuk permulaan sebaiknya mulailah menjadi sopir Freelance sambil Anda mempromosikan kepada penumpang. bahwa Anda juga memiliki jasa seperti itu juga, tentunya dengan harga yang berbeda.

Dan berdasarkan pengamatan saya, untuk menyewa sebuah mobil terdapat beberapa paketan harga yang berbeda untuk setiap jenisnya. Biasanya hitungan tarifnya mulai per 6 jam sampai per 24 jam. Namun belum beserta dengan sopir. Jika ditambah sopir akan memiliki biaya tambahan sendiri. Untuk mendapatkan sopir, cukup dengan mencari sopir freelance yang sudah siap, biasanya kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa.

Secara khusus, Bagi Anda yang ingin memulai bisnis rental mobil dengan modal kecil, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips yang perlu Anda ketahui.

Tips bisnis rental mobil dengan modal kecil

  • Untuk menjalankan bisnis ini, Anda disarankan untuk memilih mobil yang diminati pasar. Beberapa tipe mobil yang menjadi pilihan adalah Avanza dan Xenia. Kedua mobil tersebut memiliki daya tampung besar, nyaman, dan irit bahan bakar. Untuk harga sewa kedua mobil tersebut juga cukup baik sekitar 300-400 ribu per 24 jam.
  • Hindari untuk menggunakan mobil bekas, karena biaya perawatan justru akan lebih mahal. Selain itu, penggunaan mobil bekas juga dapat mengurangi minat calon pelanggan. Perusahaan asuransi juga lebih menghargai mobil dengan kondisi baru dibanding dengan mobil bekas.
  • Jika Anda berniat menjalankan bisnis rental mobil namun dengan modal yang kecil, Anda dapat menghindari pembelian cash agar modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Ada dua cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan mobil baru tanpa mengeluarkan biaya besar, yakni dengan pembelian angsuran dan dengan cara leasing. Pemebelian angsuran dapart Anda ambil dari dealer dan melakukan kredit via bank. Anda perlu mengeluarkan dana untuk DP mobil, sedangkan angusuran dapat Anda peroleh dari sewa yang Anda dapatkan. Jika dengan cara leasing, Anda dapat menyewa pada pemilik mobil baru. Biasanya leasing berjalan 3 tahun dengan nilai sewa per bulan sekitar 3 juta rupiah.

Kiat sukses menjalankan bisnis rental mobil adalah keuletan Anda dalam menjalin relasi antar pebisnis lainnya. Jangan mudah menyerah jika nantinya Anda mengalami beberapa kendala pada saat menjalankan usah ini, bacalah peluang dari setiap kekurangan dan kegagalan. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, dan semoga bermanfaat untuk semuanya.

Loading...