Peluang Usaha Pertanian yang Menjanjikan

By Categories : Peluang Usaha

Peluang usaha pertanian akan terus ada di zaman yang serba modern seperti saat ini. Apalagi dengan adanya alat yang semakin hari semakin canggih. Dari situ kita dapat dengan mudah menemukan inspirasi dari peluang usaha yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan. Usaha pertanian memang sangat melekat di masyarakat Indonesia yang kebanyakan bekerja sebagai petani.

Seiring dengan canggihnya teknologi pertanian maka prospek bisnis pertanian juga mulai menjanjikan. Kebanyakan orang hanya berpikir untuk memakai fasilitas saja, jarang memanfaatkan teknologi tersebut sebagai peluang bisnis yang memiliki prospek keuntungannya yang luar biasa. Seperti yang kita ketahui jika hasil pertanian merupakan kebutuhan primer yang wajib untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Keadaan ini yang sebenarnya harus dimanfaatkan orang yang mau mengelola pertanian secara profesional.

peluang usaha pertanian yang menjanjikan

Indonesia merupakan negara agraris, peluang usaha pertanian masih sangat terbuka lebar bagi mereka yang ingin mengembangkan ide kreatif. Untuk memulai usaha di bidang pertanian juga banyak pilihan, mulai dari modal kecil , sedang, dan modal besar. Sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan Anda. Pada zaman dahulu, usaha pertanian biasanya di lakukan di desa, namun saat ini dapat Anda jalankan di kota atau tempat lainnya.

Contoh Peluang Usaha Pertanian Modern

Harga tanaman tidak hanya ditentukan dari jenis tanaman saja namun juga dilihat dari permintaan pasar. Semakin tinggi permintaan pasar maka semakin tinggi pula harga-harga produk pertanian. Namun dalam kondisi seperti ini sangat susah untuk ditebak dan jarang pengusaha yang merugi. Untuk itu bagi Anda yang ingin mencoba menjalankan bisnis dalam bidang pertanian sebaiknya mengetahui jenis-jenis tanaman yang memiliki harga jual yang tinggi. Selain itu, Anda juga harus memilih tanaman yang cocok untuk daerah tempat tinggal Anda.

Untuk menjalankan usaha ini juga tidak harus menggunakan modal yang besar, karena jika Anda memiliki modal kecil maka tetap dapat menjalankan bisnis ini sesuai dengan tanaman yang Anda pilih. Namun jika berbicara mengenai peluang usaha pertanian, tidak selamanya usaha tersebut hanya seputar tanaman saja. Ada beberapa jenis usaha yang berhubungan dengan pertanian dan cukup menguntungkan. Berikut ini beberapa contoh usaha di bidang pertanian yang menjanjikan.

Membuka Toko Obat dan Alat pertanian

Bisnis dalam bidang pertanian tidak hanya mengenai tenam-menanam saja. Anda dapat membuka usaha sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para petani seperti berjualan obat dan alat tani. Di wilayah yang dekat dengan wilayah pertanian, toko pertanian tentu sangat dibutuhkan oleh petani. Sebagai tempat untuk berbelanja keperluan bertani seperti bibit, pupuk, obat-obatan, serta alat-alat tani. Dengan membuka usaha toko obat dan alat pertanian merupakan salah satu ide usaha yang sangat menguntungkan.

Menanam Rempah-rempah

Sejak zaman dahulu, Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan rempah-rempahnya. Tanah di Indonesia yang memang sangat cocok untuk menanam rempah-rempah. Selain digunakan untuk bumbu dapur, rempah-rempah juga sering dimanfaatkan untuk obat herbal. Salah satu contoh bisnis yang bisa Anda coba adalah jahe merah.

peluang usaha pertanian yang menjanjikan1

Menanam jahe merah merupakan pilihan usaha yang cukup menguntungkan. Ini karena dalam menaman jahe merah tidak memerlukan lahan yang luas. Anda dapat memanfaatkan pekarangan rumah Anda untuk dijadikan lahan pertanian. Yang menarik adalah jahe merah dapat ditanam di polybag sehingga tidak membutuhkan banyak lahan. Harga jahe merah yang tinggi membuat usaha ini potensial untuk dikerjakan.

Berbisnis Tanaman Hias

Peluang usaha pertanian yang menjanjikan selanjutnya adalah bisnis tanaman hias. Ini juga dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan untuk Anda yang gemar berkebun. Anda dapat memulai dengan menanam beberapa jenis tanaman hias di pekarangan rumah Anda. Untuk pemasaran, Anda dapat memasarkannya ke kantor-kantor, instansi, sekolah, atau lainnya yang membutuhkan tanaman hias. Agar mudah dikenal dan cepat berkembang maka Anda dapat membuka toko bunga. Dalam menjalankan bisnis ini Anda disarankan untuk memilih jenis tanaman hiasan yang banyak diminati masyarakat.

Menanam Sayuran Organik

Sayuran organik merupakan alternatif usaha yang cukup menguntungkan dan menyehatkan. Saat ini banyak orang yang kesulitan mencari sayuran organik. Ini karena banyak yang telah mengandung bahan kimia yang jika terus menerus dikonsumsi maka akan membahayakan kesehatan. Dengan kondisi ini tentu menjalankan bisnis sayuran organik jadi pilihan bisnis yang menguntungkan. Ada berbagai macam tanaman organik yang dapat Anda pilih mulai dari tomat, sawi, wortel, jagung manis, terong, seledri, bahkan padi organik. Namun untuk menjalankan usaha ini Anda harus belajar mengenai cara menanam tanaman organik terlebih dahulu. Tanaman organik memang terkenal memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman biasa.

baca juga : menjalankan bisnis tanaman hidroponik di rumah

Itulah beberapa peluang usaha pertanian menjanjikan yang dapat Anda coba di rumah.

Loading...