Peluang Usaha Kecil Menengah yang Potensial

By Categories : Peluang Usaha

Usaha kecil menengah atau UKM merupakan salah satu penggerak perekonomian di suatu negara. menurut data perekonomian, UKM mampu menyumbang 60% dari PDB (Product Dimestic Bruto). Di Indonesia, PDB merupakan tulang punggung negara. Usaha kecil menengah memang memberikan kesempatan kepada semua masyarakat untuk menjadi seorang wirausaha dan dapat dipastikan jika peluang usaha kecil menengah akan terus berkembang.

Peluang Usaha Kecil Menengah

Dalam menjalani usaha tentu selalu ada tantangan, hal ini yang terkadang menjadi kendala bagi para calon wirausaha saat memulai usahanya. Alasannya cukup beragam, mulai dari modal, kurang berpengalaman, dan sebagainya. Alasan-alasan tersebut yang menjadi keluh kesah seseorang untuk memiliki usaha sendiri.

Daftar peluang usaha kecil menengah

Berikut ini merupakan beberapa ide untuk memulai usaha kecil menengah yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda.

  1. Usaha dibidang kuliner

Salah satu alasan usaha dibidang kuliner adalah karena ini merupakan kebutuhan primer setiap orang. Jika Anda menjalaninya dengan serius maka usaha ini akan mudah berkembang. Ada banyak kategori dalam usaha dibidang kuliner, mulai dari makanan pokok, makanan ringan, minuman, dan lainnya. Potensi bisnis UKM dibidang kuliner cukup bagus asalkan Anda tahu jenis makanan apa saja yang paling diminati dan dibutuhkan banyak orang.

  1. Usaha dibidang fashion

Jika makanan merupakan kebutuhan primer maka fashion adalah kebutuhan sekunder yang sangat cocok untuk dijadikan peluang usaha kecil menengah. Semakin berkembangnya dunia fashion, potensi bisnis di ini memang cukup menguntungkan. Salah satu usaha yang menjanjikan ini dapat Anda mulai dengan beberapa model baju uang sedang tren. Seperti busana musli, atau beberapa model baju Korea yang banyak diminati. Selain membuat toko, Anda juga dapat menjualnya secara online. Saat ini orang banyak yang menyukai belanja online karena lebih praktis dan dapat dilakukan kapan saja.

  1. Usaha dibidang pendidikan

Peluang usaha kecil menengah selanjutnya adalah bisnis dibidang pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu prospek bisnis UKM yang tidak ada matinya. Selain sebagai bisnis, pendidik juga secara tidak langsung membantu memajukan tingkat sumber daya manusia di masyarakat.  Anda dapat mebuka bisnis dibidang ini seperti kursus bahasa inggris, komputer dan sebagainya. Hal ini karena ketrampilan dibidang komputer dan bahasa inggris sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

  1. Usaha dibidang otomotif

Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi membuat semakin itnggi pula pendapatan perkapita. Hal ini terlihat dari keluarga yang memiliki kendaraan bermotor. Saat ini hampir setiap keluarga memiliki kendaraan sendiri dan ini membuka peluang Anda untuk berbisnis dibindang otomotif, seperti embuka bengkel, penjualan sparepart, usaha cuci motor, dan sebagainya.

  1. Usaha dibidang teknologi dan internet

Sekarang ini peluang usaha kecil menengah yang memanfaatkan internet semakin dibutuhkan. Tidak sedikit yang mendapatkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah melalui internet. Ada banyak peluang usaha yang dapat Anda coba, seperti jasa desain web, jasa SEO, conten writer dan sebagainya.

Tips memulai bisnis usaha kecil menengah

Dapatkan inspirasi bisnis Anda

Semua bisnis tentu dimulai dari titik yang sama, yakni ide. Anda mungkin sudah memiliki mimpi untuk membangun bisnis selama bertahun-tahun atau menemukan inspirasi yang muncul secara tiba-tiba. Terlepas dari itu semua, langkah awal dalam memulai usaha datang dengan sebuah ide bisnis. Ide bisnis tersebut muncul karena Anda mampu melihat peluang bisnis kemudian membuat survey sederhana untuk memantapkan bisnis yang akan Anda jalani.

Lakukan riset Anda

Jika Anda sudah yakin dengan ide besar Anda, kemudian Anda harus mengimbanginya dengan kenyataan yang ada. Anda perlu melakukan survey untuk bisnis yang akan Anda bangun. Agar peluang usaha kecil menengah menjadi sukses Anda harus memilih, memenuhi kebutuhan atau menawarkan sesuatu yang dibutuhkan pasar.

Membuat rencana modal usaha

Sebelum membangun sebuah bisnis, Anda harus memiliki rencana yang matang agar bisnis impian Anda cepat terlaksana. Jika Anda ingin mencari dukungan keuangan untuk modal dari investor atau lembaga keuangan maka buatlah proposal sebaik mungkin. Jelaskan mengenai rencana bisnis dengan segala analisa jika bisnis yang Anda mulai memiliki potensi yang besar. Hitung berapa jumlah yang mampu Anda siapkan dan modal dari lembaga keuangan atau investor.

Pilih dan daftar nama bisnis Anda

Nama bisnis Anda memiliki peranan yang penting hampir di setiap aspek. Pastikan Anda memilih yang terbaik dan cukup potensial. Setelah itu cari tahu apakah nama tersebut adalah merk dagang atau sudah digunakan. Jika belum, Anda dapat mendaftarkannya agar mendapatkan legalitas seperti Surat Ijin Usaha. Anda disarankan untuk membuat sebuah blog tentang bisnis Anda. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan tentang bisnis Anda secara luas.

Memaksimalkan lokasi bisnis Anda

Setelah mendapatkan peluang usaha kecil menengah, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah lokasi tempat Anda menjalankan bisnis. Pilihlah lokasi dimana banyak orang yang membutuhkan tentang usaha yang Anda buka. Hal ini bertujuan untuk mendekatkan pelanggan.

Loading...