Menjalankan Bisnis Tanaman Hidroponik di Rumah

By Categories : Peluang Usaha

Tanaman Hidroponik di rumah saat ini banyak digandrungi oleh pecinta tanaman di Indonesia. Bahkan tidak sedikit yang memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang usaha. Bisnis tanaman hidroponik memang mampu memberikan hasil yang lebih dari sekedar pertanian biasa. Awalnya usaha hidroponik identik dengan lahan yang cukup luas dan dengan pengelolaan di bawah pakar pertanian. Namun saat ini, tanaman hidroponik sudah menyebar hampir di semua kalangan.

Hidroponik merupakan metode penanaman tumbuhan dengan cara memanfaatkan air sebagai media tanamnya. Pengertian hidroponik lainnya adalah menaman tumbuhan tanpa menggunakan tanah. Secara sederhana hidroponik adalah cara budidaya tanaman dengan menggunakan air yang diperkaya dengan bagai nutrisi. Dengan metode ini maka akan mempermudah mengendalikan hama dan pencahayaan. Metode ini sangat ramah lingkungan karena tidak membutuhkan pestisida, sehingga hasil tanaman yang dihasilkan lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Tanaman Hidroponik di rumah

Menanam tanaman hidroponik di rumah tentu lebih mudah karena metode ini tidak membutuhkan air yang banyak seperti menaman dengan menggunakan media tanah. Cara ini memang lebih efisien dan dapat dimanfaatkan meskipun dengan lahan yang terbatas.

Alasan Menanam Tanaman Hidroponik di Rumah

Saat ini mulai banyak bermunculan komunitas pecinta tanaman hidroponik. Tidak hanya sebagai hobi, mereka juga memanfaatkannya sebagai bisnis yang cukup menjanjikan. Berikut beberapa alasan orang memilih tanaman hidroponik.

Mudah Dikembangkan

Hidroponik merupakan salah satu metode budidaya yang cukup mudah dikembangkan. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis yang satu ini, Anda harus mengetahui beberapa teknik dasar menanam tanaman hidroponik. Dengan pangsa pasar yang cukup luas, tanaman hidroponik saat ini sudah menjadi budidaya tanaman yang memiliki kelas dengan prospek yang menjanjikan.

baca juga : tips usaha budidaya tanaman hias

Hemat Tempat

Alasan menanam tanaman hidroponik di rumah selanjutnya adalah tidak memerlukan lahan yang luas. Anda dapat memanfaatkan lokasi yang sempit untuk menjalankan usaha ini. Dengan lahan yang sempit tersebut Anda masih berpeluang sukses dengan usaha tanaman hidroponik. Untuk ukuran dari wadah larutan akan disesuaikan dengan ukuran tanaman yang Anda budidayakan.

Media yang Mudah

Jika Anda menjalankan usaha tanaman hidroponik di rumah, maka Anda dapat memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar Anda untuk membudidayakan tanaman hidroponik. Beberapa barang yang bisa Anda manfaatkan adalah ember, gelas, botol minuman, toples, dan barang-barang lainnya yang dapat membantu Anda untuk menjalankan bisnis ini.

Perlu Anda pastikan jika media bekas tersebut harus bening dengan cara melapisi menggunakan aluminium foil, plastik, ataupun cat dengan tujuan cahaya ditolak untuk masuk. Dengan begitu akan mengurangi risiko tumbuhnya lumut. Karena tidak menggunakan media tanah sehingga dapat memudahkan dalam menjalankan bisnis ini.Tanaman Hidroponik di rumah1

Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas maka akan dapat membantu dalam menjalankan budidaya tanaman hidroponik ini. Tanaman tanpa menggunakan bahan kimia tentu jauh lebih sehat untuk dikonsumsi. Peluang ini yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari konsumen yang benar-benar mementingkan kualitas. Dengan lahan yang luas dan kualitas tanaman terjamin maka Anda juga akan mendapatkan penghasilan yang menguntungkan.

Sesuaikan Lahan dengan Tanaman

Untuk masalah lahan Anda tidak perlu bingung karena hal ini dapat disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan Anda tanam. Lahan luas ataupun sempit tetap memiliki peluang dari segi tanaman yang dapat tumbuh menggunakan media hidropinik.

Contoh tanaman yang bisa Anda pilih adalah selada air, sawi, timun, brokoli, serta tanaman hijau lainnya. Pertumbuhan subur dengan metode yang sederhana dapat memberikan skala khusus bagi pengembang untuk menjadikannya sebagai pilihan prospek masa depan. Selain sayuran hijau, tanaman hidroponik yang dapat dipilih adalah cabai dan tomat. Kedua tanaman tersebut dipercaya dapat hidup dengan baik menggunakan metode hidroponik.

Modal Minim dan Menggiurkan

Menaman tanaman hidroponik di rumah membutuhkan modal yang tidak terlalu besar . Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah media tanam, itupun dapat Anda ganti dengan barang-barang bekas. Kemudian pembibitan serta alat filter air. Jika Anda berhasil menanam dan memasuki masa panen maka hasilnya akan jauh dibanding modal awal. Seperti kita ketahui bahwa harga sayuran hidroponik jauh lebih mahal dibandingkan dengan sayuran biasa yang ditanam menggunakan media tanah.

Untuk proses pemasaran juga Anda tidak perlu khawatir. Saat ini hampir semua hotel dan restaurant berkelas menggunakan tanaman hidropomik sebagai bahan baku masakannya. Sehingga Anda cukup menawarkan ke beberapa hotel dan restaurant untuk memasarkan produk Anda. Jika mereka cocok dengan produk yang Anda tawarakan maka ini merupakan target pasar yang sangat menjanjikan.

baca juga : peluang usaha kecil menengah yang potensial

Semakin berkembangnya zaman tanaman hidroponik di rumah bahkan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan saja. Banyak dari mereka yang menjadikan tanaman hidroponik sebagai hiasan rumah yang unik serta dapat memberikan kesan mewah.

Loading...