Peluang Bisnis Cuci Motor yang Menjanjikan

By Categories : Peluang Usaha

Dunia bisnis memang tak pernah ada habisnya, sangat banyak sekali peluang usaha dengan keuntungan yang lumayan menjanjikan. Salah satu bisnis yang kemungkinan akan menjadi peluang besar untuk dilakukan adalah cuci motor. Seperti yang kita tahu sekarang ini motor bukanlah barang yang mewah, dimana hampir setiap rumah pasti memiliki motor sebagai alat transportasi sehari-hari.

Dengan banyaknya pengendara motor, maka membuka usaha cuci motor tentu menjadi peluang besar untuk dilakukan. Jika Anda tertarik dengan satu bisnis ini, maka Anda harus menyimak artikel ini yang akan membahas segala macam tentang bisnis cuci motor, baik dari keuntungan, tips sukses dalam berbisnis cuci motor dan yang lain-lainnya.

Persiapan Awal dalam Memulai Bisnis Cuci Motor

bisnis-cuci-motorSebelum Anda benar-benar membuka usaha cuci motor, maka Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya. Sebagai persiapan awal, Anda dianjurkan untuk mencari dan memilih lokasi yang sangat strategis, dimana kendaraan seringkali lewat didepan tempat pencucian motor yang akan Anda jadikan suatu usaha. Dalam pemilihan lokasi yang tepat dapat menjadikan prospek bisnis Anda semakin melejit. Dengan demikian, maka Anda perlu memilih lokasi yang sekiranya ramai atau bisa tepat di pinggir jalan raya. Jika rumah Anda sudah tepat berada di pinggir jalan raya, maka lebih diuntungkan karena Anda tidak perlu lagi mengeluarkan modal untuk sewa tempat. Pemilihan lokasi yang strategis juga dapat membantu meminimalisir biaya promosi usaha Anda. Selain itu, promosi akan jauh lebih mudah jika berada dekat dengan keramaian.

Sangat tidak dianjurkan, jika Anda memilih lokasi untuk bisnis cuci motor karena jalanan ramai dimana ramainya adalah pada jam-jam tertentu. Hal ini tentu kurang mendukung untuk dijalankannya suatu usaha cuci motor. Selain lokasi, Anda juga harus mempertimbangkan sumber dana sebagai modal awal. Sumber dana ini bisa didapatkan dari pinjam dari bank, kerja sama, atau bisa juga dengan tabungan sendiri. Nah, ketika Anda sudah menemukan lokasi yang tepat dan sumber modal yang jelas maka yang selanjutnya adalah memenuhi perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha ini.

Tips Agar Bisnis Cuci Motor Anda Sukses

Nah, ketika bisnis Anda sudah benar-benar berdiri dan mulai beroperasi maka Anda juga harus mengetahui tips agar bisnis yang Anda dirikan ini bisa menarik banyak pelanggan sehingga menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Pertama yang harus Anda lakukan yaitu promosi pemasaran. Agar usaha cuci motor yang Anda dirikan ini dikenal banyak orang, maka Anda harus bisa membuat media promosi yang bagus, jelas, dan tentunya menarik.

Promosi yang menarik tentu akan menentukan kesuksesan usaha yang Anda jalankan. Buatlah program menarik agar konsumen mau mencoba mencuci motor di tempat Anda. Anda bisa membuat promosi melalui pamflet-pamflet yang Anda bagikan di lingkungan sekitar tempat usaha, area kampus, atau tempat kost.  Anda juga dapat memasang banner didepan lokasi bisnis Anda, atau menyebarkan selebaran kertas dimana Anda memberikan satu per satu selebaran kepada siapapun. Berikan penawaran untuk pelanggan misalnya gratis cuci motor setelah 10 kali mencuci di tempat Anda. Setelah Anda promosi melalui offline, maka Anda bisa menambahkan promosi dengan cara online agar usaha Anda semakin banyak yang mengenalnya.

Selain promosi, dalam menjalankan bisnis cuci motor juga harus memperhatikan kualitas dan pelayanan. Dimana kualitas ini akan mempengaruhi kepercayaan pelanggan Anda. Jika kualitas yang Anda berikan kurang bagus maka jangan kaget jika satu persatu pelanggan Anda meninggalkan Anda. Namun jika kualitas yang Anda berikan cukup bagus, akan membuat pelanggan Anda semakin percaya dengan bisnis yang Anda buat. Bisa jadi, pelanggan yang merasa puas ini akan membawakan pelanggan baru untuk Anda. Nah kualitas yang bagus ini seperti menghasilkan cucian mengkilat, bersih, dan lain-lain.

Pelayanan yang optimal juga dapat memuaskan pelanggan seperti senyum saat melayani dan ramah. Walaupun ini hal sepele namun ini dapat memberikan kesan yang mendalam bagi pelanggan.

Dari beberapa tips yang sudah disebutkan di atas, jika didukung dengan dengan konsep ruangan yang bagus dimana Anda bisa memberikan waiting room (ruang tunggu) yang nyaman nan indah sehingga pelanggan yang menunggupun ikut merasakan kenyamanan pasti sangat bagus. Anda dapat memfasilitasi dengan televisi, majalan, majalah atau koran, dan WiFi gratis. Selain itu Anda juga dapat menyediakan minuman dingin serta cemilan. Caranya adalah Anda kerjasama dengan distributor minuman serta makanan ringan. Seperti yang kita tahu, hal yang paling membosankan adalah ketika menunggu saat mencuci motor. Dengan demikian Anda bisa membuat gebrakan baru dengan menyediakan waiting room (ruang tunggu) yang nyaman di tempat bisnis Anda. Yah, sampai sini pembahasan kita tentang bisnis cuci motor dan semoga bermanfaat.

Loading...