Peluang Bisnis Laundry Kiloan yang Menguntungkan

By Categories : Peluang Usaha

Bisnis laundry kiloan sebenarnya sangat mudah dilakukan dan bisa dijalankan oleh siapa saja, bahkan oleh pelaku usaha dengan modal yang tak terlalu besar. Karena untuk memulai bisnis laundry ini modal awal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Pelaku bisnis yang masih pemula sekalipun akan dapat dengan mudah untuk segera menjalankan bisnis laundry ini.

Selain itu bisnis laundry jika dijalankan dengan baik dan benar akan mendatangkan keuntungan yang sangat melimpah. Karena pangsa konsumen dari bisnis ini masih sangat terbuka luas, itu artinya dari segi keuntungan, selain dari aspek yang lain bisnis ini sangat menjanjikan.

Sama halnya seperti berbagai bisnis dari jenis usaha yang lain, dalam menjalankan bisnis laundry kiloan juga memerlukan ketekunan, keuletan dan strategi pemasaran yang baik. Hingga nantinya bisnis yang dijalankan akan berjalan dengan lancar dan akan mendapat kesuksesan yang luar biasa. Dan salah satu faktor penting pendukung keberhasilan dalam bisnis laundry ini adalah faktor lokasi usaha. Dalam bisnis laundry kiloan ini juga tak terlalu memerlukan keahlian yang tinggi, jadi jika pelaku usaha ingin memperluas jaringan dapat dengan mudah merekrut karyawan sebagai operator laundry kiloan.

Memulai Bisnis Laundry KiloanĀ untuk Pemula

bisnis-laundry-kiloan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menekuni dan menjalankan bisnis laundry kiloan adalah masalah tempat usaha dimana laundry itu sendiri. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, lokasi dimana sebuah usaha laundry dijalankan dapat berpengaruh atau bahkan akan menentukan sukses atau tidaknya bisnis laundry tersebut. Sebagai contoh lokasi yang strategis adalah sebaiknya lokasi usaha laundry ini berada di lingkungan yang padat penduduk, misalnya di area perumahan, di perkampungan padat atau di lingkungan yang terdapat banyak tempat-tempat kos.

Sebelumnya, pelaku bisnis yang hendak memulai bisnis laundry terlebih dahulu harus menyiapkan modal tentunya. Tapi modal awal yang diperlukan tak terlalu banyak, apalagi jika pelaku bisnis sudah mempunyai tempat usaha milik sendiri. Tapi jika pun tidak punya tempat sendiri pelaku bisnis bisa menyewa kios untuk menjalankan usaha laundry tersebut. Setelah tempat usaha telah siap, modal awal yang diperlukan selanjutnya tak terlalu banyak, hanya cukup mempersiapkan alat seperti mesin cuci, mesin pengering, alat steam, tempat gantungan baju, etalase dan setrika pakaian.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah mengenai konsep usaha. Yang dimaksud konsep usaha disini adalah apakah bisnis laundry yang akan Anda bangun merupakan sebuah bisnis yang besar dengan pangsa pasar yang luas? Jika hanya melayani orang untuk mencuci baju maka Anda harus mempersiapkan peralatan seperlunya. Namun jika Anda menginginkan pangsa pasar yang lebih luas maka Anda harus mempersiapkan sarana dan prasarana dari awal. Konsep usaha ini disebut dengan visi.

Peralatan yang perlu Anda persiapkan adalah mesin cuci, alat pengering, meja setrika, setrika listrik, alat pengemas, hingga rak penampung cucian. Dalam menjalankan bisnis laundry, peralatan serta perlengkapan memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan kualitas kerja yang baik. Terdapat berbagai macam peralatan laundry yang tersebar di pasaran. Pilihlah peralatan laundry yang memiliki kualitas di atas rata-rata namun memiliki harga yang terjangkau. Hal ini penting untuk menekan biaya modal Anda.

Selain peralalatan, bahan baku juga perlu Anda perhatikan. Bahan baku untuk laundry adalah detergen, pewangi pakaian, cairan pelembut kain, hingga cairan pelicin pakaian. Biasanya bahan-bahan tersebut terbuat dari bahan kimia. Ada 3 hal yang harus Anda perhatikan dengan bahan kimia tersebut, yaitu aman bagi pakaian yang dicuci, aman untuk kesehatan kulit, dan aman bagi lingkungan. Jangan sampai Anda terpengaruh dengan harganya yang murah namun justru akan membahayakan bagi konsumen.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan dalam merintis sebuah usaha laundry adalah tentang strategi pemasaran. Sebuah promosi bisnis akan menambah bahkan akan berperan penting dalam penentuan sebuah keberhasilan dalam menjalankan bisnis ini. Promosi dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan dengan biaya yang murah, yaitu dengan cara menyebar iklan di internet melalui media sosial. Lewat promosi secara online, selain murah meriah, kalangan konsumen yang mampu digapai melalui promosi dengan cara ini pun akan lebih luas.

Setelah langkah-langkah tersebut di atas telah dijalankan dan tentunya setelah bisnis laundry ini berjalan maka hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah aspek pelayanan. Aspek pelayanan di sini sangat penting, karena untuk dapat berkembang sebuah bisnis perlu mengedepankan pelayanan yang prima. Sama halnya dengan jenis usaha atau bisnis yang lain, bisnis laundry dengan pelayanan yang prima akan menambah nilai lebih di mata konsumen dan pelanggan yang akan berdampak dengan bertambahnya konsumen seiring dengan citra baik yang telah dicapai. Semoga artikel ini mampu menjadi referensi anda dalam memulai bisnis laundry kiloan.

Loading...