Peluang Usaha Jus Buah Segar dengan Modal Kecil

By Categories : Peluang Usaha

Usaha jus buah segar merupakan peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Hal ini karena hampir setiap orang menyukai buah-buahan segar. Terlebih lagi cuaca di Indonesia yang panas, sehingga peluang untuk usaha ini sangat terbuka lebar. Anda juga dapat menjalankan bisnis jus buah dengan modal yang kecil. Walaupun sebagai pemula, bisnis jus buah cukup mudah dilakukan karena hal utama yang harus Anda perhatikan adalah kualitas buah dan alat untuk membuat jus saja.

Walaupun menjanjikan Anda juga harus mengetahui bahwa persaingan usaha minum tentu akan mempengaruhi jumlah pembeli jus buah. Ini merupakan masalah yang cukup besar dalam memulai bisnis jus buah. Sebelum memulai usaha jus buah, Anda harus mencoba membuat jus dengan berbagai variasi jus. Ini dilakukan agar usaha yang Anda jalankan mampu bersaing dengan penjual minuman lainnya.

jus buah

Anda dapat menggabungkan beberapa buah untuk dijadikan jus, misalnya tomat campur pisang, jus pisang campur apel dan sebagainya. Dalam menjalankan bisnis ini, masalah yang sering muncul adalah dalam hal kesegaran buah. Tidak heran terdapat beberapa penjual yang melakukan hal yang tidak sehat, yakni memberi pengawet pada buah agar terlihat tetap segar. Tentu, hal ini tidak disarankan untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis jus buah. Karena jus buah seharusnya memang menjadi minuman sehat. Lalu bagaimana memulai bisnis jus buah dengan penghasilan yang melimpah?

Tips Usaha Jus Buah yang Praktis

Dalam menjalankan usaha jus Anda harus memiliki mengetahui tips agar dapat menarik pengunjung dan dapat bersaing dengan penjual minuman lainnya. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Inovasi dalam Rasa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk menjalankan usaha ini Anda harus lebih inovatif. Penjual jus saat ini sudah banyak kita temui dengan mudah, dan ini merupakan hal yang mudah karena dalam menjalankannya hampir tidak membutuhkan keahlian khusus. Tips agar usaha Anda dapat bersaing dengan yang lain adalah dengan melakukan inovasi rasa. Mulai dari ramuan jus aneka buah, jus yoghurt, jus smoothies, dan sebagainya. Dengan pilihan berbagai rasa tentu akan membuat usaha Anda sedikit berbeda dan menarik bagi calon konsumen.

baca juga : jenis usaha rumahan yang menguntungkan

Lokasi Strategis

Tips usaha jus buah selanjutnya adalah dengan menentukan lokasi usaha. Ini merupakan langkah klasik namun sangat efektif. Lokasi merupakan hal yang cukup krusial ketika Anda menjalankan sebuah bisnis. Ini karena lokasi usaha juga merupakan tomat dimana konsumen berkumpul. Untuk itu Anda disarankan menentukan lokasi agar memudahkan konsumen datang ke tempat usaha Anda. Beberapa lokasi yang dapat dipilih untuk menjalankan bisnis jus buah adalah kawasan kampus, kost-kostan, pinggir jalan ramai, dan tepat rekreasi.

Bahan Baku Berkualitas

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas buah. Calon pembeli tentu akan melihat buah yang akan dijadikan jus dalam kondisi segar atau tidak. Buah yang sudah tidak segar atau mulai membusuk tentu tidak diinginkan calon pembeli. Untuk itu Anda disarankan melakukan survey dengan tujuan menemukan buah terbaik dengan harga yang standar. Jika perlu Anda harus menyiapkan kulkas kecil untuk menyimpan buah agar tetap segar. Cucilah buah agar selalu terlihat bersih dihadapan pembeli.

botth jus

Buah Lengkap

Beberapa orang tentu kecewa saat memesan jus buah namun buah yang diinginkan tidak tersedia. Mereka akhirnya lebih memilih tempat lain yang memiliki buah yang lengkap. Jadi usahakan Anda selalu menyediakan buah yang lengkap, kalaupun tidak sepenuhnya ada Anda harus menu buah yang tersedia hari itu beserta harganya.

Mesin Blender yang Berkualitas

Alat blender merupakan kunci dalam menjalankan usaha jus buah. Anda tidak disarankan untuk menggunakan mesin blender yang memiliki kualitas buruk. Pilihlah mesin yang memiliki kecepatan stabil dan cepat. Selain itu, daya tahan mesin dan kapasitas blender juga harus Anda perhatikan. Ini karena mesin blender dalam usaha jus biasanya akan digunakan terus menerus bahan nonstop. Sediakan mesin lebih dari satu agar usaha Anda lebih cepat dalam melayani pelanggan.

Kebersihan

Selain kualitas buah, kebersihan booth adalah hal penting yang juga harus Anda perhatikan. Kebersihan ini meliputi mesin blender, pisau, sendok, hingga air yang digunakan. Gunakan air dengan kualitas baik dan sediakan tempat sampah. Namun perlu Anda perhatikan jangan sampai tempat sampah tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap.

Gelas dan Tutup Bermerk

Tips terakhir adalah dengan menentukan merk dan logo khusus pada gelas tempat jus buah. Merk atau logo tersebut merupakan identitas dari usaha yang Anda jalankan. Pilihlah merk atau logo yang menarik pelanggan. Jika ingin mudah Anda dapat memasangnya pada tutup gelas, Anda cukup membeli mesin cup sealer untuk merekatkan gelas dengan plastik yang sudah berlogo.

baca juga : peluang usaha franchise makanan ringan

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam usaha jus buah.

Loading...