Peluang Bisnis Ayam Potong di Bulan Ramadhan

By Categories : Peluang Usaha

Bisnis ayam potong memang banyak dipilih karena sangat menguntungkan. Ayam potong yang biasa dijadikan diternak adalah jenis ayam broiler. Jenis ayam ini memang sangat populer di Tanah Air. Kebutuhan protein hewani yang terus meningkat membuat usaha ayam potong memiliki peluang yang menjanjikan.

Permintaan ayam potong juga biasanya akan meningkat ketika memasuki bulan Ramadhan. Daging ayam memang disukai oleh semua orang. Bahan baku ini dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan untuk hidangan buka puasa ataupun sahur. Karena permintaan yang cukup tinggi tersebut tidak heran jika di Bulan Ramadhan banyak orang yang membuka usaha ayam potong. Alasannya adalah di bulan tersebut harga ayam dapat meningkat drastis, apalagi menjelang lebaran. Harga ayam potong dapat naik dua kali lipat bahkan lebih.

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis ayam potong sebenarnya cukup mudah dan simpel. Meskipun pemula, Anda tetap dapat menjalankan bisnis ini asalkan mengetahui beberapa hal mengenai ayam potong. Anda juga dapat menjalankan bisnis ini tidak hanya pada bulan Ramadhan saja, tetapi di bulan-bulan selanjutnya juga dapat menjalankannya dengan cara memulai ternak ayam sendiri.

Bisnis Ayam Potong di Bulan Ramadhan

Perlu Anda ketahui bahwa untuk beternak ayam potong memang menjanjikan dan cukup menggiurkan, namun jika Anda belum mengetahui seluk beluk dari ayam potong usaha yang Anda jalankan dapat gagal. Alan utamanya adalah resiko kematian dari ayam potong lebih tinggi dibandingkan dengan ayam petelur. Sehingga pengetahuan serta penanganan yang tepat sangat penting dalam menjalankan usaha ayam potong.

Tips Bisnis Ayam Potong untuk Pemula

Dalam menjalankan bisnis ini Anda dapat memilih mau menjalankan usaha sendiri ataupun bekerja sama dengan pihak lain. Secara umum, usaha ini dibedakan menjadi dua. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Usaha Mandiri

Dalam menjalankan bisnis ini artinya adalah semua komponen budidaya akan ditanggung oleh peternak. Itu artinya Anda bertanggung jawab mulai dari pembuatan kandang , penyediaan bibit, makanan, obat untuk ayam, perawatan, panen dan pemasaran. Dengan usaha mandiri keuntungan dari bisnis ayam potong akan menjadi milik Anda sepenuhnya dan Anda dapat menjualnya sesuai harga pasar. Kelemahan dari usaha mandiri adalah Anda menanggung segala resiko yang terjadi.

baca juga : peluang usaha kecil menengah yang potensial

Usaha Kemitraan

Dengan usaha kemitraan Anda akan bahu membahu antara Anda dan pihak perusahaan yang Anda pilih dalam menjalankan usaha ayam potong. Di sini Anda hanya bertugas menyiapkan kadang dengan skala yang sudah ditetapkan dan merawat ayam hingga masa panen. Keuntungan dari usaha kemitraan adalah modal yang Anda keluarkan hanya untuk membuat kandang. Selain itu Anda juga akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari perusahaan dalam merawat ayam hingga masa panen. Kelemahannya adalah Anda tidak dapat menentukan harga jual. Karena harga jual nantinya sesuai dengan kontrak yang sudah ditetapkan bukan sesuai harga pasar.

Bisnis Ayam Potong di Bulan Ramadhan1

Langkah Menjalankan Bisnis Ayam Potong

• Membuat kandang yang ideal dengan cara menyesuaikan pencahayaan matahari yang masuk serta kebutuhan angin untuk ayam. Anda juga harus memperhatikan suhu ruangan ayam agar tetap hangat. Suhu memiliki peran yang penting agar ayam dapat bertahan hidup.
• Perhatikan sumberdaya listrik serta sumber air. Aliran listrik berguna untuk lampu penerangan di malam hari, sedangkan air tentu untuk kebutuhan pangan ayam.
• Setelah kandang jadi, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasang peralatan untuk menyambut DOC ayam, seperti penghangat, sekat, dan sebagainya. Anda juga harus memasang peralatan makan dan minum ayam.
• Dalam dua minggu pertama Anda harus memberikan perhatian ekstra pada ayam-ayam tersebut. Masa tersebut sangat penting untuk kesuksesan dalam bisnis yang Anda jalani. Anda dapat memperhatikan mulai dari suhu ruangan dalam dua minggu pertama, jika anak ayam banyak yang bergerombol ini tandanya suhu ruangan dingin atau kurang hangat.
• Lakukan vaksin pada setiap ayam tepat di hari ke 7, ke 14, dan ke 21. Setelah Anda melewati masa dua minggu pertama biasanya akan lebih mudah dalam perawatan. Selanjutnya adalah Anda dapat mengontronya setiap dua hari sekali untuk melihat kebutuhan pakannya. Ini dilakukan hingga masa panen tiba.
• Pemberian antibiotik serta vitamin untuk ayam juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Antibiotik dapat diberikan mulai dari hari ke 5 hingga ke 10. Sedangkan vitamin dapat diberikan hingga masa panen.

baca juga : peluang bisnis di bulan Ramdhan paling menjanjikan

Pemasaran bisnis ayam potong usaha ini dapat dimulai dari mulut ke mulut warga disekitar Anda. Atau Anda dapat mencari para penjual ayam eceran yang ada di pasar dan tempat lainnya. Selain itu, Anda dapat menjalin kerjasama dengan pengusaha pemotongan ayam potong. Dengan kerja sama tersebut dapat memudahkan Anda dalam memasarkan usaha yang Anda jalankan.

Loading...