Modal Usaha Cafe Sederhana Namun Menguntungkan

By Categories : Bisnis Kuliner

Modal usaha cafe memang sangat bervariatif, mulai dari tanpa modal hingga modal yang besar. Saat ini banyak sekali cafe yang dapat kita jumpai. Cafe-cafe yang ada biasanya memiliki konsep tersendiri dalam memajukan usahanya. Misalnya cafe dengan tema khusus, atau cafe yang menyediakan menu andalan dan tidak ada di cafe lainnya. Apapun jenis cafe tersebut tentu tujuannya adalah untuk menarik pelanggan dan mendapatkan keuntungan.

Cafe merupakan tempat makan dan minum seperti halnya restaurant, namun yang membedakan adalah cafe lebih kecil dibandingkan dengan restaurant. Untuk makanan yang disediakan juga tidak selengkap di restauran. Cafe sendiri dapat dengan mudah di jumpai di sudut-sudut kota. Biasanya cafe identik dengan tempat nongkrong anak muda.

Modal usaha cafe1

Jika Anda berminat untuk membuka usaha cafe namun terkendala modal maka Anda tidak perlu khawatir. Ada masih dapat membuka bisnis ini dengan modal usaha cafe yang sedikit namun tetap menguntungkan. Buatlah cafe yang sederhana namun dengan konsep yang matang. Konsep cafe tersebut yang nantinya berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis Anda.

Menjalankan Bisnis dengan Modal Usaha Cafe Kecil

Usaha cafe memang sangat potensial, ini terlihat dari banyaknya anak muda zaman sekarang yang hobi datang ke cafe, baik untuk makan, berkumpul bersama teman, atau melakukan pertemuan dengan orang. Usaha cafe akan lebih menarik jika Anda mengetahui selera anak muda, misalnya dalam mendesain ruangan serta menyediakan fasilitas yang lengkap. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka usaha cafe.

Lahan atau Lokasi Cafe

Bagi Anda yang memiliki lahan sendiri maka Anda perlu bersyukur karena ini berarti Anda tidak perlu menyewa atau memilih tanah untuk mendirikan cafe. Apalagi lahan yang Anda miliki terletak di tempat yang strategis seperti di pinggir jalan raya, dekat tempat umum seperti mall, stasiun, terminal, ataupaun lokasi¬†yang dilewati banyak orang lainnya. Namun jika Anda belum memiliki tempat maka Anda dapat menyewa ruko atau lahan yang kosong untuk dibangun cafe dengan luas 8×4 meter.

baca juga : cara memulai bisnis kuliner prospek jangka panjang

Fasilitas Murah Meriah

Biasanya cafe menggunakan fasilitas yang memadai dan terkesan mewah. Dengan modal usaha cafe yang minim maka Anda dapat memberikan fasilitas sederhana namun terlihat menarik. Misalnya Anda dapat mengganti kursi yang biasanya empuk dengan kursi kayu atau bambu yang didesain unik. Atau Anda juga dapat memberikan ide lain seperti cafe lesehan. Dengan konsep yang unik tentu cafe Anda akan mudah menarik konsumen.

Menu Makanan

Jika usaha cafe yang Anda jalankan merupakan usaha yang tidak terlalu besar maka Anda tidak perlu memiliki menu makanan dan minuman yang banyak. Anda cukup dengan beberapa menu saja asalkan terjamin rasa dan kualitasnya. Anda juga dapat memilih beberapa menu tradisional yang dikombinasikan dengan menu modern, seperti pisang goreng ice cream. Berilah nama-nama menu yang unik dan mudah diingat oleh pengunjung. Nama menu yang unik dapat menjadi ciri khas cafe milik Anda. Untuk harga masing-masing makanan juga harus disesuaikan. Untuk promo awal Anda dapat memberikan harga terendah dibanding cafe-cafe pada umumnya. Dengan begitu, pelanggan akan lebih tertarik datang ke cafe Anda.Modal usaha cafe

Minimalkan Karyawan

Jika Anda membuka usaha cafe maka Anda akan menjadi seorang manager. Tentu Anda membutuhkan karyawan untuk bekerja di cafe Anda. Dengan modal usaha cafe minim maka Anda cukup menggunakan satu karyawan sebagai juru masak, dan Anda dapat bertugas untuk melayani pelanggan. Cara ni tentu akan mengurangi pengeluaran bulanan Anda. Jika cafe Anda mulai berkembang barulah Anda mencari karyawan sesaui tugas masing-masing.

Free Marketing

Dalam membuka usaha baru, promosi atau pemasaran merupakan hal yang penting. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan seperti melalui koran, radio, ataupaun media besar lainnya. Promosi dengan cara tersebut memang cukup efektif namun juga membutuhkan biaya yang mahal. Free marketing ini artinya promosi gratis, sehingga Anda dapat mempromosikan usaha Anda tanpa mengeluarkan biaya. Salah satu media promosi tanpa modal dan cukup ampuh adalah sosial media. Anda dapat mempromosikan cafe baru Anda melalui facebook, twitter, ataupun instagram. Selain itu, Anda juga dapat membuka website sendiri untuk mempromosikan cafe Anda. Dengan cara ini dapat menunjukkan jika cafe yang Anda buat memiliki kualitas.

Agar lebih menarik pelanggan Anda dapat mencantumkan hari khusus promosi, dimana Anda dapat mengadakan semacam launching kecil-kecilan tentang cafe Anda. Menawarkan potongan harga ataupun memberikan makanan gratis pada hari tersebut dapat Anda lakukan untuk menarik pengunjung.

baca juga : kiat dan tips sukses bisnis kuliner modal kecil

Itulah beberapa tips menjalankan bisnis dengan modal usaha cafe yang minim namun menguntungkan. Jangan lupa bersikap ramah kepada pengunjung adalah hal yang penting. Selain itu Anda juga harus menciptakan suasana cafe senyaman mungkin untuk pengunjung.

Loading...