Peluang Bisnis Waralaba Makanan Yang Menjanjikan

By Categories : Bisnis Kuliner

Bisnis model waralaba kini menjadi populer dalam dunia bisnis di Indonesia. Tidak sedikit munculnya para pengusaha muda yang membangun sebuah bisnis model waralaba, dimana dia telah mengambil pelajaran dari para waralaba dunia yang terkenal seperti McDonald, KFC, Pizza Hurt, dan yang lainnya. Hampir 65% lebih waralaba lokal adalah usaha dalam bidang makanan. Nah, jika Anda berminat dan tertarik untuk menjalankan usaha waralaba dalam bidang makanan maka simaklah artikel berikut yang akan membahas tentang bisnis waralaba makanan sampai tuntas.

Waralaba makanan memang menjadi prospek yang tinggi dan menjanjikan. Hal ini seperti yang kita tahu bersama bahwa makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang harus dipenuhi. Sebagian besar orang Indonesia ketika mencari makanan apapun itu, lebih melihat pada brand (nama merk) dari makanan tersebut. Hal ini bukan seolah-olah karena gengsi, namun terkadang juga ada sedikit rasa gengsi sih sebenarnya melainkan melihat pada sisi kebersihan dalam pengemasannya sehingga terjamin akan keamanan makanan tersebut.

Contoh Bisnis Waralaba Makanan

bisnis-waralaba-makanan

Di sini kami telah mempunyai list bisnis waralaba makanan yang sudah memiliki nama di Indonesia diantaranya yaitu ada Mie ayam grobakan, arumanis rainbow, BALCON (Bebek Ayam Lele Corner), bobby’s steak, kunch2hottahu, pizza rakyat, batagor jepang takashi mura, Mr.Tacos, Donnat kentang P-DO, ayam abiss, ayam dan bebek kremess kriuk, dokat/donat bakar, Pisang pasir kremes, martabak mini Afrika waka waka, lucky crepes, crepes &burger umiku, iga bakar jogja, mie ayam solo kinasih, sop durian, sate klopo asia, bakso kaget kaget, Bakso pentok kojet, bakmi gila, aladine kebab, oto bento, dan masih banyak lagi usaha waralaba makanan di indonesia yang sudah mempunyai nama dan dikenal masyarakat.

Nah kita akan ambil beberapa jenis makanan tersebut untuk kita bahas bersama di sini. Salah satunya yaitu ada usaha waralaba mie ayam grobakan. Seperti yang kita tahu, mie ayam merupakan jenis makanan yang sudah lama dikenal banyak orang di Indonesia. Dengan harga jual mie ayam setiap porsinya yang terjangkau dapat berpotensi besar untuk menjadikan sebuah bisnis. Usaha waralaba makanan mie ayam grobakan ini telah lama berdiri, tepatnya sejak 2010 dan kini mempunyai ratusan waralaba atau cabang hampir seluruh Indonesia. Nah, jika Anda berminat dengan bisnis waralaba ini maka Anda bisa mencobanya.

Bisnis Waralaba Makanan Asli Indonesia

Selain mie ayam, ada tahu kress sebagai bisnis waralaba makanan khas Indonesia. Ketika Anda memakan tahu dengan dibalut tepung dan digoreng adalah hal biasa, maka pengusaha tahu kress ini memiliki inovasi baru yaitu menambahkannya dengan rasa dan bentuk yang unik sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Menjalankan usaha waralaba tahu kress ini menjadi peluang yang besar karena masyarakat sudah mengenal bahan utama dari makanan yang dibilang ringan ini (camilan).

Mendengar namanya saja, yaitu tahu yang merupakan makanan tradisonal di Indonesia yang mana pasti tidak mungkin ada orang yang tidak kenal apa itu tahu. Jenis makanan ringan ini bisa dikonsumsi untuk semua kalangan, baik kalangan atas, menengah, maupun kalangan bawah serta dari berapapun usia mulai yang tua hingga anak-anak.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bisa menjadi referensi untuk dijadikan sebuah bisnis waralaba makanan. Penting untuk diperhatikan ketika memilih perusahaan waralaba untuk usaha usaha waralaba Anda adalah pilih yang sudah memiliki pengalaman dalam usaha atau bisnis yang dia jalankan, yang paling tidak memiliki pengalaman 2 hingga 3 tahun. Anda bisa mencari informasi dari internet atau langsung meminta ke perusahaan waralaba yang bersangkutan terkait dengan usaha waralaba yang nantinya akan Anda jalankan.

Cara Bijak Memilih Waralaba Makanan

  • Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah memilih merk waralaba makanan yang terpercaya. Hal ini tidak semudah apa yang kita bayangkan karena jika Anda belum memiliki pengalaman dalam berbisnis dengan modal sendiri. Anda harus memilih waralaba yang murah namun harus tetap menyesuaikan target pasar. Hal ini bertujuan agar modal yang Anda keluarkan tidak sia-sia. Selain itu, dengan merk yang sudah dikenal masyarakat pasti akan memudahkan Anda dalam penjualan dan promosi.
  • Dalam memilih waralaba, Anda harus pastikan kredibilitas waralaba yang Anda inginkan harus terpercaya. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari informasi mengenai waralaba tersebut. Misalnya berapa tahun mereka menjalankan bisnis makanan, berapa jumlah mitra kerja, dan bagaimana manajemen pengaturan wilayahnya. Anda disarankan memilih waralaba yang sudah berjalan lebih dari 5 tahun.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan segmen pasar. Ini merupakan rencana bisnis yang harus Anda perhatikan dan tidak boleh Anda lewatkan. Hal ini berhubungan dengan jenis produk serta target pasar dan lokasi jualan. Anda juga disarankan untuk melakukan riset kecil untuk meminimalkan kerugian jika produk tidak laku.
Loading...