Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa Yang Tepat

By Categories : Peluang Usaha

Bekerja tak sekedar hanya untuk mencari uang atau pendapatan. Ada nilai penting dari pekerjaan yaitu, nilai eksistensi manusia. Artinya dengan bekerja keberadaan manusia dihadapan manusia menjadi ada. Selain itu juga dengan bekerja orang akan terhindar dari stress, tekanan batin. Sebab bagaimanapun juga kesibukan manusia akan dapat menghilangkan rasa stres manusia.

Itulah sedikit penjelasan mengenai hakekat pekerjaan bagi manusia. Para mahasiswa juga idealnya selain bertugas mencari ilmu juga bekerja. Tentu pekerjaan untuk mahasiswa adalah pekerjaan sampingan, bukan pekerjaan tetap karena masih menuntut ilmu. Apakah pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang tepat itu?

Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa

pekerjaan-sampingan-untuk-mahasiswa

Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang tepat adalah pekerjaan yang bisa dilakukan secara bersama-sama. Kuliah jalan, bekerjanya juga jalan. Dengan kata lain tidak ada salah satu yang dikorbankan, terutama tugas belajarnya sebagai mahasiswa. Berarti pekerjaan sampingan untuk para mahasiswa adalah pekerjaan yang bersifat lepas, artinya waktunya tidak terikat. Selain pekerjaan lepas, pekerjaan sampingan mahasiswa adalah pekerjaan yang waktunya bisa dikerjakan di luar jam kuliah.

Jika tidak demikian maka pekerjaan sampingan yang dilakukan ini akan mengganggu aktifitas kuliah. Sebagai misal anda daftar kerja di Supermarket dengan jam kerja setiap hari kecuali hari minggu dari pukul 08.00-pukul 16.00, jika pekerjaan ini diambil sebagai pekerjaan sampingan maka akan bisa mengganggu aktifitas kuliah.

Peluang Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa

Sebab jam kerja masuk sama dengan jam-jam kuliah. Karena lebih mementingkan pekerjaan dan tidak bisa membagi waktu antara waktu kerja dengan waktu kuliah, tidak sedikit diantara para mahasiswa yang akhirnya harus meninggalkan atau tidak lulus kuliah. Namun juga tidak sedikit diantara para mahasiswa yang bisa berhasil dua-duanya. Begitulah pekerjaan sampingan untuk mahasiswa. Bisa menggagalkan kuliah dan juga bisa membantu biaya kuliah orang tua.

Memang bisa menjadi kebanggaan manakala kita bisa membiayai sekolah kita sendiri. Kalaupun tidak seratus persen ya mungkin 50 persen. Namun untuk mewujudkan hal itu bukanlah pekerjaan yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Jika kita ada kemauan pasti ada jalan. Artinya ada banyak pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa kita lakukan. Apa saja pekerjaan sampingan itu?

Sebelum saya uraikan apakah pekerjaan sampingan itu, tentu perlu diingatkan kembali bahwa pekerjaan ini merupakan pekerjaan sampingan bukan pekerjaan utama. Pekerjaan utama adalah belajar karena masih berstatus sebagai mahasiswa. Anda jangan sampai meninggalkan kuliah hanya gara-gara pekerjaan ini. Karena jika ditinggalkan pastinya nantinya di belakang hari akan menyesal. Ya, kalau pekerjaan yang dilakukannya itu bisa memberi kesuksesan besar pada hidupnya nanti, jika tidak? Pasti akan menyesal. Makanya harus bersikap bijaksana, bekerja iya, belajar/kuliah juga iya.

Baiklah pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang pas, yang tidak akan mengganggu waktu kuliah adalah, pertama anda bisa menjadi penjual atau pedagang. Biasanya profesi pedagang atau penjual ini waktunya bisa diatur, bisa dilakukan kapan saja. Untuk dagang ini, anda bisa misalnya dagang atau mengecer surat kabar atau koran.

Dagang nasi bungkus dari kos ke kos. Dagang pulsa, dan lain sebagainya. Dari jualan ini hasilnya lumayan, bisa untuk meringankan beban orang tua. Selain berdagang, bisa juga menulis artikel di media massa. Setiap artikel yang bisa dimuat oleh media massa akan diberi upah dari pihak media massa yang menerbitkannya. Upahnya lumayan bisa untuk makan satu minggu.

Contoh kerja sampingan untuk mahasiswa

  • Guru les

Guru les merupakan pekerjaan sampingan yang paling diminati mahasiswa. Ada dua jenis guru les yang perlu Anda ketahui. yang pertama adalah guru les pada lembaga bimbingan belajar, dan yang kedua adalah guru les privat. Jika Anda merupakan mahasiswa jurusan pendidikan, pekerjaan sampingan ini sangat cocok untuk Anda. Selain mendapatkan penghasilan, pekerjaan sampingan ini juga melatih diri untuk menghadapi karakter siswa.

  • Jaga Warnet

Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang kedua adalah menjaga warnet. Pekerjaan ini cukup populer di kalangan mahasiswa. Apalagi bagi mereka yang kuliah dijurusan informatika. Ada beberapa keuntungan yang Anda dapat saat bekerja menjaga warnet, salah satunya adalah Anda dapat mengakses internet sesuka Anda. Manfaatkan waktu tersebut untuk mengerjakan beberapa tugas kuliah.

  • Wartawan lepas

Bagi mahasiswa yang memiliki hobi menulis tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan sampingan sebagai wartawan lepas, baik di media cetak, maupun media online. Selain mendapatkan uang tambahan, pekerjaan ini juga dapat menyalurkan hobi menulis Anda. Keuntungan lainnya adalah jam kerja yang lebih fleksibel.

  • Translator

Bagi mahasiswa jurusan bahasa memilih pekerjaan sampingan ini sangat cocok untuk Anda. Menjadi translator artikel kerap dilakukan mahasiswa untuk menambah penghasilan. Namun Anda juga harus memperhatikan dan harus teliti dalam menerjemahkan tiap-tiap kata.

Loading...