Kisah Sukses Pengusaha Muda Indonesia

By Categories : Kisah Sukses

Kisah sukses pengusaha muda tentu sering dijadikan motivasi tersendiri bagi setiap orang dalam menjalankan usahanya. Dalam dunia bisnis, kesuksesan merupakan hal yang paling diinginkan oleh para pelaku bisnis. Kesuksesan dapat diraih oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Bahkan Tidak hanya orangtua, saat ini sudah banyak pengusaha muda Indonesia yang sukses menjalankan bisnisnya.

Namun perlu Anda ingat bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Selain waktu, tenaga dan pikiran juga dibutuhkan untuk menjadi seorang pengusaha muda. Sukses menjadi pengusaha di usia muda tentu akan sangat membanggakan. Kesuksesan finansial yang diperoleh tentu membuat seorang pengusaha lebih bersemangat dalam menjalankan bisnisnya.

Banyak kisah sukses pengusaha muda yang memulai bisnisnya dari nol dan butuh waktu yang lama dan berliku sebelum akhirnya sukses dan dapat menjadi inspirasi untuk Anda yang ingin mencoba dunia wirausaha. Selain tenaga dan pikiran, Anda juga harus selalu bersemangat dalam menjalankan bisnis agar kesuksesan lebih cepat diraih. Berikut beberapa kisah sukses para pengusaha muda Indonesia.

Kisah Sukses Pengusaha Muda dari Nol

Kisah sukses pengusaha muda

Reza Nurhilman

Apakan Anda mengenal kripik setan Maicih? Nah, Reza Nurhilman merupakan pemuda yang berada di belakang produk kripik yang terkenal ekstra pedas tersebut. Ia memulai bisnisnya sejak pertengahan tahun 2010 seorang diri ketika berumur 23 tahun. Untuk menjalankan bisnis ini, modal awal yang dikeluarkan Reza sebesar 15 juta rupiah. Dalam menjalankan bisnisnya, ia juga menggandeng produsen kripik lokal asal Bandung.

Awal menjalankan bisnis kripik Maicih, Reza memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya. Kemudian ia mengembangkan sayap dengan menerapkan sistem agen. Sistem agen tersebut diberi nama jenderal, tujuannya adalah agar produknya mampu menggapai konsumen lebih luas. Pada jenderal tersebut memasarkan produk dengan cara berkelling ataupun nomaden.

Pria kelahiran Bandung ini menganggap kunci sukses dalam menjalankan bisnis kripik pedas berasal dari cara berpikirnya yang out of the box, yakni sengaja tidak membuka toko seperti kebanyakan para penjual sehingga ia merasa produknya lebih eksklusif. Melalui media sosial para jenderal akan memberitahu lokasi berjualan setiap harinya. Cara pemasaran ini terbukti berhasil dan mengangkat nama Maicih di dunia maya. Ia mengaku dalam setengah tahun pertama, omzet kripik pedas tersebut mencapai Rp 7 miliar per bulan.

Gibran Rakabuming

Kisah sukses pengusaha muda selanjutnya berasal dari putra anak Presiden Republik Indonesia, Gibran Rakabuming. Saat ini nama putra pertama Presiden Joko Widodo ini mungkin sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka jika Nama Gibran merupakan salah satu pengusaha muda di Indonesia yang sukses menjalankan bisnisnya.

baca juga : bisnis kuliner dengan menu catering rumahan

Gibran merupakan pemilih sebuah bisnis yang bergerak di bidang kuliner dan wedding organizer bernama Chili Pari. Ia merintis usahanya sendiri tanpa campur tangan ayahnya, walaupun seperti yang kita ketahui bahwa Joko Widodo juga awalnya seorang pengusaha mebel di Surakarta. Ia memulai usahanya dengan mencari pinjaman uang ke Bank untuk modal usaha. Meski beberapa kali ditolak, akhirnya Gibran mendapatkan persetujuan oleh salah satu Bank dan pinjaman tersebut digunakan untuk mendirikan Chili Pari.

Karena kerja kerasnya saat ini Chili Pari menjadi usaha catering yang sudah banyak menangani order dalam jumlah yang besar. Bahkan tidak hanya itu, saat ini Gibran juga membuka usaha Markobar, yakni Martabak Kotabaru. Bahkan usaha ini sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia seperti Yogyakarta dan Semarang.

Hamzah Izzulhaq

Pemuda kelahiran 1993 ini merupakan pengusaha yang sukses di usia muda. Sejak kecil, Hamzah memang sudah memiliki bakat berbisnis. Semasa kecil ia sudah berjualan petasan, kelereng, dan koran. Bahkan ia juga pernah menjadi seorang juru parkir dan ojek payung. Ketika duduk dibangku SMA ia pernah ditawari usaha waralaba bimbingan belajar oleh seorang pengusaha muda yang sudah memiliki 44 cabang.

Dengan modal uang pribadi Rp 5 juta dan pinjaman dari ayahnya sebesar Rp 70 juta akhiranya ia membeli salah satu cabang dengan harga Rp 175 juta. Sisa uang pembayaran tersebut ia cicil dari keuntungan tiap semester. Semakin hari usahanya semakin berkembang, dan hingga saat ini Hamzah Izzulhaq telah memiliki 3 lisensi waralaba bimbingan belajar dengan jumlah siswa mencapai 200 orang tiap semester. Dan pada tahun 2011 bisnis yang dijalankan telah resmi berbadan hukum bernama CV Hamasa Indonesia. Saat ini Hamzah izzulhaq merupakan direktur utama dari CV tersebut.

baca juga : contoh bisnis modal kecil dengan untung besar

Itulah beberapa kisah sukses pengusaha muda Indonesia yang dapat dijadikan inspirasi oleh Anda. Perlu Anda ketahui bahwa kesuksesan bukan berasal dari modal yang Anda miliki tetapi dari kerja keras, semangat, dan terus optimis dalam menjalankan usaha.

Loading...