Pengertian Dropship dan Reseller Artinya Apa

By Categories : Bisnis Modal Kecil

Pengertian Dropship dan Reseller Artinya Apa – Kehadiran dunia internet membawa angin segar bagi perkembangan usaha dan bisnis di Indonesia. Usaha bisa lebih berkembang dan menjadi sebuah bisnis karena pangsa pasar yang sangat luas mencapai seluruh manusia di muka bumi. Sehingga berbondong-bondong banyak orang mulai melakoni bisnis jualan di internet atau dikenal dengan bisnis online.

Salah satu jenis usaha bisnis online adalah menjadi dropship atau reseller. Apa itu dropship dan reseller? Untuk mengetahuinya simak terus artikel ini. Toko online menjadi sebuah bisnis besar yang sangat menguntungkan. Bagi orang yang ingin menghasilkan uang dengan cepat maka caranya dengan melakukan usaha toko online. Kurang dari satu tahun seseorang sudah bisa berpenghasilan stabil sekitar Rp 2 juta sampai Rp 3 juta perbulan dari toko online. Hal ini berbeda jika sobat memutuskan untuk menjalankan usaha publisher iklan yang harus memakan waktu sampai tiga tahun untuk mendapatkan penghasilan yang mencukupi dari bisnis online ini.

Penulis sudah merasakan bagaimana manisnya keuntungan dari toko online. Pangsa pasar yang sangat luas dan mudah dijalankan. Itulah salah satu kelebihan dari usaha toko online di internet. Apapun barang dan produk fisik maupun jasa bisa dijual di toko online. Cara promosi sangat mudah dan ada yang gratis tapi tetap ampuh mendatangkan para pembeli.

Toko online yang terkemuka di Indonesia adalah bukalapak, tokopedia, lazada, olx dan lain-lain. Semua toko online tersebut sudah mempunyai aplikasi yang bisa didownload di smartphone. Sehingga berjualan barang bisa dengan hanya mengandalkan handphone. Bagaimana tidak tertarik?! Selain mudah dijalankan cukup dengan handphone tapi keuntungan yang lumayan besar perbulan. Hal ini telah dirasakan oleh para pebisnis online yang telah sukses. Dimulai dari penghasilan puluhan juta rupiah perbulan sampai ratusan juta rupiah.

Jadi jika anda mempunyai produk fisik tak ada salahnya untuk menjualnya secara online di internet. Caranya bisa menggunakan sistem reseller maupun dropship. Pengertian reseller adalah kita menjual produk orang lain kembali. Dimana tentu kita harus menstok barang atau membeli barang terlebih dulu kemudian dijual lagi kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi.

Pengertian Dropship dan Reseller Artinya Apa

Kalau menurut bahasa reseler berasal dari dua kata yakni re yang berarti ulang. Dan seller berarti penjual. Jika digabungkan reseller berarti penjual ulang. Dimana ia tidak menjual produk buatan sendiri. Tapi mengambil produk buatan orang lain dari pemasok atau suplier ataupun distributor untuk dijual lagi kepada masyarakat luas. Bisa dibilang reseller adalah pengecer. Sedangkan suplier adalah usaha grosiran.

Pada awalnya penulis masih bingung antara perbedaan reseller dan dropship. Namun seiring bertambah pengalaman dan pengetahuan sekarang mengerti perbedaan antara keduanya yang sangat signifikan.  Pelaku usaha dropship disebut dropshipper.  Kalau reseller membeli barang dulu. Kemudian menjual kepada orang lain. Sedangkan dropship adalah mencari pembeli dulu. Setelah ada pemesan yang mentransfer uang maka dropshipper meminta supplier mengirimkan pesanan kepada alamat pemesan dengan atas nama dropship yang sudah membayar lewat transfer pula.

Pendek kata, pengiriman dan pengepakan barang dilakukan oleh pihak supllier. Sehingga fokus dropshipper adalah mencari pembeli sebanyak-banyaknya. Ini lebih memudahkan dalam bisnis online dan direkomendasikan bagi pebisnis pemula.

Baca juga :

Cara Bisnis Online Di Facebook

Lalu bisnis online yang manakah yang lebih menguntungkan antara reseller dan droship? Menurut penulis tentu saja menjadi reseller lebih menjanjikan. Karena bisnis online ini bisa dijalankan pula menggunakan sistem dropship. Sehingga keuntungan berlipat ganda. Berbeda dengan hanya dropshipper yang tidak bisa menjadi reseller. Pengertian Dropship dan Reseller Artinya Apa

Loading...