Mencari Ide Usaha Kreatif dan Mengembangkannya

By Categories : Peluang Usaha

Ide usaha kreatif – Dengan semakin berkembangnya zaman, sekarang banyak bisnis yang bermunculan, apalagi sekarang Masyarakat Ekonomi ASEANĀ akan datang ke Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia dituntut supaya dapat bersaing dengan pendatang. Sekarang ijazah dalam persaingan sudah tidak ada harganya, karena yang dibutuhkan adalah keahlian dan kreatifitas. Jadi untuk mengahadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN anda harus mempersiapkan diri dengan kemampuan yang mumpuni .

Memilih ide usaha kreatif

Di Indonesia sudah menjamur berbagai bisnis dalam segala bidang, sehingga apabila anda ingin terjun di dunia bisnis anda harus memiliki persiapan untuk bersaing. Anda harus mencari usaha yang dirasa masih langka tetapi menjanjikan untuk ditekuni, apabila anda ingin sukses maka jangan pernah meniru usaha orang lain, anda harus mencari sesuatu yang berbeda tetapi sesuai dengan kemampuan anda.

ide-usaha-kreatif

Dalam dunia bisnis untuk mencapai kesuksesan pada umumnya harus mengalami kegagalan dahulu, jadi jangan pernah menyerah apabila anda mengalami kegagalan karena itu adalah awal kesuksesan anda, jadi selalu berusaha dan selalu mencoba untuk mencapai target. Apalagi jika anda masih muda maka itu adalah waktu yang tepat untuk bekerja keras karena kesuksesan juga tidak dapat dicapai secara instan.

Dan tidak ada salahnya untuk menambah motivasi anda perlu membaca tentang para entrepreneur yang sukses sehingga anda dapat belajar dari prinsip-prinsip yang diterapkan ketika menjalankan bisnis. Para pengusaha sukses memiliki banyak pengalaman karena mereka pernah mengalami kegagalan jadi apabila anda ingin seperti mereka jangan pernah takut untuk sukses.

Mencapai Ide Usaha Kreatif

Bagi anak muda sekarang, lebih banyak menggunakan ide usaha kreatif dalam membangun bisnisnya sehingga dengan modal yang kecil mereka berusaha mendapatkan untung yang besar, tetapi usaha ini memang membutuhkan keahlian.

Seperti usaha pembuatan baju, bros, dan tas dari kain perca, biasanya kain perca dibuang oleh penjahit karena sudah tidak digunakan tetapi sebenarnya dengan kain tersebut anda bisa menghasilkan karya yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, dan sekarang dipasaran juga beredar produk dari kain perca baik dalam bentuk barang pakai atau yang lain, sehingga apabila anda ingin menjalankan bisnis ini anda hanya perlu mencari karya yang dapat anda hasilkan dari kain perca tersebut.

Sebenarnya untuk mengolah kain perca tersebut menjadi barang pakai memang tidak cukup mudah karena butuh keahlian, tetapi apabila anda ingin mencoba dan belajar anda juga dapat melakukannya.

Banyak pengusaha muda sekarang yang memilih usaha dengan menggunakan kreatifitasnya yaitu dengan menggunakan barang yang sudah tidak digunakan sehingga tidak harus mengeluarkan banyak modal. Jadi apabila anda ingin membuka usaha tidak ada salahnya memilih usaha seperti itu, anda dapat mencari bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai sesuatu yang berguna baik sebagai barang pakai atau hanya sebagai hiasan karena yang terpenting memiliki nilai ekonomis. Dan pada umumnya produk dari bahan yang tidak digunakan apabila hasilnya menarik maka akan memiliki kesan tersendiri sehingga membuat konsumen akan tertarik, jadi kembangkan segala keahlian anda dalam berkreatifitas.

Anda dapat menemukan ide usaha kreatif dari lingkungan anda, tetapi itu semua juga harus ditunjang dengan keahlian jadi selalu asah kemampuan yang anda miliki karena itu dapat menjadi modal utama dalam sebuah bisnis yang besar. Pegang prinsip yang kuat untuk menjadi sukses dan selalu mencoba untuk selalu berkarya, karena semua akan memiliki nilainya.

Untuk menemukan ide bisnis yang dapat dibilang inovatif, setidaknya ada beberapa inspirasi yang dapat menjadi acuan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Brainstorming

Brainstorming merupakan proses untuk mengeluarkan apapun ide yang terlintas di pikiran anda. Ide ini bisa saja ide yang baik, ide biasa-biasa saja, unik, lucu bahkan konyol. Tugas anda adalah mencatat ide-ide bisnis tersebut untuk kemudian menyaringnya berdasarkan kriteria anda. Brainstorming lebih baik dilakukan dalam sebuah kelompok atau minimal dua orang agar bisa saling memberikan feedback.

Lakukan riset produk dan bisnis

Melakukan riset produk merupakan cara yang tepat untuk memastikan produk atau usaha yang akan Anda jalankan dan mampu mendapatkan tempat di pasar. Anda dapat melakukannya dengan cara browsing di internet. Saat ini banyak sekali ide produk kreatif yang tersebar di internet. Dari penelusuran tersebut dapat membantu Anda untuk memadukan beberapa produk yang sudah ada serta membuatnya kembali menjadi sebuah bisnis yang lebih inovatif.

Belajar dari kesuksesan bisnis lain

Bisnis yang sudah sukses tentu memiliki banyak keunggulan. Dengan mengetahui keunggulan-keunggulan tersebut, Anda dapat membangun bisnis yang serupa namun dapat memberikan nilai lebih dan berbeda dengan bisnis aslinya. Konsep ini biasanya diterapkan oleh para pebisnis profesional, yakni mengamati, meniru, dan memodifikasi. Artinya setiap Anda pergi ke suatu tempat, apa yang Anda jumpai dapat dijadikan ide bisnis yang dapat Anda tiru dengan cara yang lebih kreatif.

Belajar dari masalah orang lain

Untuk menemukan ide usaha kreatif juga dapat dilakukan dengan mempelajari serta menganalisa masalah yang banyak dikeluhkan orang mengenai usaha mereka yang sudah berjalan. Dalam tahap ini, Anda dapat mencari informasi mengenai permasalahan yang sering terjadi dalam dunia usaha. Kemudian carilah solusi untuk dapat diterapkan di bisnis Anda.

Loading...