Peluang Usaha Di Desa Dengan Modal Kecil

By Categories : Bisnis Modal Kecil

Tinggal di desa bukan berarti tidak bisa menjadi seorang pengusaha. Desa pun mempunyai potensi yang bagus untuk dijadikan tempat usaha atau bisnis, asalkan Anda bisa membaca wacana yang menjadi peluang besar ketika akan memulai membuka bisnis di desa.

Selain itu Anda juga harus mempunyai kreatifitas dalam berpikir sehingga bisnis yang akan Anda dirikan memiliki daya tarik tersendiri. Nah, jika Anda yang sedang bermukim di kampung atau sebuah desa dan mempunyai niatan untuk menjadi seorang pengusaha maka Anda bisa menyimak artikel berikut yang akan membahas tentang peluang usaha di desa.

Peluang Usaha di Desa Lebih Menjanjikan

peluang-usaha-di-desa

Pada dasarnya, peluang usaha yang ada di desa berbeda dengan di kota, dimana jenis pekerjaannya pun berbeda. Ketika Anda di desa pasti sebagian besar jenis pekerjaan yang Anda lihat adalah bidang peternakan, pertanian, dan usaha desa lainnya. Hal ini tentu berbeda dengan di kota, yang mana kota banyak ditempati pabrik-pabrik dan usaha yang lain yang mana usaha yang dijalankan berbeda dengan usaha yang ada di desa. Dalam membuat bisnis di desa, tentu yang utama harus Anda perhatikan adalah mengenal masyarakat yang ada di desa Anda tersebut.

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, bahwa peluang usaha di desa jika dibandingkan dengan di kota pasti jahu berbeda namun tidak selalu menjadikan usaha yang dilakukan di desa tidak bisa berkembang maju. Bahkan bisa jadi usaha yang dijalankan di desa bisa lebih maju dibanding yang ada di kota karena pesaingnya yang masih sedikit misalnya. Dengan sedikitnya pesaing ini bisa menjadikan Anda lebih banyak kemungkinan untuk meraih kesuksesan. Nah, jika Anda sekarang sedang tinggal di desa maka Anda tidak perlu minder atau malu untuk memulai berbisnis. Usaha apapun bisa Anda jalankan, dan yang terpenting adalah keyakinan.

Peluang Usaha di Desa dan Contohnya

Salah satu usaha yang mungkin bisa Anda jalankan ketika di desa yaitu usaha sayuran. Daerah pedesaan sebagian besar lahannya adalah dimanfaatkan untuk pertanian dan satu contohnya yaitu ditanam sayuran ini. Nah, Anda bisa memulai usaha sayuran ini bekerjasama dengan petani pemilik sayuran, atau lebih bagus lagi jika Anda memiliki lahannya sendiri untuk bisa ditanami sayur-sayuran sehingga Anda bisa mempekerjakan orang ketika menanam dan Anda mengirim hasil panen sayuran ke rumah-rumah makanan. Dengan begitu, Anda tidak hanya menjual sayurnya, akan tetapi Anda bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain atau istilah kerennya adalah andalah seorang bos.

Selain itu, Anda juga bisa membuka toko sembako di rumah Anda. Toko sembako ini juga menjadi peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan untuk dilakukan. Terkadang jauhnya jarak dan sulitnya akses untuk menuju ke tempat perbelanjaan, maka ibu rumah tangga khususnya akan lebih memilih untuk mencari tempat berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari yang lebih dekat. Nah, dengan demikian membuka toko atau warung yang serba ada dan toko sembako akan menjadi suatu usaha yang cukup berpotensi untuk menghasilkan pendapatan yang lebih.

Nah, jika Anda masih merasa belum mampu untuk membuka usaha sayuran maupun toko sembako, maka ojek pun bisa menjadi peluang usaha di desa. Anda sudah punya motor sendiri, itulah modalnya dan Anda percaya diri dengan pekerjaan yang Anda jalankan tentu tidak menjadi masalah bagi Anda.

Peluang usaha di desa dengan modal kecil lainnya adalah membuka peternakan. Sebenarnya terdapat beberapa hewan ternak yang bisa Anda pilih seperti kambing, sapi, bebek dan ayam. Namun jika Anda memiliki modal yang kecil Anda dapat memilih beternak bebek atau ayam. Hal ini cukup mudah dijalankan dan tentu sangat menguntungan. Hal ini dilihat dari permintaan pasar dari kedua hewan tersebut terus meningkat. Tentukan pilihan hewan apa yang akan Anda ternak. Sebagai contoh Anda memilih usaha beternak bebek, Anda dapat menjual daging bebek dan telur. Selain telur original, Anda juga dapat mengolahnya menjadi telur asin yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Begitu juga dengan ayam, Anda dapat memilih ayam potong atau ayam petelur.

Untuk ayam potong Anda dapat bekerja sama dengan rumah makan yang ada disekitar desa Anda. Jika Anda sudah memiliki pelanggan maka ini akan menguntungkan Anda. Anda tidak perlu repot-repot untuk memasarkan produk Anda. Untuk telur sendiri Anda dapat menjualnya ke pasar tradisional yang ada di tempat Anda. Usaha yang cukup potensial ini jika dijalankan dengan baik maka keuntungannya akan berkali lipat.

Dalam menjalankan usaha di desa yang terpenting adalah penghasilan yang halal yang Anda dapatkan.Maju terus untuk Anda yang sedang berproses membangun usaha dan semoga sukses kedepannya.

Loading...