Pekerjaan Sampingan Di Rumah Bagi Ibu – Ibu

By Categories : Bisnis Rumahan

Apakah kalian di rumah memiliki banyak waktu nganggur. Sungguh sangat disayangkan bila banyak waktu kosong yang dibuang begitu saja tanpa makna. Orang barat memiliki peribahasa, time is money. Waktu adalah uang.

Pepatah ini membangkitkan masyarakat Eropa untuk menggunakan waktunya sebaik mungkin untuk mendapatkan uang. Untuk mengisi waktu luang ketik di rumah agar waktu luang itu tidak pergi begitu saja perlu adanya sebuah pekerjaan sampingan. Apa pekerjaan sampingan di rumah yang pas bagi kita-kita para ibu.

Sebelum menguraikan pekerjaan sampingan di rumah bagi ibu-ibu harus dimengerti terlebih dahulu bahwa pekerjaan sampingan ini sifatnya hanya untuk mengisi kekosongan waktu agar tidak pergi begitu saja tanpa makna. Kan sayang sekali bila waktu dibiarkan pergi begitu saja.

Pekerjaan Sampingan di Rumah Untuk Ibu – Ibu

pekerjaan-sampingan-di-rumah

Pekerjaan sampingan juga hanya merupakan pekerjaan tambahan atau sambilan. Meskipun pekerjaan ini bukan merupakan pekerjaan utama, namun terkadang pendapatan uang antara pekerjaan utama dengan sampingan lebih besar dari pekerjaan utamanya. Mengapa ini terjadi? Ya, bisa saja terjadi.

Para ibu yang memiliki pekerjaan sampingan di rumah hidupnya akan bisa sedikit lebih mandiri. Artinya tidak menggantungkan sekali pada penghasilan suaminya. Memang kehidupan isteri yang menafkahi adalah suami. Namun tidaklah salah bila seorang isteri mencari uang sendiri dengan melakukan pekerjaan sampingan di rumah. Kaum laki-laki pun sama, ketika ingin menambah pemasukan uang untuk keluarganya bisa dengan melakukan pekerjaan sampingan di rumah. Pekerjaan tersebut dilakukan kapan saja. Pagi, siang atau sore. Apakah pekerjaan sampingan di rumah yang bisa dikerjakan bagi para ibu-ibu?

Usaha Sampingan Di Rumah Bagi Ibu Rumah Tangga

Berbicara masalah pekerjaan sampingan di rumah sebetulnya pekerjaan itu sangat banyak. Semuanya tinggal pada diri anda sekalian, mau melakukannya atau tidak. Mau mencari atau tidak. Kemauan disini merupakan kunci penting. Tanpa ada kemauan walaupun di rumah banyak pekerjaan pastinya pekerjaan itu akan ia abaikan begitu saja. Begitu sebaliknya. Sehingga bila anda di rumah banyak waktu luang sebaiknya digunakan untuk melakukan pekerjaan sampingan.

Pernahkah anda mendengar ada seorang ibu mencuci pakaian orang baik secara manual maupun memakai mesin cuci. Saya yakin anda pasti pernah mendengar pekerjaan itu. Di kota-kota besar seperti kota Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogya dan lain sebagainya banyak para wanita atau ibu-ibu yang melakukan buruh cuci pakaian di saat waktu luang. Inilah pekerjaan sampingan pertama yang bisa dilakukan oleh para ibu. Kedua, berjualan pulsa atau gas LG berukuran 3 kg. Jualan pulsa dan gas LPG berukuran 3 kg juga merupakan pekerjaan sampingan di rumah yang cocok dilakukan para ibu.

Karena kedua jenis pekerjaan itu bisa disambi dengan pekerjaan-pekerjaan utama lainnya. Sampingan lain yang bisa dikerjakan adalah membuat jajanan ringan seperti misal kue bolu, kripik singkong dan lain sebagainya. Jajan-jajanan ini kemudian dititipkan ke warung-warung terdekat. Bisa juga membuat telur asin. Membuat telur asin sangatlah mudah. Cara pembuatan telur asin bisa dicarinya di internet . Hasil dari pembuatan telur asin ini bisa dijual di warung-warung ataupun di rumah. Hasilnya hm.. lumayan bisa nambah uang belanja.

Pekerjaan sampingan di rumah berikutnya adalah beternak. Beternak ini bisa dilakukan bila lingkungan rumah sekitar masih masih banyak lahan yang kosong. Pekerjaan sangat pas dilakukan di kampung yang masih banyak lahan perumahan masih kosong. Hewan apa yang akan diternak? Hewan-hewan yang biasa diternak orang adalah kambing, kelinci, ayam, endok, bebek dan lain sebagainya Hasil peternakan ini cukup lumayan bisa menambah pemasukan keuangan keluarga.

Selain itu, Anda juga dapat membuka usaha samping membuat kerajinan tangan. Ibu rumah tangga biasanya memiliki banyak waktu di rumah untuk berdiam diri. Nah, agar tidak bosan maka Anda dapat membuat kerajinan tangan dengan barang-barang bekas. Ada banyak  sekali kerajinan tangan yang dapat Anda pilih. Seperti membuat bunga dari sedotan, lampu dari kardus bekas, tempat pensil, dan sebagainya. Memanfaatkan barang bekas tentunya tidak memerlukan biaya, namun Anda harus memiliki keahlian.

Keahlian tersebut dapat Anda pelajari melalui internet, majalah, dan lain-lain. Ini merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Bisnis ini lebih potensial jika Anda menjualnya di daerah tempat wisata. Produk kerajinan tangan tentu akan memiliki nilai jual tinggi.

Usaha sampingan lain yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga adalah menjadi perancang pakaian. Bagi ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian dalam merancang busana, maka tidak ada salahnya untuk dijadikan bisnis. Anda tidak perlu merancang pakaian yang sedang ngetren, tetapi buatlah sesuatu yang lebih inovatif dan menarik. Anda dapat memulai membuat pakaian untuk anak atau kerabat Anda. Jika banyak orang yang tertarik dengan pakaian yang Anda rancang maka dari sini lah bisnis Anda mulai berjalan.

Loading...