Macam-Macam Usaha Kecil-Kecilan Untuk Memulai Bisnis

By Categories : Peluang Usaha

Bisnis adalah lahan berkreasi yang menguntungkan apalagi jika bisnis itu adalah milik anda sendiri. Sekecil apapun usaha jika dijalankan dengan benar akan memberikan kepuasan dan keuntungan yang tidak bisa dianggap remeh lho. Namun bagaimana jika modal yang dimiliki tidak besar? Tenang, tidak semua usaha yang kini besar berawal dari keuangan yang besar juga kok.

Bahkan banyak di antara mereka yang benar-benar merintis usahanya dari angka terendah. Lalu dijalankan dengan manajemen dan pelayanan yang baik menggeliat menjadi mega bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan yang tak terkira. Nah, apakah anda calon pebisnis sukses masa depan? Yuk, simak review tentang macam-macam usaha kecil-kecilan yang bisa anda jadikan referensi untuk memulai minat bisnis anda.

Macam – Macam Usaha Kecil – Kecilan

 1. Usaha kue

macam-macam-usaha-kecil-kecilan

Makanan adalah satu satu sektor bisnis yang bisa dikatakan tidak mengenal musim. Nah, bagi anda yang mempunyai keterampilan khusus di bidang mencetak kue-kue enak, anda bisa lho menjadikan keahlian tersebut menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Keuntungan lain dari usaha kue ini, anda jadi tahu bagaimana sih membuat resep-resep baru dengan kreasi yang baru pula yang sesuai dengan trend yang sedang booming. Untuk permulaan usaha, anda bisa menjajakannya sendiri atau menitipkan di warung makan atau kantin sekolahan. Dengan kualitas masakan yang baik dan kemasan yang menarik pasti membuat kue-kue anda laris manis diborong oleh pembeli.

2. Jualan pulsa

Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyakarat masa kini. Tak hanya pulsa telepon untuk komunikasi, juga sekarang sudah dikembangkan pulsa isi ulang listrik. Fenomena jaman ini bisa anda manfaatkan lho dengan menjadikannya sebuah bisnis yang tidak membutuhkan modal terlalu besar. Selain itu, usaha jualan pulsa tidak memerlukan tempat khusus, cukup memanfaatkan ruangan kosong di bagian depan rumah anda, sulap menjadi counter kecil yang nyaman. Barengi pula dengan pelayanan terhadap pelanggan yang baik akan membantu anda mengembangkan usaha ini.

3. Toko kelontong

Poin ketiga dari review macam-macam usaha kecil-kecilan ini adalah toko kelontong. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan toko kebutuhan pokok ini sangat dibutuhkan terutama bagi penduduk yang tinggal relatif jauh dari pusat kota. Usaha satu ini tidak membutuhkan modal terlalu besar namun anda harus berhati-hati dalam memulai usaha ini. Pastikan anda mengetahui dengan tepat kebutuhan yang sering tetangga sekitar dan orang kebanyakan butuhkan, lalu stock. Usahakan agar barang dagangan tersebut fast moving supaya toko kelontong terkesan baik dan berkualitas baik.

4. Toko online

Beberapa waktu belakangan ini, usaha online memang sedang marak karena tidak bisa dipungkiri di jaman globalisasi ini masyarakat lebih banyak menggunakan internet sebagai media komunikasi. Fenomena ini bisa anda manfaatkan untuk membuka bisnis anda lho. Cari sektor bisnis yang bisa anda kuasai dan mempunyai keuntungan yang setidaknya sepadan dengan tingkat resiko yang akan anda hadapi, contohnya toko online baju. Namun anda juga perlu berhati-hati karena kepercayaan adalah modal utama yang berlaku di bidang usaha satu ini.

5. Membuka usaha jahit

Saat ini membuka usaha jahit merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Alasannya adalah banyak orang yang ingin memiliki busana dengan model dan ukuran tertentu. Selain itu, penjahit pakaian juga kerap diburu oleh para pegawai negeri maupun swasta untuk membuat pakaian dinas mereka. Hal tentu sangat potensial karena pakaian dinas merupakan hal wajib yang harus dikenakan para pegawai. Untuk tahun ajaran baru, usaha jahit juga akan lebih menghasilkan karena banyak orang tua siswa yang membuat baju seragam untuk anaknya.

6. Membuka usaha laundry

Membuka usaha laundry juga dapat menjadi pilihan Anda selanjutnya. Usaha kecil-kecilan untuk memulai bisnis ini sangat cocok jika Anda jalankan disekitar kos-kosan atau area kampus yang banyak mahasiswa. Hal ini karena biasanya para mahasiswa yang tinggal di kos-kosan lebih memilih menggunakan jasa laundry dibandingkan harus mencuci sendiri di kostnya. Perkembangan bisnis cukup pesat, ini terbukti dari banyaknya tempat laundry yang menawarkan pelayanan khusus seperti paket kilat, yakni hanya dengan waktu 3 jam agar pakaian siap digunakan. Atau tempat laundry yang menawarkan antar jemput pakaian kepada pelanggan, menyediakan sistem pembayaran per bulan dengan harga yang lebih murah. Jika Anda sudah memiliki modal yang cukup dan tempat usaha yang strategis maka segeralah membuka usaha ini.

7. Bergabung dengan franchise

Saat ini tidak hanya bisnis besar yang difranchisekan tetapi bisnis kecil juga sudah banyak berkembang dengan sistem ini. Untuk anda yang baru memulai usaha dan minim tentang pengetahuan bisnis. Cara ini bisa anda coba.

How’s so far? Apakah sudah menemukan bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlian anda? Tantang diri anda untuk menjajal jiwa pebisnis yang mungkin tersembunyi di balik padatnya aktivitas anda. Siapa tahu usaha yang anda dirikan nanti akan menjadi lahan pemasukan utama anda, who knows kan? Demikian review tentang macam-macam usaha kecil-kecilan ini, semoga bermanfaat. Salam sukses!

Loading...