Peluang Usaha Bakso, Bisnis Makanan yang Tak ada Matinya

By Categories : Bisnis Kuliner

Peluang usaha bakso saat ini masih terbuka lebar bagi Anda yang ingin bisnis bakso. Sebab makanan khas Indonesia yang medunia ini tak akan pernah mati dan akan selalu menjadi makanan favorit bagi setiap orang. Nah apakah Anda salah satu orang yang akan mencoba usaha ini? Jika iya, simak ulasan berikut ini sebab kali ini akan menjelaskan mengenai kiat-kiat dan tips usaha bakso yang tepat.

Seperti yang kita ketahui bakso adalah makanan yang sangat familiar di Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia baik desa ataupun kota pasti mengetetahui kuliner ini. Maka jangan heran jika  banyak usaha kuliner yang menjual bakso sebagai menu utamanya. Jika dilihat dari dari persaingan, banyaknya penjual bakso yang ada tentunya membuat kita harus bekerja lebih keras untuk memasarkannya. Sebab para penggemar bakso serta masyarakat umum sekalipun pastinya telah memiliki tempat favorit untuk makan bakso.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara usaha bakso yang bisa diterapkan agar bisnis yang Anda jalankan bisa sukses dan berkembang. Dan hal tersebut akan dijelaskan pada artikel berikut ini. Sebelum membahas hal tersebut tak ada salahnya jika Anda mengetahui modal awal untuk usaha bakso. Sebenarnya baik mereka yang berjualan keliling ataupun berjualan di rumah rata-rata memang membutuhkan gerobak sebagai tempat untuk meletakkan bahan-bahan.

Untuk modal gerobak sendiri kurang lebih berkiras pada 1 hingga 1,5 jutaan dengan bentuk umum dan ukuran normal. Sedangkan untuk bahan bakunya pun tak terlalu banyak, yaitu sekitar 500 ribuan. Harga tersebut diperkirakan sudah lengkap mulai dari bakso, bumbu, sambel, saus, kecap, mie dan lainnya. sedangkan untuk peralatan makan Anda bisa menyiapkan dana sekitar 250 ribuan dan modal lain-lain sebesar 250 ribuan. Sehingga modal total yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp 2.500.000. asumsi modal tersebut jika Anda berjualan di rumah sendiri atau berkeliling, jika ingin menyewa tempat Anda bisa menambahkan sendiri biayanya.peluang-usaha-bakso

Peluang Usaha Bakso yang Menjajikan dan Menguntungkan

Lokasi Tempat Berjualan

Lokasi tempat jualan bakso sendiri ada banyak sekali. Namun Anda harus memperhatikan hal yang satu ini, sebab hanya lokasi yang strategislah yang dapat membuat bakso Anda laris manis dikunjungi pelanggan. Untuk lokasinya, Anda bisa memilih seperti di rumah, di sekolah atau di kampus, di area stasiun atau terminal, sekitar pasar ataupun di dekat pabrik dan kantor.

Baca juga ide bisnis makanan ringan yang mudah dan menguntungkan

Rasa yang Enak

Selain lokas, rasa bakso juga dapat mempengaruhi penjualan. Jika bakso yang Anda jual memiliki citarasa tinggi dan dapat menggoyang lidah pastinya para pengunjung akan membeli bakso ke warung Anda lagi. Untuk bisa menghasilkan rasa bakso yang enak dan menggugah selera, Anda bisa melihat resep dan cara pembuatannya di internet atau tanya pada penjual bakso.

Selain itu pastikan Anda tidak terpengaruh dengan naiknya bahan baku. Banyak penjual yang enggan menaikkan harga bakso ketika harga bahan baku baik. Biasanya para pedagang bakso akan mengurangi bumbu rempah-rempah dan bahan pokok yang digunakan. Tentu saja hal ini dapat membuat rasa bakso Anda semakin menurun. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengurangi jumlah porsi bakso atau menaikkan harga bakso.

Jual Varian Bakso

Peluang usaha bakso yang bisa kita coba lainnya adalah menjual aneka bakso. Peluang ini bisa Anda coba jika Anda sudah memiliki tempat usaha seperti restoran bakso sendiri. Anda bisa menjual aneka varian bakso, seperti bakso urat, bakso mercon, bakso jumbo, bakso ikan atau cemilan seperti bakso goreng, bakso bakar dan masih banyak lagi.

Banyaknya varian bakso yang Anda jual pastinya dapat membuat para penggemar bakso jatuh cinta. selain itu, masyarakat umum juga tetap bisa menerima apa yang Anda jajakan mengingat bakso adalah makanan Indonesia yang mendunia.

Lakukan Promosi

Promosi adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Tak hanya saat usaha bakso saja, setiap usaha dan bisnis memerlukan promosi agar dikenal oleh banyak orang. Anda tak harus membagikan selebaran yang menguras uang untuk melakukan promosi. Agar dikenal masyarakat Anda bisa memposting bakso yang Anda jual lengkap dengan harga dan alamat.

Dengan gambar dan pencahayaan menarik, hal ini dapat menggaet pelanggan di luar sana. Atau Anda juga bisa membayar seorang selebgram yang endorse makanan. dengan begitu, jualan Anda akan di posting di media sosialnya agar setiap orang mengetahuinya. Bagaimana? Sangat mudah kan?

Jangan lupa untuk memberi nama usaha yang unik, menarik dan mudah diingat. Sehingga jika pelanggan ingin mencari tahu tentang bakso Anda, mereka bisa mencari tahu di media sosial yang ada.

Baca juga jenis usaha sampingan untuk karyawan dengan model kecil

Nah itulah beberapa peluang usaha bakso dan cara sukses berjualan bakso yang bisa Anda coba.

Loading...