Pekerjaan Sampingan Untuk Pelajar Generasi Cerdas Indonesia

By Categories : Peluang Usaha

Siapa bilang pelajar identik dengan kegiatan yang menghambur-hamburkan uang? Ada lho pelajar-pelajar kita yang mempunyai jiwa pebisnis dari usia dini, menghasilkan uang dari keringat sendiri.

Apalagi beberapa waktu belakangan ini didukung dengan fasilitas yang mempermudah “bisnis” mereka. Sebut saja internet. Nah, namun tentunya kali ini penulis tidak membahas tentang internet ya, melainkan tentang apa saja sih pekerjaan sampingan untuk pelajar Indonesia yang tidak menuntut waktu yang terlalu banyak.

Sebuah pekerjaan sampingan tentunya tidak seharusnya menuntut porsi lebih banyak dari pekerjaan atau kegiatan utama. Karena pekerjaan utama pelajar disini adalah belajar maka, sobat harus mengetahui referensi side job apa saja sih yang bisa dikerjakan tanpa mengganggu jam pelajaran. Yuk simak review berikut ini!

Pekerjaan Sampingan Untuk Pelajar Modal Kecil

pekerjaan-sampingan-untuk-pelajar

1. Les privat & Kerajinan tangan

Poin ini dikhususkan bagi mereka yang mempunyai keterampilan yang benar-benar baik pada sesi les yang ditawarkan kepada calon pelanggan.Pengetahuan yang dimiliki pun harus cukup agar anak bimbingan sobat pun tidak kecewa. Dari segi modal, usaha satu ini hampir tidak membutuhkan modal selain ilmu pengetahuan.

Di samping itu, apabila sobat mempunyai keterampilan khusus bidang seni misal membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan bekas bisa lho dijadikan sebagai lahan mencari uang tambahan buat fotokopi materi. Adapun contoh kerajinan tangan yang bisa sobat lakukan adalah bunga dari sedotan plastik atau dari kertas minyak. Dari segi modal, tentunya ini juga tidak besar karena bahan-bahan yang diperlukan dapat dijumpai di sekitar dengan mudah. Tertarik?

2. Jualan pulsa

Di era globalisasi ini, pulsa sudah menjadi semacam kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Bagaimana tidak, tanpa pulsa anda tidak berkomunikasi dengan orang lain yang berada di tempat lain, tanpa pulsa pula anda tidak bisa eksis di media sosial. Nah, hal ini bisa sobat manfaatkan lho dengan memulai bisnis kecil-kecilan. Pembeli mayoritas tentunya adalah teman-teman sekolah sendiri atau bahkan guru-guru sobat. Namun, pastikan aliran keuangannya lancar ya agar bisnis kecil sobat ini tidak berhenti di tengah jalan karena habis dihutang sana-sini.

3. Penulis

Apakah sobat mempunyai minat khusus di bidang jurnalistik? Beberapa waktu belakangan ini banyak lho lowongan yang dipromosikan di internet tentang kesempatan menjadi penulis baik untuk artikel, novel atau cerpen. Fee yang akan sobat dapatkan pun lumayan lho, tanpa harus mengganggu waktu belajar. Di sisi lain, pekerjaan sampingan untuk pelajar ini juga akan melatih kemampuan menulis yang baik untuk sobat lho. Siapa tahu di masa depan bisa menjadi penulis karya-karya best seller. Challenge your self!

4. Bisnis kuliner

Berada di lingkup sekolah, membicarakan tentang pekerjaan sampingan untuk pelajar tentunya tidak akan terlepas dari bisnis kuliner bukan? Bahkan, poin ini bisa dikatakan sebagai peluang bisnis yang paling difavoritkan untuk dilakoni untuk mencari uang jajan tambahan. Sobat bisa membuat kue-kue kecil atau makanan ringan yang dibawa dari rumah atau sobat kulakan sendiri dari grosir, kemudian dijajakan ke teman-teman sekolah dan guru.

Namun sebelum memilih satu satu usaha yang ingin Anda jalankan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa tips menjalankan usaha sampingan.

Tips Memilih Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil

Punya pendirian yang mantap

Sebelum menjalankan bisnis, Anda harus memiliki pendirian yang kuat untuk memilih salah satu bidang usaha. Pendirian merupakan hal yang penting, jika Anda memiliki pendirian tidak mudah goyah maka akan menjadi pemimpin yang kuat. Dalam menjalankan usaha berarti Anda harus siap menjadi pemimpin dalam usaha. Punya pendirian yang kuat berarti Anda juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Sesuaikan modal

Dalam menjalankan bisnis sampingan, modal merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Modal merupakan dana awal untuk memulai usaha. Walaupun hanya sekedar bisnis sampingan Anda juga harus memperhitungkan usaha yang sesuai dengan modal yang Anda punya. Namun jika Anda sudah memiliki rencana tetapi terkendala masalah modal, Anda dapat meminjam modal dengan cara mengajukan proposal ke bank.

Mencari informasi usaha

Ada banyak pekerjaan sampingan untuk pelajar. Namun sebelum Anda memilih salah satu, Anda harus mengerti seluk beluk usaha yang diinginkan. Usaha dapat dikatakan baik jika produk yang dihasilkan banyak dicari orang serta tingkat persaingan di antara produsen yang rendah. Anda harus mengetahui bagaimana cara kerja, persaingan pasar, sistem, prospek usaha, serta produk yang dihasilkan. Jika sudah mengetahui informasi detail tentang usaha yang dijalankan maka Anda dapat dengan mudah menjalankan usaha tersebut.

Namun apabila berjualan mengganggu aktivitas belajar, sobat bisa menitipkannya di kantin sekolah. Lumayan kan, ilmu dapet uang jajan tambahan dapet! Oh ya, barengi juga dengan manajemen keuangan yang baik supaya bisnis kecil kamu bisa bertahan lama dan berkembang.

Loading...