Makanan Yang Laris Di Bulan Puasa

By Categories : Bisnis Kuliner

Makanan Yang Laris Di Bulan Puasa – Hari demi hari bergulir. Tak terasa hari berganti hari. Bulan berubah bulan. Dan pergantian tahun silih berganti. Sehingga kita menapaki tahun 2017. Dan sebentar lagi datang bulan Ramadhan yang dikenal pula dengan istilah bulan puasa yang suci dan berkah. Banyak hal yang berubah pada saat ini terutama dalam pola makan yang biasanya siang hari makan jadi malam hari dan sahur. Pada Ramadhan seorang muslim harus mampu menahan lapar dari subuh hingga menjelang maghrib. Lalu bagi pengusaha kuliner, pertanyaannya adalah makanan apa saja yang jualan laris di bulan puasa?

kolak saat puasa

Sebenarnya makanan dan minuman apapun yang menyegarkan pastinya akan laku keras di bulan puasa. Terutama makanan manis pada saat menjelang maghrib atau berbuka. Hilir mudik manusia baik berjalan kaki maupun menggunakan sepeda motor dan mobil melaju di atas aspal jalan untuk mencari kuliner takjil dan menu buka puasa. Berderet para penjual jajanan bulan puasa paling laris yaitu kurma dan kolak serta minuman sop buah.

Makanan Yang Laris Di Bulan Puasa

Sebagai panduan lengkap, inilah makanan yang laris manis di bulan ramadhan berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis di lapangan, antara lain :

Kurma

Siapa sih yang tak mengenal makanan kurma? Bagi umat Islam tentu mengenal kurma sebagai salah satu makanan khas di bulan ramadhan. Rasulullah SAW menganjurkan agar berbuka puasa terlebih dahulu makan kurma beberapa butir. Hal ini menurut ilmu kesehatan mampu meningkatkan hormon dan daya tahun tubuh yang sebagian hilang selama berpuasa. Bukan hanya menjadi kuliner khas bulan puasa, kurma juga seringkali dijadikan oleh-oleh bagi para jemaah haji di tanah air.

Pendek kata, bukan hanya menurut Rasulullah SAW dianjurkan makan kurma. Tapi berdasarkan penelitian laboratorium terkini bahwa kurma mengandung banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh manusia, antara lain menjaga tulang dan gigi tetap kuat, mengantisipasi anemia, melancarkan pencernaan, mempertahankan kesehatan mata, mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menjadikan kurma sebagai aneka jajanan bulan puasa yang terlaris hingga saat ini.

Kolak

Kuliner berikutnya yang sering dijumpai tatkala menjelang buka puasa adalah kolak. Makanan yang rasanya manis seperti rasa kurma ini digemari banyak orang sebagai menu takjil. Kolak yang disajikan bisa berbagai macam seperti kolak pisang, kolak ubi jalar, kolak singkong, kolak kolang kaling dan lain-lain. Pokoknya sesuai anjuran Rasulullah SAW kolak dan kurma merupakan makanan manis yang perlu dikonsumsi tubuh sebagai menu pembuka puasa. Harga kolak terjangkau sekitar Rp 5000 perporsi.

Bubur Sumsum

Makanan yang pantas dinikmati ketika buka puasa dan laris manis adalah bubur sumsum. Resep takjil mudah dan murah ini sangat gampang. Bahan baku yang perlu dicampurkan adalah tepung beras ditambah daun pandan. Aduk-aduk di atas wajan dengan diberi air. Setelah mengental diamkan beberapa menit. Kemudian buat kuah dari gula merah. Setelah itu, anda bisa menikmati bubur sumsum yang lezat dan menyegarkan.

Bubur Ayam

Inilah kuliner yang laku keras pada bulan Ramadhan dan bulan selainnya. Bubur ayam sering kita jumpai di pinggir jalan raya dengan konsep usaha gerobak maupun kantin. Makanan ini seringkali dijadikan menu buka puasa. Sehingga ketika menjelang sahur dan saat maghrib banyak orang yang berburu kuliner bubur ayam yang enak dan lezat ini. Apalagi ditambahkan taburan daging ayam dan kerupuk menambah lezat makanan ini.

Demikianlah makanan yang laris di bulan puasa berdasarkan pengalaman langsung penulis. Jika anda seorang pengusaha kuliner tidak ada salahnya bersiap memulai usaha makanan di atas agar usaha selalu menguntungkan.

Loading...