Mencari Peluang Bisnis Waralaba dan Investasi Modal Kecil

By Categories : Bisnis Modal Kecil

Bagi seseorang yang ingin menjadi seorang pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup akan kebutuhan awal suatu usaha dan kelanjutan usaha maka cara yang bisa di ambil adalah dengan Bisnis waralaba. Di Indonesia sendiri system waralaba sudah berjalan lama yaitu sejak tahun 1950-an dan berjalan sampai sekarang. Bisnis ini banyak dipilih oleh orang yang ingin memiliki bisnis secara instan tetapi terikat dengan sebuah kesepakatan.

Pengertian Bisnis Waralaba di Indonesia

Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia No. 259/MPR/Kep/7/1997 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba, pengertian Waralaba sendiri adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki oleh pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan dalam rangka menyediakan dan atau penjualan barang dan jasa.

bisnis-waralaba-modal-kecil

Dengan pengertian tersebut sehingga banyak orang yang lebih memilih bisnis ini, itu karena resiko yang dapat terjadi lebih kecil bila dibandingkan membangun usaha dari awal, selain itu system waralaba mempunyai prosedur dan marketing yang sudah siap pakai sehingga dapat menghemat waktu, tenaga dan juga pikiran bagi pewaralaba.

Mencari Bisnis Investasi Modal Kecil

Untuk dapat memiliki bisnis waralaba, maka anda juga membutuhkan modal yang cukup. Ongkos awal biasanya yang perlu dipersiapkan yaitu mulai dari Rp. 10 juta sampai Rp. 1 M. besarnya ongkos awal disesuaikan dengan pengeluaran oleh pemilik waralaba untuk membangun tempat usaha sesuai dengan spesifikasi pengwaralaba dan juga ongkos penggunaan HAKI. Jadi apabila anda memiliki modal kecil maka sebaiknya anda mencari bisnis waralaba yang memiliki ketentuan investasi yang sesuai dengan modal anda. Karena setiap bulan pewaralaba juga harus membayar royalty sehingga anda harus dapat memperhitungkan kelancaran bisnis yang akan anda pilih.

Selain bisnis waralaba, sebenarnya apabila anda memiliki modal tetapi tidak punya waktu anda dapat mencoba mendirikan bisnis kecil-kecilan, dan anda dapat menyerahkan bisnis tersebut kepada orang lain jadi anda hanya ikut andil dalam pemberian modal, modal tersebut anda investasikan sehingga setiap bulan anda akan tetap mendapatkan pemasukan. Jadi manfaatkan setiap peluang bisnis yang ada, dan jangan pernah takut gagal pada dunia bisnis, karena apabila anda memulai bisnis dari yang kecil itu akan semakin lebih mudah untuk menjadikan usaha anda menjadi besar.

Tips Mencari Peluang Bisnis

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin ketat persaingan bisnis apalagi dengan masuknya masyarakat ekonomi asean di Indonesia maka masyarakat Indonesia harus siap untuk bersaing, sehingga anda harus peka terhadap segala kesempatan kerja yang ada, dan untuk mempersiapkan diri anda perlu meningkatkan kemampuan baik dari skill, ilmu, maupun mental. Sekarang ini peluang bisnis yang ada semakin banyak tetapi anda harus cermat dalam memilih bisnis yang tepat dan menguntungkan. Tetapi akan lebih menguntungkan bila anda memiliki keahlian dan modal kemudian membangun bisnis sendiri.

Bisnis waralaba yang banyak diminati di Indonesia adalah tempat makanan siap jadi, jadi apabila anda ingin mencoba bisnis ini anda perlu menyesuaikan dengan modal yang ada dan juga cari merk yang sudah dikenal di masyarakat sehingga anda hanya melanjutkan dalam pemasarannya. Dan apabila anda sebagai pemula memang sebaiknya mengindari resiko kerugian yang besar karena sebagai pembelajaran dalam dunia bisnis.

Loading...