Peluang Usaha Budidaya Ikan Air Tawar yang Menguntungkan

By Categories : Peluang Usaha

Peluang usaha budidaya ikan air tawar semakin hari semakin menggiurkan. Hal ini dapat dilihat dari data laporan Badan Pangan PBB yang menyebutkan bahwa pada tahun 2021 konsumsi ikan penduduk dunia dapat mencapai 19, 6 kg per kapita setiap tahunnya. Saat ini banyak orang yang mengonsumsi ikan laut, namun pada 2018 diprediski masyarakat akan beralih ke ikan air tawar. Hal ini dikarenakan produksi ikan air tawar akan mengalami penurunan akibat overfishing. Jika tidak terjadi perubahan model produksi, bukan tidak mungkin beberapa tahun ke depan tidak ada lagi ikan laut yang dapat ditangkap.

Budidaya Ikan Air Tawar

Untuk itu perlu adanya peningkatan budidaya ikan air tawar sebagai pilihan pengganti ikan air laut. Ini juga merupakan salah satu bisnis dan usaha rumahan yang menjanjikan untuk jangka panjang.  Ada beberapa jenis ikan air tawar yang bisa Anda coba, di antaranya adalah sebagai berikut.

Contoh bisnis budidaya ikan air tawar menjanjikan

  1. Ikan lele

Ikan lele menjadi jenis ikan yang sangat sering dibudidayakan karena sangat menguntungkan. Daging ikan lele yang lunak, memiliki harga murah, dan duri sedikit membuat ikan ini paling banyak dikonsumsi orang. Untuk budidaya ikan air tawar jenis ini cukup efisien karena memiliki rasion pakan menjadi daging 1:1. Artinya jika memberikan pakan 1 kg maka akan menghasilkan bobot ikan lele 1 kg juga.

  1. Ikan Gurame

Yang kedua adalah ikan Gurame. Ikan ini memiliki banyak penggemar dan populer karena memiliki tekstur daging yang empuk dan gurih saat dimasak. Hal ini membuat ikan gurame memiliki harga yang lebih mahal dibanding ikan air tawar lainnya. Umumnya ikan gurame dapat dibesarkan hingga ukuran ½ kg hingga 1 kg tiap ekornya.

  1. Ikan nila

Budidaya ikan air tawar yang menguntungkan selanjutnya adalah ikan nila. Ikan ini cukup mudah dipelihara dan resiko terkena penyakitnya cukup kecil. Selain itu, untuk proses pembibitan ikan nila cenderung mudah karena dengan sepasang indukan mampu menghasilkan 250 -1000 butir telur.

  1. Ikan gabus

Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar asli Indonesia yang sangat digemari karena tekstur dagingnya yang empuk. Budidaya ikan gabus cenderung mudah karena mampu melakukan pemijahan sendiri secara alami. Selain itu, tempat yang perlu disediakan untuk budidaya ikan ini cukup menggunakan kolam berukuran 5 x 3 meter dengan tinggi mencapai 1 meter. Usaha budidaya ini cukup menguntungkan karena ikan gabus mampu mencapai lebih dari 3 kg.

  1. Ikan mas

Ikan ini berasal dari Eropa dan Tiongkok dan menjadi ikan jenis air tawar yang masih favorit untuk dibudidaya. Hal ini karena ikan mas sangat cocok untuk dikembangkan di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Suhu ideal untuk budidaya ikan jenis ini antara 23-30 derajat celcius. Dari proses pembibitan hingga panen membutuhkan waktu antara 4-5 bulan.

Loading...