Peluang Bisnis Rumahan Usaha Sablon Kaos

By Categories : Bisnis Rumahan

Usaha sablon kaos saat ini mulai diminati banyak orang karena dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Selain mudah untuk dipelajari usaha ini juga tidak perlu memerlukan modal yang besar. Bagi pemula yang memiliki modal terbatas maka dapat dengan mudah menjalankan usaha ini. Bisnis sablon memiliki risiko yang kecil dan dalam pengelolaannya tidak terlalu rumit. Meski memiliki risiko yang kecil tetapi keuntungan yang didapat cukup besar, yakni dapat mencapai 50% dari biaya keseluruhan. Anda juga dapat menjalankan usaha ini menjadi bisnis rumahan asalkan memiliki tempat yang cukup.

Peluang usaha rumahan ini dapat memperoleh permintaan yang melonjak pada waktu-waktu tertentu, misalnya musim pemilihan umum. Banyak partai yang menggunakan kaos sebagai identitas dan sarana kampanye bagi para calon yang maju dalam pemilu. Dengan banyaknya jumlah partai yang ada, membuat usaha sablon kaos menjadi prospek bisnis yang cukup menjanjikan. Selain itu, para konsumen juga beragam mulai dari individu, perusahaan, instansi, atau panitia sebuah acara. Bahkan di waktu tahun ajaran baru, sekolah-sekolah juga biasanya membutuhkan sablon kaos sebagai seragam olahraga. Jika Anda dapat menangkap peluang tersebut maka usaha yang Anda jalankan akan berkembang dengan cepat.

Analisa Usaha Sablon Kaos yang Menguntungkan

usaha sablon kaos

Dalam menjalankan bisnis sablon kaos, Anda perlu mengetahui beberapa hal agar usaha Anda dapat berjalan dengan lancar. Berikut langkah-langkah dalam memulai bisnis sablon kaos yang perlu Anda perhatikan.

Anda harus mempersiapkan ketrampilan dalam menyablon dengan baik, mulai dari bagaimana pemilihan warna, jumlah warna, ukuran dan sebagainya. Ketrampilan menyamblon yang Anda miliki sangat berpengaruh terhadap kualitas sablon yang dihasilkan. Semakin bagus kualitas yang Anda hasilkan maka semakin puas pelanggan dan kemungkinan besar pesanan akan terus meningkat. Meskipun Anda memiliki karyawan namun pengetahuan Anda mengenai teknik sablon yang baik adalah hal yang penting.

Usaha sablon kaos akan akan berjalan dengan lancar jika Anda mengetahui seberapa besar pesaing Anda. Untuk itu melakukan survey tentang persaingan usaha sablon di daerah Anda harus Anda lakukan. Misalnya berapa harga sablon dan kualitas yang mereka berikan. Ini penting sebagai gambaran untuk Anda memberikan harga dan sejauh mana Anda menjaga kualitas dari sablon yang Anda buat.

Peru Anda ingat bahwa calon konsumen merupakan orang yang sangat sensitif terhadap harga. Oleh karena itu, Anda harus pandai pencari penyedia bahan baku dengan harga yang murah untuk menekan biaya produksi sehingga harga sablon yang Anda tawarkan dapat bersaing dengan para pengusaha sablon yang lain.

Strategi Bisnis Sablon Kaos

Untuk mengetahui gambaran bisnis sablon, berikut ini beberapa hal mengenai strategi pemasaran mulai dari produk, promosi, tempat, serta menentukan harga untuk mengetahui perhitungan laba rugi usaha Anda.

Produk

Dalam menjalankan usaha sablon kaos, Anda harus menentukan kriteria sablon yang dapat Anda kerjakan. Apakah dapat 3 warna, atau Anda baru melayani 1 warna saja. Jika Anda memiliki modal yang cukup maka Anda dapat melayani sablon manual dan sablon digital. Kedua teknik sablon tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing masing. Antara lain adalah sablon manual memiliki kualitas warna yang lebih awet tergantng tinta yang digunakan. Sablon dengan cara manual dapat menggunakan teknik timbul atau busa. Selain itu, biaya untuk memproduksi sablon manual lebih murah jika produksi dalam jumlah besar. Kekurangan dari sablon manual adalah jika menggunakan warna yang banyak hasilnya kurang memuaskan dan proses pengerjaannya terbilang lama.

Sedangkan sablon digital mempu menghasilkan lebih banyak warna dengan hasil yang bagus. Selain itu proses pengerjaannya juga cepat. Untuk kelemahan sablon digital adalah kualitas gambar tidak bertahan lama, harga mesih digital sangat mahal, dan luas area sablon yang terbatas.

Tempat

Tempat yang Anda gunakan untuk menjalankan bisnis kaos sablon tidak harus menggunakan lokasi yang strategis. Banyak para pengusaha kaos sablon yang memiliki tempat produksi jauh dari keramaian namun tetap banyak pelanggan asalkan Anda pandai melakukan promosi. Namun jika modal Anda cukup, tidak ada salahnya memilih lokasi yang strategis.

Promosi

Ada berbagai cara promosi yang dapat Anda lakukan. Dalam usaha sablon kaos, promosi merupakan hal yang penting. Langkah pertama Anda dapat melakukan penawaran dengan proposal kepada perusahaan atau instansi yang merupakan target Anda. Anda dapat menyertakan contoh desain dalam proposal tersebut. Selain itu Anda dapat aktif berpromosi melalui komunitas-komunitas yang biasa membuat seragam di tempat Anda. Atau Anda juga dapat membuat promosi melalui spanduk yang dipasang di lokasi strategis.

Harga

Menentukan harga sablon dapat disesuaikan dengan modal yang Anda miliki atau dengan analisa bisnis uaha yang Anda jalankan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara sederhana adalah dengan melakukan survey terhadapat bisnis sablon kaos di sekitar Anda.

baca juga : tips menjalankan bisnis kaos distro

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menjalankan usaha sablon kaos.

Loading...