Perlu Anda Perhatikan Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

By Categories : Peluang Usaha

Membuka bisnis sendiri merupakan salah satu cara dalam mengatasi ketatnya saingan dalam mencari lapangan pekerjaan. Dengan berbisnis akan berpeluang besar untuk mendapatkan hasil keuntungan sebagai pemenuhan perekonomian dalam kehidupan Anda. Akan tetapi, terkadang modal pun menjadi salah satu permasalahan yang terjadi dalam memulai menjalankan bisnis.

Beruntunglah Anda, jika semenjak sekarang Anda sudah mempunyai niatan untuk membuka usaha sendiri. Untuk memulainya Anda tidak perlu khawatir, karena kami akan membagikan sedikit ilmu kepada Anda yang berkaitan dengan cara memulai usaha tanpa modal.

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

cara-memulai-usaha-tanpa-modal

Pada umumnya, masyarakat dalam memulai sebuah bisnis yang menjadi sedikit hambatan mereka adalah sebuah modal. Dimana modal yang dimaksudkan di sini adalah modal uang. Sebelum memikirkan modal yang berupa uang, calon pebisnis diwajibkan untuk memiliki salah satu modal utama dalam mendirikan suatu bisnis yang mana modal tersebut lebih penting daripada uang.

Modal utama yang harus dimiliki calon pebisnis tersebut yaitu adanya keyakinan. Keyakinan ini sangatlah penting untuk dimiliki setiap orang yang akan menjalankan bisnis. Tanpa adanya keyakinan, suatu bisnis tidak akan bisa berjalan dengan lancar karena selalu dipenuhi dengan keragu-raguan dan pada akhirnya bisa berhenti di tengah jalan. Selain yakin, Anda juga perlu percaya diri yang kuat.

Berbagai Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

Setelah memiliki keyakinan yang cukup kuat, maka Anda bisa dipastikan untuk membuka suatu bisnis. Namun sebelum Anda membuka bisnis, maka perlu mengetahui cara memulai usaha tanpa modal.

Cara pertama yaitu melakukan analisis mengenai bisnis yang akan dilakukan. Anda haru mampu memastikan bahwa bisnis yang akan Anda lakukan adalah jenis bisnis yang sesuai dengan minat Anda. Mengapa demikian?? Hal ini dikarenakan akan lebih baik dan lebih mengena jika bisnis yang Anda jalankan didukung dengan keahlian yang Anda miliki serta pengalaman yang sudah pernah Anda peroleh.

Ketika Anda sudah menemukan jenis bisnis yang akan Anda dirikan, maka selanjutnya adalah mendesain konsep bisnis yang akan Anda dirikan. Jika Anda menggunakan sumber dana dari luar, maka rencana bisnis ini sangat dibutuhkan.

Namun jika Anda menggunakan biaya sendiri dalam bisnis Anda, maka dengan rencana bisnis ini yang sudah Anda buat sebelumnya Anda menjadi tahu berapa sebenarnya dana yang dibutuhkan dalam memulai bisnis yang akan Anda dirikan, apa saja yang dibutuhkan, apa saja yang perlu dilakukan, kapan, dan lain sebagainya.

Cara memulai usaha tanpa modal yang selanjutnya yaitu menjadikan usaha yang diakui hukum. Tentu usaha yang diakui oleh hukum atau legal akan lebih aman untuk dijalankan, karena Anda juga terlindungi oleh suatu hukum. Dalam hal ini, Anda bisa menentukan struktur hukum dalam bisnis Anda, kemudian memberikan brand yang bagus, mendaftarkan nama atau brand usaha Anda ke Ditjen HKI sebagai merk dagang yang sudah diresmikan dan sah oleh hukum, menyiapkan dokumen organisasi, dan yang terakhir mengurus surat perijinan bisnis.

Setelah semua cara memulai usaha tanpa modal ini Anda pahami, maka Anda perlu melakukan perluasan networking atau jaringan. Networking atau jaringan yang luas akan menambahkan keuntungan Anda dalam kelangsungan bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda bisa bergabung dengan komunitas-komunitas yang berkaitan dengan jenis bisnis yang akan Anda jalankan. Dimana Anda bisa melakukannya semenjak sebelum memulai bisnis, sehingga ketika Anda memulai untuk melakukan pemasaran produk dan jasa, Anda sudah mempunyai networking atau jaringan yang luas.

Namun jika Anda menginginkan usaha tanpa modal yang cukup mudah, Anda dapat melakukannya di rumah sebagai usaha sampingan yang menguntungkan. Ada banyak sekali usaha yang bisa Anda jalankan. Yang pertama adalah menjadi seorang blogger. Semakin modern, menjadi seorang pengusaha tentu semakin lebih mudah asalkan Anda dapat kreatif. Salah satu usaha yang kerap mendapatkan hasil yang menjanjikan tanpa mengeluarkan modal adalah menjadi seorang blogger. Menjadi blogger profesional adalah impian banyak orang karena mampu menghasilkan uang jauh lebih besar dari seorang PNS, pegawai kantoran, bahkan CEO perusahaan. Mereka mendapatkan penghasilan dari menjual space iklan, Google Adsense, CPm, dan sebagainya.

Yang kedua Anda dapat membuka jasa sebagai penulis lepas. Profesi bisnis ini sangat menguntungkan dan menjanjikan tanpa mengeluarkan modal. Anda dapat menjadi penulis lepas sebuah majalah online, koran, blog, ataupun ghost writer.

Usaha tanpa modal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadi agen properti. Dengan membuka bisnis agen perumahan atau properti maka peluang Anda menjadi seorang milyader akan terbuka. Kunci utama menjalankan bisnis ini adalah kreatifitas Anda dalam promosi, jujur, dan tidak mudah putus asa. Biasanya seorang agen properti akan mendapatkan bagi hasil komisi minial 2,5%. Jadi jika harga rumah 1 Miliar rupiah, maka Anda akan mendapatkan bagian 25 juta rupiah. Sebuah angka keuntungan yang sangat menggiurkan bukan.

Loading...