Peluang Besar Dalam Memulai Bisnis Tanaman Hias

By Categories : Peluang Usaha

Jika Anda suka dengan bercocok tanam atau bunga hias, mungkin membuka usaha yang ada kaitannya dengan tanaman hias bisa Anda coba. Kenapa, karena di situlah menjadi peluang Anda untuk memulai berbisnis.

Dengan keindahan tanaman hias, tentu akan membuat Anda semakin senang karena Anda tidak hanya menikmati keindahannya melainkan juga menikmati hasil penjualan dari tanaman-tanaman hias yang Anda rawat dengan teliti dan penuh kehati-hatian ini. Nah, jika Anda termasuk orang yang menyukai tanaman hias, Anda bisa menyimak lebih dalam artikel ini yang akan membahas tentang bisnis tanaman hias.

Peluang Bisnis Tanaman Hias Berawal dari Hobi

bisnis-tanaman-hias

Tidak sedikit dari mereka yaitu para pengusaha yang sudah sukses dalam bisnis yang ia bangun dan diawali dengan hobi dan kebiasaan yang ia lakukan secara terus menerus. Begitu juga Anda, dengan hobi Anda sebagai pecinta tanaman hias maka Anda bisa menjadikannya suatu bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan dan penghasilan tambahan untuk Anda dan keluarga Anda. Dengan demikian, tanaman-tanaman hias yang Anda koleksi selama beberapa tahun lamanya dapat menghasilkan keberkahan tersendiri. Nah, luar biasa kan??.

Jenis dari tanaman hias pun sangat variatif dan banyak sekali yang dapat Anda budidayakan menjadi usaha Anda sekarang, seperti ada kaktus, Bougenvil, mawar, melati, anggrek, dan tanaman hias lainnya.

Nah ketika Anda sudah memiliki kecintaan terhadap tanaman hias, yakin Anda pasti sudah bisa mengatur tempat dan suhu yang sesuai pada setiap masing-masing jenis tanaman hias. Selain itu, Anda juga sudah bisa memilih benih yang unggul agar menghasilkan tanaman hias yang bagus dan sehat. Dengan begitu, tanaman hias yang tumbuh akan lebih bagus dan berkualitas dan bisnis tanaman hias yang Anda jalankan akan menyediakan tanaman hias yang cantik-cantik.

Salah satu contoh tanaman hias yang memiliki daya tarik yang bagus yaitu tanaman aggrek. Dalam perawatan bunga anggrek ini harus diperhatikan tekniknya yang benar, tidak asal siram dan juga tidak asal mupuk karena semua ada aturannya agar tanaman tetap hidup dan tumbuh subur. Selain itu, ketika Anda membeli benih cari yang botolan dengan pot yang terbuat dari tanah liat. Hal ini dikarenakan jika bunga anggrek itu ditaruh pada pot plastik, maka yang terjadi adalah cepat membusuk dan pada akhirnya akan mati. Nah, oleh sebab itu pada masing-masing tanaman perlu perhatian yang khusus dari Anda sebagai pecinta tanaman hias.

Bisnis Tanaman Hias yang Menguntungkan

Ada beberapa keuntungan dalam melakukan bisnis tanaman hias yang Anda jalankan ini. Salah satunya yaitu bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari usaha tanaman hias yang Anda lakukan. Hal ini mengingat harga jual tanaman hias yang tidaklah kecil. Apalagi jika tanaman hias yang Anda pasarkan adalah tanaman yang memiliki bentuk yang unik dan masih belum terlalu banyak penjual bunga yang menjualnya pasti Anda akan mendapat keuntungan yang lebih banyak lagi. Nah, jika Anda ingin mendapatkan hasil tanaman hias yang unik, maka Anda harus mampu mempersilangkan tanaman-tanaman hias yang masih dalam satu marga.

Keuntungan yang lain yaitu tidak terlalu susah bisnis tanaman hias ini dilakukan, karena Anda hanya perlu merawatnya dengan rutin dan penuh kesabaran. Kesabaran inilah yang penting untuk Anda tancapkan dalam-dalam, karena mengingat tanaman hias yang terkadang membutuhkan waktu yang agak lama untuk berkembang biak dan kemudian menunggu lagi hingga agak besar sehingga ada orang yang mulai tertarik dengan tanaman hias Anda tersebut. Nah, bagi Anda yang sudah mempunyai hobi mengoleksi tanaman hias, maka tidak ada salahnya jika Anda memulai untuk melakukan bisnis melalui hobi Anda tersebut.

Cara budidaya tanaman hias

Ada beberapa cara budidaya tanaman hias yang bisa Anda coba, salah satunya adalah dengan menggunakan teknik potong. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Pembuatan lubang tanam

Salah satu tanaman bunga potong ialah bunga krisan. Tanaman ini dapat dibudidayakan secara monokultural. Cara yang pertama adalah dengan membuat lubang tanaman dengan diameter 10 x 10 x 20 x 20 cm, dengan cara ditugal. Untuk waktu tanam yang baik adalah pada pagi atau sore hari.

Pupuk dasar

Untuk tanaman hias pupuk yang disediakan adalah Furaden 3G sebanyak 10 butir untuk setiap lubang. Pupuk tersebut dapat dicampurkan dengan ZA 75 gram, TPS 75 gram, KCI 25 gram (3:3:1)/meter persegi luas tanam.

Cara penanaman

Cara menanamnya adalah dengan mengambil satu per satu bibit di wadah penampung kemudian urug dengan tanah yang tipis. Tanam pada kedalaman 1-2 cm dengan cara memadatkan tanah secara perlahan. Setelah itu siram dengan air dan pasang naungan dari sungkup plastik yang sedikit transparan.

Pemupukan

Waktu pemupukan di mulai sejak umur 1 bulan setelah bibit ditanam. Kemudian Anda dapat mengulanginya seminggu sekali hingga satu bulan.

Loading...