Langkah Awal Memulai Bisnis Salon Kecantikan

By Categories : Bisnis Modal Kecil

Bisnis salon kecantikan merupakan salah satu jenis usaha modal kecil yang menguntungkan. Maka jangan heran jika banyak orang yang membuka bisnis yang satu ini. Namun dalam memulai usaha salon kecantikan membutuhkan rencana-rencana sebagai langkah awal agar bisnis yang dijalankan bisa maju dan berkembang. Nah bagi Anda yang berencana membuka usaha yang satu ini simak saja ulasan berikut ini agar lebih siap dan matang saat bisnis sudah berjalan nanti.

Seperti yang kita ketahui memiliki wajah yang cantik dan selalu segar merupakan idamanĀ  bagi setiap wanita. Oleh karena itu para wanita setidaknya akan mengunjungi salon kecantikan beberapa kali agar tampilan selalu optimal dalam setiap kesempatan. Tak hanya itu saja, bahkan banyak wanita yang memiliki budget pas-pasan namun ia tetap saja mengunjungi salon kecantikan. karena bagi para wanita, merawat diri adalah hal wajib yang dilakukan.

Latar belakang itulah yang saat ini membuat usaha salon kecantikan semakin menjamur. Namun meskipun ada banyak sekali salon kecantikan, tak menutup kemungkinan Anda juga akan memiliki pelanggan tetap. Hanya saja dibutuhkan persiapan dan inovasi terbaru untuk mengembangkannya. Anda juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum memulai usaha ini.

Lalu hal apa saja yang harus disiapkan sebelum membuka salon kecantikan? Simak ulasannya berikut ini.bisnis-salon-kecantikan

Langkah Awal Memulai Bisnis Salon Kecantikan yang Perlu Diperhatikan

Mengikuti Kursus Pelatihan Keahlian

Langkah yang pertama adalah dengan mengikuti kursus atau pelatihan keahlian. Keahlian ini tentu saja sangat penting dimiliki oleh seseorang yang akan membuka salon kecantikan. Sebab dengan memiliki sertifikat keahlian pastinya pelanggan akan lebih percaya dengan Anda. Baik orang awam ataupun seseorang yang sudah mengenal tentang make up me make up, potong rambut, creambath dan kecantikan lainnya, harus memiliki sertifikat yang satu ini.

Baca juga strategi bisnis Medina Zein, hijabers muda dengan omzet miliaran rupiah

Untuk biaya dan lama waktu kursus tersebut tergantung paket kursus yang Anda pilih. Pastikan Anda memilih kursus yang sudah terkenal agar kemampuan Anda bisa lebih baik. Di sela-sela waktu, Anda juga bisa meminta sahabat, saudara ataupun keluarga menjadi model untuk Anda make up. Hal ini sangat berguna untuk melatih keahlian Anda.

Tentukan Tempat Usaha

Setelah menguasai semua teknik kecantikan, langkah selanjutnya yang harus disiapkan adalah tempat usaha. Pastikan Anda memilih tempat strategis agar diketahui oleh banyak orang. Tak hanya lokasi saja yang ditentukan. Pemilihan desain dan dekorasi tempat usaha juga sangat penting untuk diperhatikan. Desainlah ruang tunggu senyaman mungkin agar para pelanggan tidak merasa bosan menunggu di salon kecantikan Anda.

Untuk warna catnya pun bisa disesuaikan dengan selera. jika ingin tampilan salon lebih mewah Anda bisa memilih warna gold atau silver. Warna hijau juga sangat disarankan karena warna ini sangat bagus untuk kesehatan mata.

Siapkan Alat dan Bahan

Ini hal terpenting yang harus diperhatikan. Seperti yang Anda lihat di salon kecantikan ada beberapa alat dan perlengkapan yang harus ada di salon tersebut. Mulai dari kursi salon, pemanas rambut, hairdryer, kaca besar, meja dan pancuran cuci rambut, peralatan salon seperti gunting, handuk, sisr dan lainnya serta bahan-bahan seperti shampoo, pelembab, tonic dan cream.

Di samping menjual beberapa keahlian yang Anda miliki, Anda juga bisa mengembangkan bisnis salon kecantikan dengan menjual beberapa produk kecantikan milik sendiri atau orang lain. Ini tentu saja dapat menambah pundi-pundi rupiah yang masuk ke dalam kantong Anda.

Lakukan Promosi

Umumnya ada beberapa cara promosi terbaik yang bisa dilakukan agar usaha Anda semakin berkembang. Mulai dari promosi online hingga offline. Untuk online Anda bisa promosi lewat blog, youtube ataupun media sosial lainnya. Untuk promosi youtube Anda bisa mengupload tutorial make up, tatanan rambut untuk pesta dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk promosi online Anda bisa memberikan mercandhise jika pelanggan melakukan perawatan sebesar misalnya Rp 200 ribu ataupun lebih. Atau Anda juga bisa memberikan diskon pada pelanggan yang berulang tahun yang datang ke salon Anda. Bagaimana? Cukup menarik bukan?

Baca juga cara promosi dalam memulai bisnis yang tepat

Lakukan Usaha Tambahan

Jangan hanya menjual kemampuan dan beberapa produk perawatan, Anda juga bisa merambah bisnis pada penyewaan pakaian pengantin ataupun wisuda atau membuka kursus salon untuk seseorangĀ  yang berminat.

Nah itulah beberapa langkah yang perlu diperhatikan sebelum membuka bisnis salon kecantikan.

Loading...