Peluang Usaha Toko Susu Bayi

By Categories : Peluang Usaha

Usaha toko susu bayi saat ini mulai diminati banyak orang dan merupakan salah satu peluang usaha yang cukup prospektif. Mengapa bisa demikian? Ini karena susu atau khususnya produk susu formula dibutuhkan hampir semua keluarga diseluruh Indonesia. Terlebih bagi keluarga yang memiliki balita, susu merupakan kebutuhan pertama yang harus selalu tersedia.

Bagi sebagian besar ibu, mendapatkan susu dengan harga lebih murah tentu diperlukan untuk membantu keuangan rumah tangga. Mungkin hal ini yang menyebabkan banyak bermunculan toko susu yang menawarkan harga yagg cukup kompetitif. Namun kebanyakan toko susu tersebut sulit untuk berkembang. Untuk itu jika Anda ingin menjalankan usaha toko susu maka harus mengetahui beberapa hal agar dapat berkembang dan bersaing dengan toko susu lainnya.

Toko susu merupakan usaha bersifat padat modal dengan margin ketat. Pada dasarnya semua orang dapat membuka toko susu sendiri. Namun terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan toko susu yang cenderung tradisional dan dikelola oleh mandiri sulit untuk berkembang. Ada dua jenis penjualan retail susu untuk masyarakat, yakni tradisional market dan modern market.

Peluang Usaha Toko Susu Bayi

Yang dimaksud dengan tradisional market antara lain toko susu di pasar tradisional, minimarket yang dikella sendiri, dan toko susu perorangan yang saat ini banyak bermunculan. Sedangkan untuk modern market anata lain adalah supermarket, hypermarket, dan jaringan minimarket. Dalam melakukan penjualan pabrik susu serta distributor resmi juga terdapat dua divisi penjualan, yakni divisi tradisional market dan divisi modern market.

Pabrik susu melalui distributor resmi tentu memberikan perlakuan yang berbeda antara modern market dan tradisional market. Perlakuan ini terlihat dari segi harga dan promosi. Umumnya perlakuan pada tradisional market kalah bersaing dibanding dengan modern market. Alasan utamanya adalah karena volume pembelian. Volume pembelian pada modern market jauh lebih besar dibanding dengan tradisional market. Sedangkan untuk tradisional market yang sebatas pada kebutuhan toko mereka.

Bagaimana Peluang usaha Toko Susu Bayi

Untuk mengejar target penjualan biasanya distributor akan memberikan diskon dengan syarat volume penualan yang sudah ditentukan. Program ini hanya dapat dinikmati oleh modern market karena mereka yang mampu membeli dalam jumlah besar. Namun karena kelebihan stok susu, mereka juga akhirnya memberikan program promo dengan harga susu di bawah distributor.

baca juga : peluang usaha franchise makanan ringan

Penawaran promo ini yang kemudian dimanfaatkan oleh pemilik toko susu. Mereka membeli dengan harga yang murah kemudian di jual lagi dengan harga yang bersaing. Namun terdapat kelemahan dalam proses ini, pembelian harga promo dari modern market tidak dapat direturn, bahkan jika produk tersebut telah kadaluarsa. Ini karena return berlaku hanya untuk pembelian dari distributor resmi saja.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika usaha toko susu yang dikelola atau dimiliki perorangan akan sulit untuk bersaing dengan jaringan modern market. Bagaimanapun jaringan modern market memiliki keunggulan yang susah dimiliki tradisional market, yakni volume pembelian. Lalu bagaimana solusi untuk Anda yang berniat membuka toko susu? Jika dilihat dari segi bisnis memang usaha ini sangat menjanjikan karena hampir semua keluarga saat ini membutuhkan susu. Untuk itu Anda disarankan untuk bergabung atau mencari waralaba penjualan susu. Dengan bergabung dengan waralaba susu yang sudah banyak dikenal maka secara tidak langsung Anda akan mendapatkan keunggulan seperti yang dimiliki oleh jaringan modern market.

Peluang Usaha Toko Susu Bayi1

Perlu Anda ketahui jika di Indonesia banyak sekali produk susu bayi yang beredar. Satu jenis pabrik dapat mengeluarkan berbagai macam brand susu. Bahkan dengan produk yang sama dapat dibuat dengan kemasan yang berbeda-beda. Jadi untuk membuka toko dengan variasi produk tentu dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun jika Anda bergabung dengan waralaba susu modal yang Anda miliki akan dioptimalkan karena stok barang yang dijual menjadi tanggung jawab pemilik waralaba.

Selain itu, dengan sistem waralaba yang sudah dikelola secara moer dan profesional Anda tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan karyawan. Karena training karyawan dan pengelolaan usaha toko susu sudah dipersiapkan management. Desain toko juga dirancang agar lebih nyaman dengan karyawan yang ramah serta harga yang bersaing dapat membuat masyarakat tertarik untuk berbelanja susu di tempat Anda.

baca juga : ide bisnis sampingan tanpa modal yang menjanjikan

Perlu Anda ketahui bahwa pilihan memulai usaha sebenarnya ada di tangan Anda. Namun jika Anda merasa belum punya pengalaman atau bahkan belum pernah terjun di dunia bisnis maka perlu belajar agar usaha yang Anda jalankan dapat berkembang. Anda juga harus tahu bahwa modal bukanlah segala-galanya. Modal yang ada harus dibarengi dengan kemampuan yang mumpuni agar usaha toko susu yang Anda jalankan dapat berjalan dengan lancar.

Loading...